Benarkah Cetak Satu Pass Beri Keuntungan Lebih?

Saat pertama kali akan mencetak bahan pada sebuah mesin digital printing, mungkin Sahabat Laysander akan dihadapkan pada istilah satu pass pass atau banyak pass (2, 3, 4, 6, 8 pass). Pada dasarnya, baik satu pass maupun banyak pass bisa diatur langsung dalam satu printer. Namun, bagi yang baru mulai, bisa jadi sedikit bingung memutuskan mana yang perlu dipilih untuk menghasilkan cetakan kualitas terbaik, sekaligus mengejar waktu cepat. Lalu sebenarnya, apakah yang dimaksud dengan satu pass atau banyak pass ini?

Kedua istilah tersebut sebenarnya merujuk kepada proses “sapuan” tinta printer digunakan dan diterapkan. Kenapa kedua hal ini menjadi penting? Karena proses ini akan mempengaruhi kualitas serta waktu, dan tentunya biaya, yang perlu dikeluarkan saat menggunakan printer tersebut. Pertanyaan selanjutnya, manakah yang lebih baik antara satu pass atau banyak pass? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, yuk simak ulasan lengkap mengenai keduanya!

Satu Pass

Baca juga: Cetak Banner Gambarnya Menyusut? Ini Solusinya!

Beberapa Sahabat Laysander mungkin menginginkan teknologi printer yang super cepat karena tuntutan waktu. Waktu adalah hal yang paling penting, dalam bisnis apa pun. Sehingga sebisa mungkin dilakukan secara efektif, termasuk dalam hal mencetak. Satu pass sebenarnya adalah sebuah proses satu kali “sapuan” yang dilakukan oleh printer untuk menghasilkan sebuah cetakan.

Kelebihannya, tentu saja menghemat waktu produksi. Bagaimana tidak? Anda hanya perlu menunggu sebentar karena printer hanya akan melakukan satu kali “sapuan” pada hasil cetak milik Anda. Namun, di sisi lain satu pass ini juga memiliki kelemahan yakni bila dilakukan terlalu sering makan akan menyebabkan print head lebih mudah rusak sehingga diperlukan biaya yang tidak sedikit untuk membeli penggantinya. Kelemahan lainnya yang terdapat dalam satu pass ini adalah adanya resiko gagal cetak pada saat clogging atau printer tersumbat. Hal ini biasanya disebabkan karena adanya serabut media atau bedan lain yang menempel di nozle printhead.

Banyak Pass

Bila satu pass memiliki arti satu kali “sapuan” saat mencetak, maka banyak pass tentu memiliki arti sebuah proses mencetak dengan beberapa kali “sapuan”. Biasa ada beberapa pilihan yang ditawarkan oleh printer masa kini, mulai dari 2, 3, 4, 6, 8, sampai belasan pass sekalipun. Karena banyaknya sapuan itu, maka tentu akan menghasilkan cetakan dengan warna serta gambar lebih tajam dan berkualitas prima. Selain itu, keuntungan dari banyak pass ini ialah dapat lebih menjaga ketahanan mesin dibandingkan dengan proses mencetak dengan satu pass. Nah, jika ketahanan mesin terjaga, pastinya Anda akan lebih hemat karena tidak perlu menyiapkan biaya pergantian mesin printer lagi.

Baca juga: Hasil Print Stiker Ritrama Blur, Harus Bagaimana?

Namun, meskipun memiliki hasil cetak dengan kualitas tinggi dan ketahanan mesin cetak terjaga, banyak pass ini juga memiliki kelemahan yakni lamanya waktu yang dibutuhkan untuk satu kali cetak. Hal ini karena setiap kali sapuan tentu memakan waktu yang lebih dibandingkan dengan satu sapuan saja saat mencetak.

Setelah mengetahui perbedaan dari cetakan satu pass dan banyak pass diatas, tentunya Sahabat Laysander kini lebih memahami kedua proses tersebut yang banyak ditawarkan di pasaran. Selama ini mungkin pemain percetakan yang belum memahami jelas tentang satu pass dan banyak pass, menginginkan proses mencetak yang cepat dengan satu kali pass, namun mendapatkan hasil dengan kualitas tinggi seperti banyak pass. Dengan begitu, muncul anggapan bahwa dengan satu kali pass saja, proses mencetak menjadi cepat sehingga mendatangkan keuntungan yang lebih cepat juga untuk perusahaan percetakan. Padahal sebenarnya anggapan ini keliru lho, Sahabat Laysander.

Meskipun, banyak pass memiliki resiko lamanya waktu yang dibutuhkan untuk sekali melakukan percetakan, namun banyak pass memungkinkan mesin printer menjadi lebih awet dalam jangka waktu yang lebih lama. Begitu pula dengan hasil cetak yang didapatkan. Jika Anda menginginkan kualitas dengan hasil cetak yang maksimal serta memiliki warna yang lebih tajam, maka sebaiknya gunakanlah cara banyak pass untuk mencetak.

Baca juga: Mengapa Banyak Orang Memilih Laysander?

Saran dari kami, lebih baik Sahabat Laysander tidak tergiur “metode” cetak satu kali pass yang menjanjikan kecepatan waktu dalam mencetak namun tidak mempertimbangkan ketahanan mesin dan kualitas hasil cetak yang di dapatkan. Lakukanlah minimal dua kali pass pada saat mencetak. Dengan demikian, hasil cetak yang Anda inginkan dapat memiliki kualitas lebih baik dan tentunya mesin digital printing Anda pun terjaga. Jika sudah demikian, tentu Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya berlebih untuk perbaikan dan pergantian mesin yang rusak bila sering menggunakan satu pass.

Bila Anda masih merasa bingung terkait cara melakukan setting pada mesin digital printing, Anda bisa langsung berkonsultasi dengan Laysander, loh. Tidak hanya itu, kami pun menyediakan berbagai pilihan mesin terbaik untuk Anda. Yuk, segera hubungi Laysander!

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Apa yang bisa dibantu?