Apakah Bisa Cetak Langsung di Bahan Polyester?

Ilustrasi-Artikel-WP-transfer-paper-polyester
Biasanya mencetak ke polyester perlu transfer paper, tapi kalau mau langsung, apa bisa?

Hai, Sahabat Laysander! Kalian sudah #dirumahaja berapa hari, nih? Semoga masih tetap sehat dan semangat, ya!

Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan apa bedanya mencetak di media polyester non-coating secara langsung dan dengan menggunakan transfer paper dalam usaha printing kain. Tapi sebelum kita lanjutkan ke perbedaannya, kalian masih ingat tidak dengan proses “sublimasi” dalam mencetak di bahan kain? Hayoo, apa itu “sublimasi”, ya?

Sublimasi

Mungkin untuk mempermudah pemahaman kalian mengenai sublimasi, siapa di antara sahabat Laysander yang hobi mengumpulkan jersey para pemain bola basket atau sepak bola? Tahukah kalian bahwa jersey beragam warna dan design tersebut bisa diproduksi melalui proses sublimasi?

Apakah Bisa Cetak Langsung di Bahan Polyester? 1
Salah satu contoh produksi sublimasi

Oke, kita lanjut ke penjelasannya yaa. Sublimasi adalah salah satu teknik printing di bahan kain, khususnya bahan polyester, dengan menggunakan metode heat atau dipanaskan. Jadi Anda akan memerlukan printer sublimasi dan mesin heaternya. Proses dari sublimasi ini adalah dengan mencetak gambar yang diinginkan ke transfer paper terlebih dahulu, lalu transfer paper “didempetkan” ke kain polyester, baru kemudian dipanaskan agar gambar tersebut menyatu dengan kain. Nantinya, tinta yang digunakan akan berubah menjadi gas (menyublim), lalu secara permanen menempel di pori-pori kain polyester, dan mengeras. Dengan sublimasi, hasil cetakan akan memiliki daya tahan cuci yang sangat baik, serta warna dan gambar yang terang.

Nah, dengan proses sublimasi yang cukup panjang, dan tentunya memakan cukup waktu, beberapa dari kalian mungkin bertanya-tanya: apakah bisa kita mencetak langsung di bahan polyester non-coating tanpa transfer paper?

Dengan Transfer Paper vs Tanpa Transfer Paper

Apakah memungkinkan jika ingin mencetak langsung di bahan polyester yang tidak di-coating terlebih dahulu? Karena, kalau langsung ke kainnya, bisa sudah ada banyak sih printernya. Tapii, “ribet”nya proses ini perlu kain polyester yang sudah di-coating, tidak bisa pakai yang biasa. Memangnya apa bedanya mencetak dengan transfer paper dan secara langsung?

Baca juga: Cetak Umbul-Umbul Tanpa Minimum Order? Bisa!

Sebenarnya, bisa saja jika memang kalian ingin mencetak langsung ke kain dengan bahan polyester non-coating. Namun, hasil cetaknya tentu tidak sebagus jika menggunakan transfer paper. Mencetak langsung di bahan polyester non-coating akan mengurangi tingkat ketajaman warna dan gambar asli yang diinginkan. Hal ini dikarenakan bahan polyester yang sejatinya mudah terbakar dan menyusut jika terkena panas berlebih. Sehingga tintanya tidak akan meresap ke dalam pori-pori bahan secara sempurna. Jadi, kurang cocok jika langsung dicetak tanpa diberi “lapisan” terlebih dahulu.

Oleh karena itu, dalam mencetak di media kain polyester, kami menyarankan Sahabat Laysander untuk memperhatikan beberapa hal berikut untuk menghasilkan cetakan yang bagus dan berkualitas.

Pertama, tentukan jenis polyester yang akan kalian gunakan sebagai medium cetak. Perlu diingat bahwa polyester non-coating tidak memiliki daya tahan panas yang lebih baik daripada polyester yang sudah dicoating. Sehingga, dengan menentukan jenis polyester yang akan digunakan, Sahabat Laysander bisa dengan mudah juga menentukan teknik mencetaknya. Saat ini ada banyak jenis kain polyester yang beredar di pasaran: satin, velboa, spandex, chiffon, dan banyak lainnya.

Apakah Bisa Cetak Langsung di Bahan Polyester? 2
Bahan Polyester. Photo by Engin Akyurt from Pexels

Baca juga: Nilai Produksi Naik, Lengkapi Printing Kain Dengan Laser Cutting

Kedua, tentukan teknik mencetak yang kalian inginkan. Mencetak dengan menggunakan teknik sublimasi, atau dengan menggunakan transfer paper, tentu saja lebih disarankan karena akan menghasilkan warna yang tajam, gambar yang pas, serta daya tahan cuci sangat baik.

Apakah Bisa Cetak Langsung di Bahan Polyester? 3
Transfer Paper dan Bahan Polyester siap di sublimasi.

Terakhir, jangan lupa untuk memilih dan menggunakan transfer paper yang tepat. Transfer paper adalah salah satu faktor utama dalam menghasilkan sublimasi yang bagus, karena transfer paper menjadi medium antara gambar dan bahan polyester kalian. Dengan transfer paper yang tepat, tinta tidak akan terlalu banyak terserap di transfer paper, sehingga warna dan gambar yang tercetak pun tidak pudar. Sayang toh, kalau sudah menggunakan tinta untuk mencetak blok, eh ternyata tersisa banyak di transfer paper, dan tidak berpindah ke bahan kain sesuai keinginan.

Nah, transfer paper merk apa sih yang berkualitas dan bisa menjamin hasil yang bagus untuk cetakan polyester kalian? Jawabannya adalah Texco Transfer Paper yang tersedia di Laysander! Karena dengan Texco Transfer Paper, kalian tidak perlu takut gambar kalian menjadi pudar saat dicetak. Selain itu, Texco Transfer Paper juga hadir dalam berbagai gramasi dan ukuran untuk memenuhi semua kebutuhan Anda.

Kalau Sahabat Laysander mau bertanya lebih lanjut seputar jenis-jenis percetakan di bahan kain, jangan ragu untuk menghubungi Tim Laysander, ya! Kami bantu kupas tuntas rasa penasaran kalian!

Baca juga: Bisnis Printing Kain Maju, Lima Hal Ini Kuncinya

Reply

× Apa yang bisa dibantu?