3 Jenis Pisau Cutting, Ini Perbedaan dan Cara Menggunakannya

Pisau Cutting Liyu

Ibarat seperti roda pada mobil dan motor yang harus bekerja maksimal agar bisa berjalan. Begitu juga dengan kehadiran pisau cutting pada mesin cutting. Tanpa adanya pisau cutting, tentu mesin cutting sticker tidak dapat memotong pola-pola yang kita inginkan mengikuti desain. Untuk itu, yuk kita kenali 3 jenis pisau cutting dan cara menggunakannya berikut ini!

Hasil Potong Pisau Cutting

Sebelum kita masuk ke dalam pembahasan jenis-jenis mata pisau, perlu diingat bahwa setiap jenis pisau tidak memiliki merek yang universal. Jadi, sebaiknya kalian pilih mata pisau yang punya merek yang sesuai dengan holder pada head mesin cutting. Karena bila tidak sama, biasanya tidak bisa menempel dengan sempurna pada head mesin cutting. Nah, sekarang yuk kita masuk ke pembahasan apa saja jenis pisau cutting yang bisa kalian gunakan dan kalian juga bisa dapetin mata pisau yang murah dan berkualitas di Tokopedia Laysander.

Baca Juga: Ketahui Jenis-Jenis Laminasi Stiker, Mana Yang Jadi Pilihanmu?

Jenis-Jenis Pisau Cutting

Secara umum, ada 3 jenis mata pisau yang dijual di pasaran. Perbedaan ketiganya terletak pada sudut kemiringannya yang nantinya akan menentukan kedalaman pemotongan antara ujung mata pisau dengan poros. Ketiga jenis tersebut adalah:

Mata Pisau Cutting Sticker

Pisau 30o

Pisau ini sangat cocok bila digunakan untuk memotong desain bahan dengan detail yang tinggi. Pisau 30⁰ ini memiliki ujung pisau yang lebih tajam sehingga dapat menembus bahan meskipun memerlukan tekanan yang tinggi saat menggunakannya. Untuk penggunaannya sendiri, jenis ini sangat cocok untuk memotong bahan dengan ketebalan 20-30 mikron atau contohnya sticker lembut seperti Polyflex PU.

Pisau 45o

Jenis pisau ini sangat cocok jika digunakan untuk memotong detail desain huruf normal. Selain itu jenis pisau inilah yang paling banyak digunakan oleh para pelaku bisnis digital printing karena tidak membutuhkan tekanan yang kuat saat menggunakannya. Pisau cutting dengan sudut 45o ini cocok digunakan untuk memotong bahan vinyl pada sticker umumnya.

Jenis Pisau Cutting

Pisau 60o

Berbeda sedikit dari pisau 45o, pisau dengan sudut 60o ini sangat cocok jika digunakan untuk memotong desain huruf-huruf besar. Secara ketajaman, memang jenis ini yang paling tidak tajam, tapi untuk menggunakannya justru kita tidak membutuhkan effort yang lebih karena hanya butuh sedikit tekanan saja. Pisau 60o ini efektif untuk memotong di bahan sticker reflektif atau sand blast.

Baca Juga: Mengenal Teknologi 3D Printing yang Saat Ini Kian Canggih

Penggunaan Pisau Cutting

Tidak boleh digunakan secara sembarangan, penggunaan pisau cutting juga harus dilakukan berdasarkan ketebalan sticker yang akan kamu potong loh. Semakin tebal bahan yang digunakan, tentu harus semakin dalam juga sudut pisau yang dipilih. Hal ini karena ujung pada mata pisau akan lebih mudah untuk memotong sehingga bahan bisa terputus secara sempurna. Oh iya, jangan memaksakan tekanan pada pisau cutting juga, ya!

Mata Pisau Cutting Liyu

Cara Merawat Pisau Cutting

Setelah mengetahui ketiga jenis pisau cutting, maka tidak afdol juga ya rasanya kalau tidak menyertakan juga tips untuk merawat pisau cutting supaya lebih awet. Sebenarnya merawatnya itu mudah, Sahabat Laysander. Namun, memang diperlukan kehati-hatian supaya tidak melukai tangan kalian, ya. Tentunya hal pertama yang perlu kalian lakukan adalah melepaskan pisau dari mesin cutting supaya lebih mudah membersihkannya dan pastinya bisa menyeluruh bersihnya.

Berikut kami merekomendasikan beberapa cara untuk membersihkannya:

Bersihkan dengan Alkohol

Cara pertama yang bisa kalian coba dengan menggunakan alkohol. Kalian hanya perlu menyiapkan lap dan tetesan alkohol untuk menyapu sisa-sisa residu yang tertinggal setelah proses cutting berlangsung sebelumnya. Dengan cara ini, maka kotoran tersebut bisa terangkat dari mata pisau kalian.

Bersihkan dengan Benang Jahit

Hah? Memangnya bisa? Tentu bisa dong. Kalian hanya perlu menyiapkan seutas benang untuk menggesekannya ke mata pisau cutting kalian. Lakukan cara ini beberapa kali, maka pisau cutting pun dapat bersih dari sisa-sisa kotoran yang menempel juga, loh!

Benang untuk membersihkan Pisau Cutting

Bersihkan dengan Semprotan Udara

Bila kalian tidak memiliki dua peralatan di atas, maka cara terakhir yang bisa dicoba untuk membersihkan mata pisau cutting adalah dengan menggunakan semprotan udara dalam kemasan kaleng. Saat kalian menekan semprotan, makan tekanan udara yang keluar akan membantu membersihkan debu-debu kecil pada pisau cutting kalian.

Bagaimana, sudah paham kebutuhan pisau cutting seperti apa yang cocok dengan usaha kalian? Jika belum, yuk jangan ragu untuk berdiskusi dengan tim Laysander. Diskusi, ngobrol sampai konsultasi bisnis digital printing dengan kami GRATIS. Bisa langsung WhatsApp ke nomer di sini.

Baca Juga: Ragam Pilihan Produk Hasil Mesin Laser Cutting

Reply

Adzenys Vs Adderall Xr|Synergy Medical Weight Loss Acworth Ga|Hemp Cbd Cream Effects
× Bisa kami bantu? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday