Apa Kebutuhan Mulai Bisnis Digital Printing?

Ilustrasi-Artikel-WP-Mulai-MDP
Sebelum memulai usaha digital printing, tentu pertanyaannya, “apa saja kebutuhannya?”

Ketika kita ingin membangun suatu bisnis, pasti yang ada di benak kita pertama kali adalah, apa saja alat yang di butuhkan untuk menjalankan bisnis tersebut. Sama halnya dengan bisnis digital printing, ada beberapa hal yang harus kita persiapkan untuk memulai usaha digital printing sendiri. Tanpa adanya persiapan tersebut, kita tidak akan bisa menjalankan bisnis dengan baik. Nah, apa saja?

Mesin digital printing

Tentu saja mesin printing terlebih dahulu yang kita persiapkan. Di sini kita dituntut harus jeli dan bijak dalam memilih mesin digital printing yang tepat, dengan melihat semua “keterbatasan” yang ada. Contohnya, sebagai seorang pemula yang baru ingin membuka usaha digital printing, tentu terbatasnya modal bisa menjadi masalah utama. Dengan keterbatasan modal, tentu menuntut kita mencari mesin dengan harga yang se-murah mungkin, tentu semua mesin digital printing murah memiliki keterbatasan juga, apa itu? Kecepatan cetak, resolusi cetak dsb, di sisi sinilah perhitungan perkiraan orderan berkaitan langsung.

Bila modal Anda terbatas namun memiliki orderan yang “deras” atau banyak, maka akan lebih baik Anda memilih mesin digital printing cepat walaupun sedikit lebih mahal. Karena kecepatan cetak dapat meingkatkan jumlah produksi cetak harian Anda sehingga modal yang Anda keluarkan untuk membeli mesin digital printing cepat itu dapat tertutupi pada waktu yang tidak lama.

Baca juga: Estimasi Modal dan Untung Bisnis Digital Printing

Atau bila memang Anda benar-benar baru dan hanya memiliki sedikit orderan per harinya, maka mesin digital printing yang paling terjangkau dapat menjadi solusi. Walaupun perbedaannya hanya di kecepatan cetak saja, namun mesin digital printing dengan harga yang murah pun yang kami miliki, tetap dapat menghasilkan hasil cetak yang tajam.

Bahan atau media

Pada setiap aplikasi yang di hasilkan oleh mesin digital printing, medianya bisa berbeda-beda, dari jenis hingga ukuran ketebalan. Misalnya, untuk membuat spanduk atau baliho biasanya kita menggunakan media Frontlite. Nah, pada jenis media ini saja ada dua tipe yaitu model (Doff & Glossy), dari merk yang berbeda dengan gramasi atau ketebalan yang berbeda pula. Semua itu menentukan kualitas cetak dan daya tahan cetakan tersebut. Kalau ingin membuat wallpaper, itu pun menggunakan bahan yang berbeda lagi, dan tentunya harus seminim mungkin mengeluarkan bau, karena diletakkan dalam ruangan. Nah, yuk simak bersama beberapa media yang banyak di gunakan untuk usaha digital printing sebagai berikut:

1. Media Digital Printing

  • Media Wallpaper
  • Flexi (Fontlite & Backlite) – China / Korcin
  • Sticker Ritrama (Putih – Black Out – Glossy – Matt)
  • Sticker Ekonomis
  • Cloth
  • One Way Vision
  • Mika
  • Vinly PU (Untuk di tempel di kaos dapat di cetak) – Flesso

2. Media Cutting Sticker

  • Vinly PU (Untuk di tempel di kaos) – Flesso

3. Media Banner

  • X-Banner
  • Roll Banner

4. Segmen lainnya: Textile & Industri, ini pun tentunya bisa disesuaikan kembali dengan kebutuhan segmen yang Anda tuju.

Tinta

Baca juga: Apa Usaha Untung Walau Banyak Saingan?

Tinta-Solvent-Laysander
Tinta Solvent Asia Ink

Nah, kebutuhan tinta bukan hanya sekedar untuk mencetak bahan, Anda harus memperhatikannya dengan lebih cermat. Mengapa begitu? Karena tinta berhubungan langsung dengan print head yang merupakan komponen utama dan harganya tidak murah. Print head hanya dapat bekerja dan mencapai umur maksimal ketika menggunakan tinta yang sesuai. Karena pada umumnya setiap pabrik mesin digital printing sudah menyiapkan semua kebutuhan mesin, sehingga kita tidak perlu mengadakan kebutuhan mesin dengan merk lain. Ini tentunya karena merk lain blm tentu mendukung komponen mesin kita dengan baik. Baiknya, Anda bertanya sebelum membeli mesin atau membeli head, tinta seperti apa yang sesuai dengan mesin atau head tersebut. Itu tentu lebih bijaksana, setuju?

Mesin seaming

Mesin seaming itu berfungsi untuk merekatkan atau menyambungkan banner, hal ini di perlukan ketika kita mendapatkan orderan cetak dengan media yang besar, seperti baliho billboard dan jenis lainnya dengan ukuran sangat besar. Kalau tidak, tentu Anda akan kesulitan!

Ring mata ayam & alat press

Ini adalah pelengkap, namun keberadaannya akan sangat penting untuk bisnis Anda, jadi kami sarankan untuk memilikinya juga. Fungsinya untuk membuat cetakan Anda siap dipajang.

Ruangan

Ruangan tempat Anda meletakkan mesin juga jadi salah satu poin penting sebelum memulai usaha digital printing. Anda harus perhatikan ukuran, suhu, juga kelistrikannya. Paling tidak, mesin berukuran lebih lebar satu meter dari semua sisi mesin Anda. Ini berfungsi untuk Anda atau operator memasang dan mengambil bahan hasil cetakan. Juga, untuk membersihkan atau memperbaiki mesin saat dibutuhkan. Mesin juga harus diletakkan di ruangan ber-AC agar lebih optimal kerjanya. Terakhir, daya listrik harus disesuaikan dengan spesifikasi kebutuhan mesin, ini bisa Anda tanyakan dengan detail pada tim kami sebelum memutuskan untuk membeli. Selain itu, listrik yang digunakan harus stabil ya!

Baca juga: Cicilan Mesin Digital Printing Ringan Proses Cepat!

AC (Pendingin Ruangan)

Keberadaan pendingin ruangan ini wajib adanya, tidak boleh tidak, hal tersebut sudah kami bahas di atas sekaligus.

Stablilizer

Ini hubungannya dengan kelistrikan, bila tegangan listrik di tempat Anda sering naik turun, jangan ambil resiko ya! Gunakan stabilizer untuk mencegah hal yang tidak diinginkan. Karena setiap barang elektronik yang sering mendapatkan tegangan naik dan turun akan memperpendek usia pakai atau umur mesin tersebut. Hal inilah yang tentu juga berlaku pada mesin digital printing pada umumnya.

UPS

Masih berhubungan dengan kelistrikan, UPS berfungsi sebagai “power bank” alias untuk menyimpan cadangan listrik. Ini penting lho, misalnya saja jika daerah Anda sering mati listrik mendadak. UPS akan memberikan Anda waktu untuk mematikan mesin digital printing dengan sewajarnya. Sehingga, tidak perlu ada kerusakan apa pun akibat mati listrik mendadak.

Komputer khusus mesin

Untuk mengoperasikan mesin, dibutuhkan minimal 1 unit komputer, dengan spesifikasi minimal yaitu prosesor Core i-3 (lebih tinggi tentu lebih bagus), dan memory atau RAM yang besar, minimal 2 G. Hal ini terkait dengan kinerja software RIP Anda dalam memproses file untuk cetak. Nah, tapi tentunya di samping ini, Anda bisa menambahkan komputer untuk keperluan design ya.

Baca juga: Yang Jual Banyak, Yang Profesional Sedikit

Software design

Sudah pasti sangat butuh ini, karena produk yang kita hasilkan berhubungan dengan desain. Nah, bila Anda menyediakan jasa desain sendiri, maka sediakanlah software pengolah gambar seperti (Adobe Photoshop, Adobe InDesign, atau Corel Draw).

Orang design

Bila Anda menginginkan kualitas sebagai pembeda antara usaha digital printing Anda dengan orang lain, maka hadirkanlah kualitas tersebut dari seluruh aspek! Salah satu caranya adalah dari tenaga kerja yang profesional, mahir, dan dapat menghasilkan design yang menarik di mata customer. Dengan nilai tambah yang Anda berikan ini, tentu customer akan setia pada Anda!

Operator

Sesuai namanya, operator bertugas untuk mengoperasikan mesin digital printing usaha Anda. Tentunya, untuk posisi ini Anda harus mencari seorang yang teliti, bertanggung jawab, dan bisa menjaga kebersihan. Masalah mengoperasikan mesin tentunya bisa dipelajari, terlebih saat membeli mesin, Laysander akan memberikan training sampai operator Anda mengerti dengan jelas. Tapii, kalau operator Anda tidak bertanggung jawab dan bisa menjaga kebersihan. Karena, seperti barang elektronik apa pun, mesin digital printing harus dijaga.

Banyak calon customer yang bertanya pada kami, “Berapa lama sih usia mesin?” Nah yang kami bisa berikan adalah jawaban estimasi, misalnya print head Konica Minolta yang bisa sampai 5 tahun. Tapi pastinya jawaban ini tentu kembali pada bagaimana cara Anda merawat “anak” Anda ini. Kalau mesin tidak dibersihkan, tidak dirawat semestinya, atau dioperasikan dengan sembrono, tentu kami tidak bisa menjanjikan umur panjang pada “anak” Anda ini. Jangan sampai, karena tidak bisa jaga kebersihan, terjadi hal yang tidak diinginkan seperti bekas sisa makanan yang membuat tikus datang dan menggigit putus kabel mesin, aduh! Jadi ingat yaa, Anda dan tim terutama operator W-A-J-I-B menjaga mesin digital printing ini dengan baik!

Baca juga: Mesin Digital Printing China VS Jepang

Mesin Populer

Apa Kebutuhan Mulai Bisnis Digital Printing? 1

Ecojet Nova

Rp. 110.000.000

Selengkapnya

Apa Kebutuhan Mulai Bisnis Digital Printing? 2

Ecojet Maxima

Rp. 125.000.000

Selengkapnya

Apa Kebutuhan Mulai Bisnis Digital Printing? 3

Epson SureColor SC F2130

Rp. 225.000.000

Selengkapnya

Apa Kebutuhan Mulai Bisnis Digital Printing? 4

Epson SureColor SC F7270

Rp. 225.000.000

Selengkapnya

Apa Kebutuhan Mulai Bisnis Digital Printing? 5

Maxima PZ

Rp. 230.000.000

Selengkapnya

Apa Kebutuhan Mulai Bisnis Digital Printing? 5

Maxima SP

Rp. 240.000.000

Selengkapnya

Apa Kebutuhan Mulai Bisnis Digital Printing? 7

Inno KV

Rp. 290.000.000

Selengkapnya

Apa Kebutuhan Mulai Bisnis Digital Printing? 8

Epson SureColor SC F9330

Rp. 375.000.000

Selengkapnya

Apa Kebutuhan Mulai Bisnis Digital Printing? 9

Portage VR

Rp. 335.000.000

Selengkapnya

Apa Kebutuhan Mulai Bisnis Digital Printing? 10

Liyu TC

Rp. 12.500.000

Selengkapnya

Apa Kebutuhan Mulai Bisnis Digital Printing? 11

Quantum Laser Cutting

Tanyakan Harga

Selengkapnya

Apa Kebutuhan Mulai Bisnis Digital Printing? 12

Mesin Laminasi Semi Otomatis Airo

Tanyakan Harga

Selengkapnya

2 Comments

  1. Euterpe
    • Irene Gianov

Reply

× Apa yang bisa dibantu?