Apa Bisa Printer Sublimasi Cetak di Media Katun?

Halo sahabat Laysander! Dalam artikel kali ini, kita akan bahas salah satu pertanyaan yang cukup sering ditanyakan kepada kami nih. Pertanyaan ini, berkaitan dengan mencetak di kain dengan metode sublimasi. Sebelumnya, apa kalian sudah familiar dengan sublimasi ini?

Sublimasi sendiri merupakan salah satu teknik printing ke kain dengan metode heat/ dipanaskan. Jadi pertama, sebuah design akan dicetak ke transfer paper, alias kertas “ajaib” yang akan digunakan untuk proses selanjutnya. Kertas ini kemudian disatukan dengan kain, dan akan dipanaskan menggunakan mesin heater/ heat press. Tinta yang digunakan kemudian akan berubah menjadi gas ketika berada dibawah suhu panas tertentu dan secara permanen dicetak pada kain. Suhu panas akan membuka pori-pori dari kain, lalu tinta mulai di masukkan dengan sedikit tekanan, tinta kemudian menjadi dingin dan mengeras.

Nah, metode printing ini sangat cepat dan efektif sehingga cukup popular digunakan untuk order dengan jumlah satuan, dan design dengan banyak warna dan detail. Selain itu, untuk penggunaan teknik sublimasi disarankan untuk menggunakan bahan yang mengandung polyester atau bahan dasar yang menggunakan minyak bumi. Harus diingat, semakin banyak polyester semakin bagus warnanya!

Baca juga: Apakah Bisa Cetak Langsung di Bahan Polyester?

Nah, sudah lebih familiar ya? Kembali kepada topik sesuai judul kali ini, pertanyaan yang sering kami dapatkan adalah, “apakah si teknik sublimasi ini bisa untuk print bahan katun??” Apa kamu punya pertanyaan yang sama juga? Biasanya, pertanyaan ini muncul karena pemilik bisnis print kain ini menginginkan satu mesin yang bisa digunakan untuk semua jenis kain, ya kan?

Seperti yang sudah kita bahas pada paragraf sebelumnya, printer sublim ini memang akan memberikan hasil maksimal jika kain yang digunakan mengandung polyester ya. Misalnya saja satin, jersey, scuba, atau lainnya. Karena, tinta yang digunakan pada mesin sublim adalah tinta dye-sublimation, yang bisa digunakan hanya untuk kain dengan kandungan polyester. Bisa saja sih kalau sahabat Laysander mau coba ke katun. Tapii, hasilnya tentu akan jauh dari kata maksimal, karena tinta tersebut tidak akan terserap pada kain yang dituju.

Karena itu, printer sublimasi tidak bisa digunakan untuk mencetak kain katun, jika ingin hasil yang maksimal. Untuk kain katun, ada printer dan tinta khusus yang bisa digunakan. Nah, kain katun ini lebih “spesial”, karena tergantung mesinnya, ada dua jenis tinta yang bisa digunakan. Pertama, ada tinta pigment, yang digunakan untuk mesin DTG, alias Direct to Garment. Itu lho, printer dengan ukuran lebih kecil, dan biasanya digunakan untuk print langsung ke kaos. Nah, karena spesial, setelah diprint, kaos harus dipanaskan menggunakan oven atau mesin heat press. Ini untuk memastikan tinta dan cetakannya bertahan lama pada kaos.

Baca juga: Nilai Produksi Naik, Lengkapi Printing Kain Dengan Laser Cutting

Kedua, ada tinta reactive, yang biasanya digunakan di printer untuk bahan katun roll to roll. Untuk tinta satu ini, setelah kain dicetak, kain harus diproses menggunakan mesin steamer. Ya, ada proses steam, atau “kukus” dengan uap air, agar cetakan bisa sempurna dan maksimal pada kain katun roll to roll tersebut. Nah, apa Sahabat Laysander sudah lebih memahami tentang dunia printing kain ini?

Jadi mesin apa dong yang harus dibeli?

Untuk pertanyaan ini, jawabannya kembali lagi kepada sahabat semua. Material apa yang paling banyak digunakan untuk mencetak? Kalau paling banyak adalah bahan yang mengandung polyester, silahkan membeli mesin printer sublim beserta pemanasnya. Sebaliknya, kalau lebih banyak mencetak bahan katun, jelas kami sarankan untuk membeli printer katun. Oh iya, karena printer katun ini lebih “spesial”, dalam mencetaknya pun ada beberapa tahapan. Mulai dari coating, steam, sampai wash (cuci), dengan mesinnya masing-masing. Nah, kalau mau diakali, kalian bisa membeli printernya saja, dan mencari pemilik mesin lainnya, jadi bisa kalian “lempar proses”nya ke mereka.

Jika sahabat Laysander masih bingung terkait solusi printing untuk pakaian jadi maupun kain roll, tenang, Laysander menyediakan printer untuk sublim maupun katun. Jadi, jangan segan untuk bertanya langsung dan menghubungi tim kami ya!

Baca juga: Bisnis Printing Kain Maju, Lima Hal Ini Kuncinya

Penulis: OW/ Editor: IG

Mesin Printing Kain Sublim

Ecojet Nova

Rp. 110.000.000

Selengkapnya

Texco Avalone

Tanyakan Harga

Selengkapnya

Texco Homer-P

Tanyakan Harga

Selengkapnya

Texco Homer-P4

Tanyakan Harga

Selengkapnya

Texco Homer-R8

Tanyakan Harga

Selengkapnya

Texco Verdant

Tanyakan Harga

Selengkapnya

Texco Valcom

Tanyakan Harga

Selengkapnya

Pica PF

Rp. 210.000.000

Selengkapnya

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Apa yang bisa dibantu?