5 Bahan Baju Olahraga Favorit Paling Laris di Pasaran

Bahan Baju Olahraga Favorit

Beda fungsi, beda juga bahan yang digunakan ya, Sahabat Laysander. Apalagi bila bahan tersebut ingin digunakan sebagai pakaian olahraga, tentunya bahan yang diperlukan pun harus memiliki kualitas dan fitur khusus, material yang lentur dan kuat, serta yang tidak kalah penting, sirkulasi udara yang baik pada bahan. Tanpa ketiga hal ini, baju olahraga mungkin akan kurang nyaman untuk digunakan.

Baca Juga: Usaha Printing Jersey: Jual 30 Per Hari, Untung 70 Juta Per Bulan!

Lalu, pertanyaaan yang selanjutnya muncul adalah bahan apakah yang cocok digunakan untuk membuat baju olahraga? Jawabannya adalah tergantung jenis olahraga yang ingin kita lakukan ya Sahabat Laysander. Tapi, kali ini Laysander akan merangkum 5 bahan terbaik yang sering digunakan menjadi baju olahraga. Yuk, simak!

Bahan Kain Untuk Membuat Baju Olahraga

1. Katun

Baju Olahraga Katun

Katun adalah salah satu bahan kain favorit yang banyak dipilih untuk dijadikan baju olahraga. Selain karena nyaman untuk digunakan, bahan katun juga memiliki daya serap keringat yang tinggi sehingga bisa menjaga tubuh kita tetap kering saat berolahraga. Lebih detail lagi, salah satu jenis katun yang sering dipilih ialah cotton combed yang memiliki sifat bahan dingin dan tipis, serta halus ketika disentuh. Biasanya bahan cotton combad ini digunakan untuk membuat baju olahraga yoga dan golf.

2. Spandex

Baju Olahraga Spandex

Spandex mungkin juga menjadi salah satu bahan yang sudah tidak asing lagi ditelinga kita ya. Salah satu kelebihan bahan spandex adalah tingkat keelastisannya yang tinggi. Bahan yang dikenal dengan nama lain Lycra ini pun bahkan bisa melentur hingga 5 sampai 6 kali ukuran aslinya, loh! Bahan ini pun terkenal dengan sirkulasi udaranya yang sangat baik karena bisa menyerap keringat lalu mengering dengan cepat. Biasanya bahan spandex ini bisa diaplikasikan untuk semua jenis baju olahraga.

3. Polyester Activedry

Baju Olahraga Polyester Activedry

Bahan selanjutnya adalah polyester activedry. Loh, apa bedanya ya dengan polyester biasa? Sesuai dengan namanya, bahan polyester yang satu sudah dilengkapi teknologi khusus dengan nama activedry yang artinya dapat menyerap keringat dan bisa mengering dengan cepat saat digunakan. Memiliki bahan yang adem dan tidak mudah kusut, bahan polyester activedry ini pun masuk ke dalam jajaran bahan kain favorit untuk dibuat sebagai baju olahraga.

4. Dry-Fit

Bahan Baju Olahraga

Ada lagi bahan lainnya bernama Dry-fit. Kira-kira apa ya bedanya dengan bahan sebelumnya? Sebenarnya secara fungsi baik dry-fit maupun polyester activedry memiliki kesamaan yaitu sama-sama cepat menyerap keringat dan kering seketika. Tapi, bila diperhatikan secara detail, maka baju olahraga yang dibuat dengan bahan ini memiliki lubang di beberapa sisi yang berfungsi sebahai ventilasi udara supaya kulit kita bisa tetap bernafas saat olahraga.

Baca Juga: 3 Opsi Cetak Jersey: Polyflex vs Sublim vs Cotton Polyester

Dry-fit biasanya terbentuk dari hasil kombinasi antara spandex, polyester dan nylon. Percampuran ketiga bahan ini pun menghasilkan teknologi yang dapat menyerap lembab dan mengeluarkannya dalam bentuk uap atau biasa disebut dengan wicking. Ciri lainnya biasanya bahan dry-fit ini lentur dan bisa menyesuaikan dengan tubuhmu. Dry-fit juga biasanya digunakan untuk membuat baju olahraga basket, lari, futsal, atau bahkan cardio.

5. Microfiber

Bahan Baju Olahraga Microfiber

Bahan terakhir yang memiliki kualitas yang baik saat dijadikan sebagai baju olahraga ialah kain microfiber. Sesuai dengan namanya bahan microfiber ini dibuat dari serat bahan yang kecil dan halus dengan perbandingan 80 persen polyester dan 20 persennya lagi adalah nylon. Ciri khas dari bahan microfiber inu adalah licin dan sekilas tampilannya mirip satin karena warnanya yang mengkilap ketika disentuh. Sama seperti bahan lainnya, bahan microfiber juga memiliki kemampuan untuk menjaga tubuh tetap kering meskipun banyak mengeluarkan keringat. Biasanya microfiber banyak digunakan untuk membuat baju olahraga sepak bola.

Rekomendasi Mesin Printer Untuk Baju Olahraga

Untuk mesin yang dapat mencetak baju olahraga secara maksimal, sebenarnya ada banyak, terutama adalah mesin sublim, karena sebagian besar baju olahraga memiliki kandungan polyester. Laysander sendiri punya banya pilihan mesin sublim yang cocok untuk baju olahraga.

Mesin Printing Kain Texco Avalone
Mesin Printing Kain Texco Avalone

Ada Texco Avalone yang bisa mencetak roll to roll sampai 1,8 meter dengan printhead Epson i3200. Kalau mau pilih yang merek Epson, ada Epson F6330 atau F7270 yang masih sangat favorit dalam urusan mencetak bahan kain. Pilihan lain yang bisa jadi alternatif adalah Printer Epson SC F531. Printer ini memiliki ukuran kurang dari 61 cm, karena memang didesain spesial untuk ditempatkan pada ruangan yang kecil, namun tetap dengan kualitas terbaik.

5 Bahan Baju Olahraga Favorit Paling Laris di Pasaran 1

Dengan begitu, printer ini pun sangat cocok untuk industri tekstil rumahan. Printer Epson SC F531 juga dilengkapi dengan warna fluorescent pink dan kuning, sehingga kamu dapat mencetak berbagai produk kain seperti pakaian olahraga atau souvenir dengan warna-warna cerah yang memukau.

Itulah 5 bahan yang sering dibuat baju olaharaga di industri digital printing kain. Jika Sahabat Laysander memiliki pertanyaan seputar bahan kain tersebut, jangan sungkan untuk hubungi tim Laysander melalui nomor WhatsApp ini ya!

Baca Juga: Apa Saja yang Bisa Dihasilkan Printer Kain?

Reply

Pills For Bigger Pennis|Prebiotic Supplements Weight Loss|
× Bisa kami bantu? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday