7 Kunci Tingkatkan Produktivitas Tim Saat Pandemi

Merebaknya virus Covid-19 di tahun 2020 ini, tentunya memberikan dampak yang cukup signifikan bagi perekonomian global, tidak terkecuali Indonesia. Sejak dinyatakan sebagai pandemi oleh WHO pada Bulan Maret lalu, berbagai strategi sudah disiapkan pemerintah untuk menanggulanginya, seperti belajar, bekerja, dan beribadah dari rumah. Namun sayangnya, penyebaran virus COVID-19 yang sangat cepat, menjadi alasan mengapa jumlah korban positif COVID-19 masih terus bertambah setiap harinya nih, Sahabat

Meskipun sejumlah perusaahan masih melakukan pemberlakuan sistem bekerja dari rumah sejak tiga bulan lalu, namun untuk beberapa sektor tertentu kini telah diperbolehkan untuk beroperasi kembali dengan sejumlah protokol kesehatan yang ketat. Para pelaku bisnis, serta perusahaan di Indonesia pun perlahan mulai mengembalikan perekonomian Indonesia yang sempat terguncang beberapa bulan ini.

Baca juga: Benarkah Cetak Satu Pass Beri Keuntungan Lebih?

Namun, di sisi lain kebijakan “New Normal” yang memperbolehkan para pelaku bisnis kembali membuka usahanya, memberikan dampak tersendiri bagi para pekerja. Rasa takut terhadap penyebaran virus COVID-19 yang masih mungkin terjadi, turut mempengaruhi kinerja tim yang ada. Selain semangat kerja yang menurun, kondisi yang kini lebih terbatas untuk bergerak, juga pasti membuat setiap perusahaan atau pelaku bisnis menyusun ulang sistem bekerja yang ada. Hal ini perlu dilakukan, untuk dapat beradaptasi dengan kondisi pandemic yang ada saat ini sampai vaksin COVID-19 berhasil ditemukan.

Jika Sahabat Laysander memiliki bisnis digital printing, beberapa cara berikut dapat diterapkan saat pandemi tengah berlangsung. Selain dapat mengembalikan semangat bekerja tim, beberapa cara ini juga bisa kembali meningkatkan produktivitas tim bekerja di masa pandemi ini. Beberapa cara tersebut ialah:

Memberikan Tujuan dan Fungsi Peran yang Jelas

Perubahan posisi atau peran di tengah pandemi ni sangat mungkin terjadi. Untuk itu, berikanlah gambaran mengenai fungsi serta tujuan pada masing-masing peran di dalam tim Anda. Selain itu, hal yang tidak kalah penting ialah memastikan masing-masing tim Anda sudah berada di posisi yang sesuai dengan kemampuannya. Sehingga, pekerjaan pun dapat terselesaikan lebih efektif karena masing-masing tim sudah menguasai bidang pekerjaan yang dilakukannya.

Memberikan Training

Baca juga: 4 Cara Meningkatkan Omzet Usaha Digital Printing

Untuk mencapai tujuan perusahaan, memberikan training atau pelatihan adalah hal penting yang perlu dilakukan untuk menyamakan visi dan misi antar karyawan. Selain itu, pelatihan diberikan supaya tim lebih siap dan mahir dalam melakukan pekerjaan di tengah pandemi saat ini. Penyesuaian terhadap perubahan berbagai kebijakan dalam menghadapi COVID-19 ini juga perlu diinformasikan kepada tim.

Memberikan Tugas yang Produktif, Efektif, dan Efisien

ilustrasi kerja tim
ilustrasi kerja tim

Di masa pandemi ini, efektif kerja merupakan hal penting yang perlu diterapkan. Apalagi, adanya kebijakan menjaga jarak tidak memungkin kan seseorang untuk bekerja secara berdekatan. Untuk itu, pastikanlah satu mesin digital printing di-handle optimal oleh satu orang saja, dan tim lainnya bisa difungsikan untuk pekerjaan lain. Misalnya sama design, atau finishing.sedikitnya oleh dua orang. Jangan sampai ada tiga sampai empat orang yang bertugas menghandle satu mesin.

Memberikan Kepercayaan

Pembatasan jarak yang berlaku saat ini, tidak jarang membuat kita sesekali harus bekerja melalui jarak jauh. Untuk itu, pentingnya kepercayaan terhadap tim yang bekerja perlu dibangun. Berikanlah kepercayaan penuh sambil tetap mengawasi kinerja tim dengan baik. Melalui kepercayaan yang kita berikan, tentunya tim akan lebih bersemangat lagi untuk bekerja karena merasa diberi kepercayaan penuh.

Memberikan Insentif Berupa Pujian, Reward, atau Bonus

ilustrasi apresiasi
ilustrasi apresiasi

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Kegagalan Bisnis Digital Printing

Melakukan pekerjaan di tengah pandemi bukanlah hal yang mudah untuk sebagian orang. Terkadang mereka perlu mengorbankan waktu bahkan kesehatan untuk tetap bekerja. Untuk itu, berikanlah apresiasi sesering mungkin terhadap kinerja tim yang sudah baik. Sederhananya, berikanlah pujian ketika tim sudah mencapai target yang diberikan. Bahkan jika memungkinkan, jangan lupa untuk memberikan mereka reward serta bonus supaya mereka tetap semangat dalam bekerja di tengah pandemi yang tengah melanda.

Melakukan Evaluasi Secara Berkala dan Open Terhadap Masukan

Evaluasi penting dilakukan untuk melihat perkembangan perusahaan atau menilai baik buruknya kinerja karyawan. Untuk itu, lakukanlah secara berkala supaya jika ada masalah yang timbul dapat segera dicari solusinya. Jangan lupa untuk selalu mendengarkan berbagai masukan dari tim yang bekerja, demi terciptanya lingkungan kerja yang lebih baik dan tidak saling merugikan antar pihak.

Menerapkan Komunikasi yang Efektif dan Efisien

ilustrasi komunikasi tim yang efektif
ilustrasi komunikasi tim yang efektif

Komunikasi yang baik antara atasan dengan karyawan merupakan kunci penting bagi keberhasilan perusahaan di tengah pandemi ini. Melalui komunikasi yang efektif dan efisien, tujuan perusahaan pun akan lebih mudah untuk dicapai. Berikan penjelasan yang baik serta dengarkan masukan yang ada saat masalah mulai timbul. Sebaliknya hal yang perlu dihindari adalah komunikasi secara membentak atau marah dengan bersuara tinggi tanpa memberikan penjelasan kepada tim.

Baca juga: Mengapa Banyak Orang Memilih Laysander?

Itulah beberapa cara yang dapat Sahabat Laysander terapkan untuk meningkatkan produktivitas tim yang bekerja di tengah pandemi. Dengan demikian, meskipun ruang gerak kita menjadi terbatas dalam bekerja, namun pekerjaan tetap dapat diselesaikan secara efektif dan efisien sehingga tujuan perusahaan tetap dapat tercapai. Jika Sahabat Laysander memiliki berbagai persoalan atau pertanyaan seputar usaha digital printing, jangan ragu dan bisa langsung konsultasi dengan kami, oke?

2 Comments

  1. bilal
    • Laysander Technology

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Apa yang bisa dibantu?