Apa Saja yang Bisa Dihasilkan Printer Kain?

Apa Saja yang Bisa Dihasilkan Printer Kain
Apa Saja yang Bisa Dihasilkan Printer Kain

Dapat melengkapi semua kebutuhan sehari-hari, kini usaha printing kain pun semakin digemari. Bukan hanya motif eksklusif yang ditawarkan oleh banyak desainer, namun tingginya kebutuhan pasar akan fashion seperti pakaian, hijab, celana, dan lainnya menjadi faktor mengapa usaha ini memiliki peluang keuntungan yang menjanjikan.

Sebelum lebih jauh membahas topik ini, sudahkah Sahabat Laysander benar-benar memahami mesin printing kain? Mesin printing kain merupakan printer yang dapat mencetak gambar ke dalam media kain dengan menggunakan teknologi digital. Media kain yang digunakan untuk dicetak pun sangat beragam, mulai dari polyester, katun, hingga sutera.

Keunggulan Menggunakan Printer Kain

Tuntutan dunia fashion yang serba cepat perkembangannya, tentunya juga mendorong beragam teknologi baru untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Karena itulah tercipta printer kain berteknologi digital yang kian marak di pasaran saat ini. Dibandingkan dengan konvensional, tentunya printer kain menawarkan berbagai keunggulan, diantaranya:

Biaya Produksi yang Lebih Murah

Karena sudah didukung berbagai fitur teknologi yang canggih, tentu mesin printer kain dapat menawarkan biaya produksi yang jauh lebih murah dibandingkan dengan cara konvensional. Kerja mesin yang fleksibel dan hemat waktu, tentunya juga membuat mesin printer ini secara perhitungan jangka panjang lebih menguntungkan dibandingkan dengan konvesional.

Baca juga: 3 Cara Printing Kain Secara Digital, Mana yang Cocok untuk Bisnis Anda?

Kualitas Hasil Cetak Maksimal dan Stabil

Karena dikerjakan dengan mesin printer digital, tentu untuk hasil cetak pada kain pun jauh lebih baik dan stabil. Detail gambar yang sulit sekalipun, kini bisa Sahabat Laysander dapatkan dengan menggunakan printer kain saat ini. Paling penting, hasil cetak pun dapat lebih stabil karena semuanya dikerjakan oleh mesin print digital yang sudah dilengkapi dengan berbagai fitur teknologi terkini.

Dapat Memproduksi Lebih Banyak

Kata kunci penting lainnya untuk keunggulan printer kain saat ini ialah hemat waktu. Didukung teknologi yang memumpuni, tentunya printer kain mampu membuat perputaran order semakin cepat karena bisa memproduksi hasil cetak lebih banyak dalam waktu yang singkat.

Jenis-jenis Tinta yang Digunakan Printer Kain

Sebenarnya dalam industri printer kain, berbeda jenis media kain yang digunakan tentu berbeda pula tinta printer yang digunakan untuk mencetaknya. Hal ini dikarenakan, jika penggunaan bahan dan tinta tidak sesuai, maka cetakan bisa jadi luntur atau malah tidak menempel dengan baik pada kain. Untuk itu, supaya Sahabat Laysander tidak salah dalam memilih tinta, yuk simak jenis-jenis tinta berikut ini:

Sublimasi

Biasanya tinta sublimasi digunakan untuk bahan polyester. Cara kerja tinta ini dengan menggunakan transfer paper yang kemudian dipanaskan di mesin heat press. Tinta sublimasi dikenal memiliki daya tahan yang cukup baik serta hasil gambar pun bisa tajam dan detail.

Disperse

Meski sama-sama bermain di kain polyester seperti sublimasi, namun perbedaan yang mencolok dari penggunaan tinta disperse ini adalah cara kerjanya yang direct to tekstil atau lebih mudahnya, tinta ini dapat digunakan langsung pada kain lalu dipanaskan tidak memerlukan transfer paper.

Reactive

Berbeda dengan tinta sublimasi dan disperse, tinta reactive biasanya digunakan pada kain berbahan dasar serat alami seperti katun, linen, atau rayon. Tinta ini digunakan pada printer DTG dan membutuhkan pre-treatment sebelum mencetak agar tinta dapat menempel sempurna pada kain.

Pigment

Tinta pigment dikenal dengan ketahanan bahannya yang tidak mudah luntur serta awet. Namun, biasanya hasil cetakan terlihat kurang menyala karena hanya menempel pada permukaan kain, tidak menyerap Tinta ini seringkali digunakan pada media kan katun dan termasuk tinta yang aman saat terkena sinar matahari dan bahan kimia lainnya.

Baca juga: 5 Jenis Tinta Printing Kain, Sudah Kenal Semuanya?

Apa Saja yang Bisa Dihasilkan Printer Kain?

Setelah mengetahui keunggulan printer kain serta tinta yang bisa Sahabat Laysander gunakan saat mencetak, berikut ada pula contoh beragam produk yang bisa dihasilkan oleh printer kain saat ini, loh:

Produk Fashion

Produk pertama yang pasti bisa diproduksi oleh printer kain ialah produk fashion. Produk fashion yang bisa dihasilkan pun beragam, mulai dari baju, celana, hijab, topi, sepatu, kunciran, scarf, dan banyak lainnya. Dengan motif yang terus berkembang, tentunya tampilan produk fashion saat ini pun tampil dinamis dan tidak monoton.

Produk Rumah Tangga

Sahabat Laysander memiliki karpet atau gorden jendela dengan berbagai motif? Jika iya, itu adalah beberapa contoh yang bisa dihasilkan oleh printer kain, loh. Tidak hanya itu, sarung bantal pun kini semakin menambah nilai estetik karena motifnya yang semakin detail dan cantik karena bantuan printer kain.

Perlengkapan Olahraga

Produk olahraga pun kini tampil tidak kalah menarik seperti produk fashion lainnya. Produk seperti topi, baju, ataupun celana olahraga kini bisa diproduksi secara cepat dengan bantuan printer kain.

Perlengkapan anak

Terakhir, perlengkapan anak pun kini tidak kalah tampil menggemaskan karena beragam motif yang bisa dicetak dengan printer kain. Terlebih, beberapa mesin printer kainpun sudah dilengkapi sertifikasi yang aman bila ingin digunakan untuk membuat berbagai perlengkapan anak.

Nah, kalau Sahabat Laysander masih ingin tahu lebih banyak mengenai apa yang bisa dihasilkan mesin printing kain kalian? Yuk, langsung hubungi kami segera!

Baca juga: Usaha Printing Jersey: Jual 30 Per Hari, Untung 70 Juta Per Bulan!

Reply

× Apa yang bisa dibantu?