3 Variasi Printer UV Berbagai Kebutuhan

Printer UV
Hasil cetakan printer UV

Printer UV mempunyai popularitas yang tidak lekang oleh waktu. Penasaran kenapa??

Cetakan UV selalu diminati oleh para konsumen nih, Sahabat Laysander. Biasanya karena mereka membutuhkan cetakan super awet, yang mampu menjaga hasil cetakan dari goresan, atau justru karena alasan estetik seperti efek timbul di permukaan hasil cetakan.

Tinta UV juga berbeda dari tinta Solvent, ya, Sahabat Laysander. Meskipun tinta solvent juga memiliki karakteristik yang kuat, tahan air, dan tahan matahari, tinta UV bisa digunakan untuk lebih banyak permukaan selain bahan indoor dan outdoor. Misalnya di permukaan kaca, akrilik, kayu, keramik, aluminium, stainless, dan masih banyak lagi.

Tinta pada printer UV tidak mudah kering jika hanya diangin-anginkan. Tinta UV ini membutuhkan sinar UV atau sinar ultra violet untuk mengeringkan tintanya secara total. Konsep pengeringan dengan sinar UV ini seperti mengeringkan kuteks gel, yang hanya kering apabila didiamkan di bawah sinar UV.

Lebih jelas mengenai perbedaan tinta solvent dan tinta UV ada di artikel ini: Tinta UV Lebih Unggul Dari Solvent, Masa Sih?

Nah, bagi Sahabat Laysander pelaku usaha percetakan yang ingin menambahkan opsi cetakan UV dalam jajaran produknya, Anda perlu tahu 3 variasi printer UV untuk berbagai macam kebutuhannya. Berikut Laysander jabarkan untuk Anda, ya!

Roll to Roll

Printer UV pertama dan paling umum adalah printer Roll to Roll. Printer ini menggunakan media yang lebih lentur, karena media akan digulung dalam roll seperti mesin digital printing pada umumnya.

3 Variasi Printer UV Berbagai Kebutuhan 1
Printer Roll to Roll, Ecojet Maxima UV

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, banyak yang memilih printer ini agar hasil cetakannya lebih awet, juga memiliki tekstur tertentu. Karena printer UV memiliki tinta putih, maka hasilnya bisa dicetak bertumpuk dan menimbulkan efek timbul.

Selain bahan biasa, printer roll to roll ini juga digunakan untuk mencetak di mika atau plastik transparan. Karakteristik yang membedakan hasil cetak UV adalah efek timbulnya. Misalnya di plastik kemasan belanja dan lainnya. Di samping itu, bahan kulit roll juga bisa dicetak dengan bahan satu ini loh!

Flatbed

Seperti namanya, printer UV flatbed memiliki tempat atau area cetak yang rata, sehingga digunakan untuk mencetak material yang kaku dan padat, misalnya kaca, kayu, akrilik, dan sebagainya. Printer ini mampu mencetak di bahan rata dengan ketebalan yang lebih dibanding printer roll to roll.

3 Variasi Printer UV Berbagai Kebutuhan 2
Printer UV Flatbed, Portage GH

Tentunya ini akan sangat menguntungkan, dan bisa menjangkau lebih banyak segmen market. Misalnya saja di bidang percetakan undangan, karena banyak customer yang kini beralih dari undangan berbahan kertas ke undangan akrilik. Selain yang sepenuhnya datar, kini printer UV flatbed juga bisa mencetak di media melengkung seperti tumblr, gelas, sampai tempat lipstik!

Ketahui mesin digital printing yang mampu hasilkan souvenir ramah lingkungan di sini!

Untuk mekanisme penggunaannya, material akan diletakan di atas meja, lalu disedot dengan vacuum untuk menghindari material bergerak. Barulah setelah itu dicetak oleh printhead yang bergerak ke tiga (3) arah; maju dan mundur, kiri dan kanan, naik dan turun. Jadi jika pada printer roll to roll bahan cetakannya ikut bergerak, pada UV flatbed bahannya akan diam saja dan printheadnya yang bergerak.

Flatbed Hybrid

Printer UV Flatbed Hybrid menggabungkan konsep roll to roll dengan flatbed. Apabila pada Printer Flatbed material diletakkan pada meja yang kokoh, pada printer Flatbed Hybrid, material diletakkan di atas ban berjalan, kemudian melewati printhead yang bergerak ke kiri dan ke kanan.

3 Variasi Printer UV Berbagai Kebutuhan 3
Platinum DS Hybrid, salah satu printer Flatbed Hybrid

Nah tapi, karena bahannya yang berupa karet, ada kemungkinan belt ini menjadi kendor dan mulur, terutama jika menggunakan material-material yang berat. Tapi tentu saja, ini jadi solusi terbaik jika Anda ingin satu mesin yang bisa untuk berbagai produk.

Rekomendasi dari Laysander

Nah, bicara seputar rekomendasi, tentunya akan kembali lagi pada kebutuhan cetakan Anda ya, Sahabat Laysander! Ingat, printer paling mahal dan paling cepat belum tentu jadi yang paling sesuai buat Anda. Karena, printer yang kapasitasnya tidak sesuai, juga tak akan membawa hal baik untuk usaha percetakan Anda. Misalnya nih, akhirnya Anda membeli printer yang kapasitasnya besar dan sangat cepat, tapi cetakan Anda masih sedikit. Printer nantinya akan jarang digunakan, dan menyebabkan printhead macet!

Nah, dari ketiga mesin printer UV tersebut, Laysander menyarankan penggunaan mesin printer UV Flatbed. Tentunya karena beberapa pertimbangan;

Sampai sini, apakah sahabat Laysander sudah mulai tertarik untuk menggunakan printer UV dalam usaha Anda?

Kami juga punya mesin printer flatbed mini yang mampu hasilkan berbagai macam souvenir!

Untuk informasi mengenai usaha printer UV yang lebih mendetil, jangan sungkan untuk hubungi tim Laysander! Anda bisa klik logo whatsapp di kanan bawah halaman ini untuk langsung berkonsultasi dengan tim kami.

Reply

× Apa yang bisa dibantu?