4 Tips Mudah Membuat Usaha Digital Printing Lebih Efisien

Simak tips berikut agar usaha digital printing lebih efisien
Simak tips berikut agar usaha digital printing lebih efisien

Menghadapi ketatnya persaingan dalam usaha digital printing saat ini bukan hal yang mudah, ya Sahabat Laysander? Semua pelaku usaha tentunya menetapkan tujuan akhir untuk memperoleh keuntungan yang banyak. Namun, sebelum mencapai hal itu, banyak hal yang perlu dipikirkan, dari mulai biaya operasional hingga cara buat usaha digital printing lebih efektif.

Saat ini, tidak sedikit pula usaha yang memotong anggaran biaya operasional yang besar demi efisiensi hingga akhirnya menurunkan kualitas pelayanannya. Tentunya, kita tidak menginginkan hal tersebut, ya Sahabat Laysander. Usaha yang baik adalah usaha yang dapat mengelola apa yang dimiliki secara efisien tanpa menurunkan kualitas yang ada. Dengan demikian, tidak hanya keuntungan yang bisa kita dapatkan namun juga loyalitas para customer dalam jangka waktu yang panjang.

Lalu, bagaimanakah cara membuat usaha digital printing lebih efisien tanpa menurunkan kualitas yang ada? 5 tips mudah berikut mungkin bisa Sahabat Laysander terapkan di dalam usaha kalian, ya. Yuk simak!

Pastikan Semua Elemen Usaha Berjalan Efektif

Langkah pertama, lakukanlah pengamatan serta evaluasi terhadap usaha digital printing yang kalian miliki saat ini. Pastikan semuanya sudah efektif, memberikan apa yang diinginkan oleh para customer, baik dari segi pelayanan maupun produk yang mereka harapkan. Karena, kalau poin ini saja belum bisa dipenuhi, jangan terlalu jauh berfokus pada hal-hal lainnya dulu ya!

Selain itu, melakukan promosi dengan memotong harga sebenarnya sah-sah saja. Namun, pastikan kalian tidak melakukan banting harga sehingga membuat kualitas pelayanan atau produk kalian menurun. Karena jika hal ini dilakukan, tentunya ekspektasi customer kedepannya akan memburuk dan kita kehilangan loyalitas mereka. Ingat, bagaimana pun loyalitas customer adalah hal yang harus diprioritaskan dalam berbisnis. Jadi catat ya, ada banyak kok jalan lain untuk buat usaha digital printing lebih efisien, selain banting-banting harga.

Meningkatkan Kepuasan Customer

Setelah kalian memastikan semua elemen usaha berjalan efektif, langkah membuat usaha digital printing lebih efisien selanjutnya kalian perlu meningkatkan kepuasan customer. Caranya seperti apa? Ada banyak! Misalnya, mulai dari lakukan manajemen sisa bahan yang Anda miliki, sehingga Anda dapat memiliki bahan dengan beragam ukuran.

Meskipun namanya manajemen sisa bahan, namun yang perlu kita siapkan dalam hal ini bukan benar-benar mengolah bahan sisa ya Sahabat Laysander. Justru, Anda bisa melakukan ini sebelum melakukan percetakan. Karena apabila sudah melakukan percetakan, sisa potongan yang sudah digunakan akan lebih sulit untuk dicocokan sehingga akhirnya terpaksa dibuang. Manajemen sisa bahan ini sangat cocok kalian terapkan pada usaha yang ordernya belum banyak. Maksudnya gimana sih?

Nah, jadi kalian bisa memotong bahan yang kalian miliki menjadi beberapa bagian dengan ukuran yang biasanya dipesan! Misalnya nih, kalian bisa siapkan potongan bahan dengan ukuran berikut:

  • 1,1 meter untuk spanduk atau umbul-umbul
  • 2,2 meter untuk billboard mini
  • 2,5 atau 2,6 meter untuk gambar kotak (ini jarang diminta customer)
  • 3,2 meter untuk billboard atau baliho
  • 60 cm untuk backlit neonbox

Jadi, nantinya bahan tersebut bisa Anda simpan sesuai ukurannya. Selain dapat mengehemat bahan, karyawan kalian juga bisa langsung bekerja tanpa harus saling menunggu dan memiliki waktu luang yang banyak saat tidak ada orderan masuk. Kita mengetahui bahwa tenaga kerja yang kita miliki harus tetap menerima bayaran baik dalam kondisi sedang ada orderan ataupun tidak. Untuk itu, kita harus memaksimalkan manajemen sisa bahan serta tenaga kerja yang kita miliki agar usaha digital printing lebih efisien. Di sisi lain, customer pun akan merasa diuntungkan dan puas karena dapat mengehemat waktu ketika order.

Maksimalkan Ukuran Mesin

Tidak hanya manajemen bahan, kita juga bisa membuat usaha digital printing lebih efisien dengan mengatur penggunaan mesin, loh. Caranya, kalian bisa menggabungkan beberapa desain sesuai ukuran mesin yang digunakan. Misalnya, ada 3 design berukuran 1 meter masing-masing, dan printer yang digunakan adalah mesin digital printing outdoor lebar 3,2 meter. Kalian tinggal gabungkan deh 3 design tersebut jadi satu kali cetak. Kemudian, tuliskan nama order serta finishing yang diinginkan, Ketika sudah jadi, pesanan tersebut tinggal dipotong sesuai dengan ukuran yang diinginkan tadi, deh. Praktis bukan?

Jangan Menolak Orderan

Sebagai pelaku usaha tentu kita menginginkan keuntungan di dalam setiap orderan yang masuk. Namun pertanyaannya, ketika kita menerima orderan yang terlihat kecil dan terlihat tidak akan banyak memberikan keuntungan, apakah tetap harus diambil? Tentu saja jawabannya ya! Mengapa?

Hal ini diperlukan agar mesin-mesin yang kita miliki bisa tetap berjalan. Karena kalau lama tidak digunakan, justru biaya maintenance akan lebih besar loh Sahabat Laysander. Jadi kalau ada orderan yang kelihatan kecil, jangan berfokus pada nominal order tersebut, tapi fokus bahwa order tersebut akan tetap membuat mesin Anda bekerja. Karena, penting untuk maksimalkan kerja mesin yang ada, agar bisa sekalian merawat mesin dan usaha digital printing lebih efisien.

Nah, kami mau tekankan sekali lagi nih, Sahabat Laysander! Meskipun kita melakukan pengehematan biaya dari mulai bahan, tenaga kerja, serta perawatan mesin, namun kita tidak boleh lupa mengenai kepuasan customer. Pastikan pelayanan serta produk yang kita berikan selalu berkualitas tinggi dan bersesuaian dengan keinginan customer. Bila kita melakukan kesalahan dalam memberikan pelayanan, tetaplah rendah hati untuk menerima serta memperbaiki kembali produk tersebut sesuai dengan keinginan customer. Hal ini lebih baik dilakukan dibandingkan harus kehilangan loyalitas mereka terhadap usaha digital printing yang kita miliki.

Itulah beberapa tips yang bisa Sahabat Laysander terapkan untuk membuat usaha digital printing lebih efisien. Bila Sahabat Laysander ingin berkonsultasi lebih lanjut mengenai cara promosi dan pengembangan usaha digital printing kalian, silahkan menghubungi tim Laysander, ya!

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Apa yang bisa dibantu?