6 Cara Membuat Studio Fotografi Milik Kamu Sendiri

studio fotografi

Ingin memiliki studio fotografi impian Kamu sendiri, tetapi anggaran terbatas? Untuk mendapatkan hasil foto yang terbaik, terkadang diperlukan pengaturan studio foto profesional. Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan cara membuat studio fotografi sendiri di rumah.

Menyiapkan Studio Fotografi Miliki Kamu Sendiri

Kamu mungkin berpikir bahwa harus menunggu sampai menjadi sukses sebelum dapat memiliki pengaturan studio fotografi yang bagus. Lagi pula, menyewa ruang studio profesional bisa sangat mahal jika kita adalah seorang fotografer baru, apalagi masih mencoba untuk memulai bisnis fotografi. Namun, ada cara untuk mendirikan studio milik sendiri dengan anggaran terbatas di rumah. Berikut adalah 4 hal yang perlukan dimulai untuk membangun studio fotografi dari rumah.

Baca Juga: 10 Perlengkapan Fotografer untuk Memulai Bisnis Fotografi

  1. Kosongkan Ruang

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mencari ruang untuk studio fotografi dan membersihkannya. Ini bisa berupa ruangan yang tidak terpakai di rumah, ruang tamu, atau bahkan garasi. Tapi, seberapa besar ruangan yang perlukan? Nah, jika Kamu ingin mengambil foto seluruh tubuh, atau jika perlu menggunakan lensa sudut lebar, lampu rambut, atau reflektor, maka perlu ruang seluas mungkin baik lebar maupun tinggi. Namun, jika hanya akan melakukan still life, headshots, atau macrophotography, Kamu dapat menggunakan ruang yang jauh lebih kecil.

Studio Fotografi
  1. Tambahkan Sumber Cahaya

Kamu harus membeli beberapa lampu buatan untuk studio fotografi. Jika ruang yang sudah disiapkan memiliki cahaya alami, Kamu juga dapat menggunakannya. Jendela yang menghadap ke selatan atau utara bekerja dengan sangat baik.

  1. Bangun Backdrop/Latar Belakang yang Indah

Tahukah Kamu bahwa membangun latar belakang adalah aktivitas DIY yang mudah dan menyenangkan? Kamu dapat menghemat uang dengan membuat latar belakang sendiri dari bahan bekas atau sisa. Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah memasang batang tirai di langit-langit atau tinggi di dinding. Kemudian, gantung beberapa gorden atau kain dengan warna berbeda, dan ganti sesuai kebutuhan untuk mendapatkan tampilan yang diinginkan. Kamu juga dapat memajang karya seni berwarna-warni di dinding studio untuk latar belakang potret yang lebih unik. Jika Kamu tidak ingin membuat variasi latar belakang, kami sarankan untuk mendapatkan latar belakang putih, dan menyesuaikan bidikannya nanti di Photoshop.

Properti Studio Fotografi
  1. Tambahkan Keseruan Dengan Alat Peraga

Karena anggaran yang terbatas, terkadang foto yang diambil di studio rumahan bisa mulai terlihat sangat mirip. Namun, menambahkan beberapa alat peraga dapat membumbui potret Kamu dan membuatnya menonjol. Membeli alat peraga di toko dapat menghabiskan anggaran dengan sangat cepat. Tetapi, jika Kamu berpikir kreatif, Kamu dapat menemukan alat peraga gratis yanga ada di sekitar rumah.

Boneka beruang tua saudara perempuan Kamu, bingkai foto kosong, atau hampir semua barang bekas di rumah yang dapat berfungsi ganda sebagai alat peraga. Kamu juga dapat membuat alat peraga sendiri dari bahan-bahan dari toko kerajinan. Kami merekomendasikan untuk mengganti alat peraga berdasarkan musim dan liburan, seperti Natal dan Tahun Baru, sehingga klien Kamu akan ingin terus datang kembali untuk mendapatkan lebih banyak.

Baca Juga: 6 Alasan Fotografer Profesional Harus Punya Printer Photography Epson

  1. Beli Printer

Kebanyakan fotografer membutuhkan waktu berhari-hari, atau bahkan berminggu-minggu, untuk menghasilkan hasil cetak foto mereka. Tetapi, jika Kamu memiliki printer sendiri, Kamu dapat menghasilkan hasil cetak foto secara instan dan benar-benar mengejutkan klien. Gunakan sebagian uang yang Kamu hemat untuk biaya overhead untuk membeli printer. Kamu bahkan dapat membuat printer photography tersebut menghasilkan uang dengan menawarkan jasa untuk mencetak foto bagi fotografer lain, dan kamu akan punya banyak pemasukan.

Epson SC-P8000

Epson SC P8000 untuk Fotografer

Dapatkan kualitas foto sempurna, akurasi warna yang tak tertandingi hanya dengan printer format besar mutakhir generasi terbaru ini. Epson SC-P8000 merupakan printer photography format besar 44-inci yang menggabungkan teknologi pencetakan warna terbaru. Dengan printhead Piezo Thin Film Epson PrecisionCoreTM, printer ini mampu menghasilkan gambar yang akurat secara detail, unggul dalam tingkat konsistensi gambar yang selalu high-res. Dilengkapi dengan tinta pigmen Epson UltraChrome HD 8-Color dan kepala cetak PrecisionCore TFP terbaru, Epson SC-P8000 memiliki penanganan media gulungan dan lembaran yang professional, serta pengontrol papan yang bertenaga dan Ethernet Gigabit yang disempurnakan.

  1. Improvisasi Ruang Tunggu

Ini mungkin tampak seperti detail kecil, tetapi memiliki ruang tunggu benar-benar dapat membantu membuat klien senang dan nyaman sebelum dan sesudah sesi pemotretan mereka. Kamu bahkan tidak memerlukan ruangan khusus untuk ini. Kamu dapat menggunakan taman, jalan masuk, atau balkon untuk dijadikan ruang tunggu. Tambahkan beberapa tempat duduk dan meja dengan beberapa majalah agar mereka tetap sibuk, sembari tetap menunggu. Kamu juga dapat menggunakan area ini untuk bertemu, bernegosiasi dan mengobrol dengan klien.

Itulah cara membuat studio fotografi sendiri di rumah. Kami harap artikel ini membantu Kamu mengetahui cara membuat studio fotografi Kamu sendiri untuk menarik lebih banyak klien dan mengembangkan bisnis fotografi. Nah, seperti yang disebut di atas, studi fotografi akan semakin lengkap dengan tambahan printer photography, ada banyak pilihan printer yang bisa digunakan untuk seorang fotografer, salah satunya adalah rekomendasi berikut ini.

6 Cara Membuat Studio Fotografi Milik Kamu Sendiri 1

Epson SC-P8000 ini memang bisa jadi pilihan utama, selain itu masih banyak lagi printer photography yang bisa dimanfaatkan untuk mencetak foto. Kamu bisa mendapatkannya di website Laysander dan hubungi tim kami lewat nomor +62 812-9757-5570 untuk mendapatkan konsultasi secara gratis dalam memilih printer foto yang tepat.

Baca Juga: Printer Mini Digunakan Untuk Usaha? Siapa Takut!

Reply

Tadalafil Softsules Tuf 20|Singaporean Actress That Nearly Died From Slimming Pills|Cannabis Oil Fda
× Bisa kami bantu? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday