Mengenal 2 Printer Kain Katun yang Tingkatkan Produktivitas

Printer Kain Katun Laysander
Printer Kain Katun Laysander

Adanya printer kain di dalam industri digital printing, tentu turut menambah peluang usaha baru yang mungkin dapat Sahabat Laysander coba. Berbagai keuntungan yang ditawarkan seperti biaya produksi yang lebih bisa diatur daripada teknik konvensional, kualitas yang lebih bagus, serta kapasitas produksi yang bisa ditingkatkan, menjadikan bisnis printing kain ini seakan tidak pernah sepi peminat.

Kini, printer kain pun tidak hanya digunakan sebatas untuk mencetak pakaian. Namun, lebih dari itu, kini berbagai aksesoris lain seperti celana, sepatu, tas, gorden, sarung bantal, sampai boneka juga turut diproduksi dengan menggunakan printer kain. Desain yang eksklusif serta unik menjadi daya tarik utama para pelaku bisnis digital printing kain ini berlomba untuk merebut minat pasar untuk membeli produk yang mereka hasilkan.

Baca juga: Selain Jaket, Ini Manfaat Lain Bahan Kain Taslan

Berbicara mengenai printer kain, sesuai dengan namanya, printer ini menggunakan bahan kain atau tekstil sebagai media cetaknya. Secara umum mesin printing kain ini terbagi menjadi dua jenis, yakni mesin printer kain untuk mencetak di bahan polyester, dan satu lagi mesin printer kain yang khusus mencetak di bahan katun.

Mesin Printing Polyester

Seperti yang sudah pernah dibahas pada artikel sebelumnya, mesin printing kain polyester bisa Sahabat Laysander gunakan untuk mencetak di bahan kain seperti kanvas, satin, sifon, spandeks, atau bahan kain lainnya yang memiliki serat polyester. Mesin printing kain polyester ini pun kembali dibagi menjadi dua jenis. Pertama mesin printing sublimasi yang menggunakan transfer paper serta heat transfer pada proses pengerjaannya. Kedua, printer Direct to Fabric yang dapat langsung mencetak di bahan kain setelah melalui proses coating.

Printer Kain Katun

Sementara itu, mesin printing kain katun pun ternyata juga dibagi menjadi dua jenis, loh, sahabat laysander. Pertama, pinter Direct to Garment yang dapat mencetak langsung di kaos. Lalu kedua, printer kain katun yang didesain khusus untuk mencetak dengan bahan roll. Tentunya, printer yang sesuai dengan bahan yang dicetak akan menghasilkan design yang lebih maksimal. Jadi Sahabat Laysander harus pastikan dulu bahan apa yang digunakan, dan produk jadinya mau seperti apa yaa.

Baca juga: Apa Bisa Printer Sublimasi Cetak di Media Katun?

Texco Verdant
Mesin Printing Kain Katun Laysander : Texco Verdant

Ada dua model printer kain katun dari Texco yang dapat menjadi pilihan sahabat laysander untuk menjalankan bisnis usaha digital printing kain ini. Pertama, Texco Verdant. Mesin printer ini menawarkan hasil cetak katun dengan warna yang memukau namun tetap dengan harga yang terjangkau. Mesin printer ini menggabungkan Panasonic motor dengan sistem belt media feeding yang presisi serta teknologi head dari Epson DX5/EPS 3200 yang sudah teruji dan banyak digunakan oleh banyak industri tekstil saat ini. Tidak hanya itu, mesin printer Texco Verdant ini juga dilengkapi dengan sertifikasi OEKO-TEX yang kini banyak dibutuhkan untuk pasar ekspor sampai dengan pakaian bayi.

Texco Valcom
Printer Kain Katun : Texco Valcom
Printer Kain Katun : Texco Valcom

Alternatif mesin printer katun yang kedua juga tidak kalah menariknya, Texco Valcom. Mesin ini menawarkan solusi yang lengkap dengan kemampuan volume cetaknya yang lebih besar disertai dengan kualitas tinggi warna yang dihasilkannya. Mesin printer ini juga menggabungkan Panasonic motor dengan sistem belt media feeding yang presisi serta teknologi head namun dari brand yang berbeda yaitu Kyocera. Sama seperti Texco Verdant, mesin Texco Valcom ini juga dilengkapi dengan sertifikasi OEKO-TEX yang dapat memenuhi banyaknya pekerjaan serta ragam permintaan dari pelanggan

Dalam proses mencetak kain katun sampai jadi, diperlukan beberapa mesin pendukung agar hasil cetak dapat memiliki kualitas yang maksimal. Beberapa mesin pendukung tersebut terdiri dari mesin coating, oven, steaming, dan wasing. Proses finishing dengan menggunakan mesin-mesin pendukung tersebut bergantung dari jenis tinta apa yang digunakan seperti tinta pigment difinishing dengan menggunakan mesin heating oven. Sedangkan untuk tinta reactive di-finishing dengan menggunakan mesin steaming dan washing.

Itulah sekilas pembahasan mengenai printer kain katun yang dapat sahabat laysander gunakan untuk menambah efektivitas produksi usaha digintal printing kain yang anda miliki. Jika sahabat laysander masih memiliki pertanyaan atau diskusi terkait dengan mesin printer kain katun, konsultasikan saja pada Laysander!

Baca juga: Ide Bisnis New Normal: Perlengkapan Bersepeda

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Apa yang bisa dibantu?