Mengenal Teknologi 3D Printing yang Saat Ini Kian Canggih

Laysander 3D printing 7

Sudah pernah dengar teknologi 3D printing sebelumnya?

3D printing sebenarnya adalah pembuatan objek yang dilakukan dengan cara meletakkan material dalam lapisan yang berurutan mengikuti desain dari file digital. Meskipun teknologi printing saat ini juga sudah canggih, tapi 3D printing ini masih akan terus berkembang ke arah yang lebih ekstra lagi dan siap membuat kita takjub.

Baca Juga: Beralih ke Neon Box, Promosi Menarik Yang Bikin Konsumen Tertarik

Sebenarnya, percetakan 3D sendiri sudah dimulai sejak tahun 1980-an ketika Chuck Hull mendesain dan mencetak sebuah cangkir kecil saat ini. Tapi, kini mencetak 3 dimensi bukan hanya digunakan untuk mencetak gelas namun juga berbagai produk luar biasa yang tentunya sangat berguna untuk kehidupan manusia.

Laysander 3D printing 1

Dibalik hasil yang menakjubkan, tentu proses kerja 3D printing ini juga tidak main-main. Mengapa? Karena sebelum mencetak, kita harus mendesain objek secara digital terlebih dahulu. Nah, di tahap ini kita membutuhkan ketelitian yang cukup tinggi karena harus dikerjakan per layer sehingga semuanya bisa sempurna dan hasilnya maksimal. Kita juga harus menyiapkan material yang dibutuhkan, dari mulai plastik, logam, keramik, dan bahan lainnya.

Keuntungan Menggunakan 3D Printing

Waktu Produksi Lebih Cepat dan Efektif

Jika mesin-mesin digital printing saat ini sudah sangat membantu dalam mempercepat waktu produksi, 3D printing ini akan menambah lagi kecepatan produksi kita. Bahkan, untuk membuat satu objek saja, rata-rata hanya memerlukan waktu sekitar 1 menit untuk objek yang mudah atau di atas 1 menit untuk objek yang bentuknya lebih sulit.

Hasil Cetak Lebih Akurat

Sistem kerja mesin 3D printing membutuhkan ketelitian yang tinggi. Seperti prinsip kerja, "Ada Usaha, Pasti Ada Hasil", hal ini juga selaras dengan hasil cetak yang akan didapatkan yaitu lebih akurat. Hasil objek yang dicetak akan memiliki bentuk dan tampilan sama persis dengan yang ada di desain digital.

Laysander 3D printing 2

Bisa Produksi Lebih Banyak dalam Satu Waktu

Jika produksinya saja bisa dilakukan dengan waktu yang singkat, tentu jumlah produksi barang yang dihasilkan pun bisa lebih banyak ya dalam satu waktu. Tentunya hal ini sangat menguntungkan bagi perusahaan yang sudah menerima banyak orderan dalam satu waktu supaya pesanannya cepat selesai.

Produk yang Dihasilkan 3D Printing

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, teknologi ini sudah mulai digunakan untuk membuat berbagai macam benda yang berguna untuk kehidupan kita sehari-hari seperti pakaian, alat musik, properti hingga yang ekstrim adalah membuat bentuk organ tubuh. Yuk, cek penjelasan lengkapnya berikut ini!

Baca Juga: 4 Produk Interior Design Cantik dengan Printing

Laysander 3D printing 5

Industri Pabrik

Semakin canggih, 3D printing saat ini telah banyak digunakan oleh industri pabrik dunia dalam mengembangkan roda mobil balap yang membutuhkan banyak prototype saat uji coba. Dengan 3D printing proses desain berjalan lebih cepat daripada printer tradisional.

Makanan

3D printing juga saat ini banyak digunakan oleh dunia kuliner untuk menciptakan cokelat atau permen dengan bentuk apapun, loh sekalipun bentuknya sangat sulit.

Pakaian

Jika merk Nike sebelumnya sudah mulai menggunakan 3D printing untuk membuat produk sepatunya, kini 3D printing juga sudah mulai membuat gaun cantik yang sulit untuk dibuat dengan mesin printing biasa.

Properti

Beberapat tahun belakangan, 3D printing juga telah berhasil membuat teknologi beton yang memukau. Bahkan, Gedung perkantoran futuristik di Dubai saat ini juga sudah banyak dibantu oleh penggunaan teknologi 3 Dimensi ini.

Alat Musik

Bukan hanya tampilannya yang cantik tapi 3D printing juga berhasil menciptakan alat musik seperti biola, gitar, seruling dengan suara yang merdu. Wah, kedepannya pasti akan lebih banyak lagi ya alat musik yang diciptakan.

Laysander 3D printing 8

Organ Tubuh

Bukan hanya sebagai prototype anggota bagian tubuh, bahkan Sekolah kedokteran di Universitas Northwestern juga telah berhasil mencetak ovarium 3D untuk tikus dan memungkinkan tikus yang tidak subur untuk menghasilkan keturunan yang sehat. Waw!

Cepat atau lambat, 3D Printing akan hadir di tengah-tengah kita. Sebagai sebuah kemajuan di industri digital printing, kita wajib memahami apa saja fungsi dan manfaat yang bisa didapat dari perkembangan di industri digital printing.

Hadirnya teknologi baru pastinya selalu memudahkan kita dalam banyak hal, tidak terkecuali di bisnis printing. Oleh karena itu, Laysander Technology selalu memperbarui teknologi mesin digital printing yang kami punya. Ikuti terus perkembangan teknologi digital printing melalui website dan sosial media Laysander.

Baca Juga: Serba-Serbi Tren Cetak Helm Bogo Kulit yang Semakin Ramai Peminat

Got Billing and Payments Questions?

Email Us for Questions Involving Payments, Billing, and Membership.

Send Email

Kirim Pertanyaan

Apabila anda memiliki pertanyaan seputar bisnis digital printing, silahkan isi form di bawah ini. kami akan kirimkan jawaban via email atau via telp. anda juga bisa menghubungi kami langsung di no kontak (021) 5316 1450.