Cek 4 Hal Ini Kalau Warna Tidak Keluar Saat Cetak!

Cek 4 Hal Ini Kalau Warna Tidak Keluar Saat Cetak!
Tinta mesin digital printing Anda tidak keluar saat hendak mecetak? Cek 4 hal berikut!

Tinta masih ada? Cek.
Mesin masih berfungsi dengan baik? Cek.
Bahan cetak tidak ada yang rusak? Cek.
Seluruh komponen sudah dibersihkan dengan baik? Cek.

Semuanya sudah siap, tapi kok warna malah tidak keluar ya saat proses cetak?

Selama bertahun-tahun menjalankan bisnis digital printing, sepertinya beberapa orang pasti pernah mengalami hal di atas ya. Meskipun dari luar semuanya terlihat sempurna, tak disangka malah ada masalah, yakni warna yang tidak keluar saat bahan mulai dicetak. Jika sudah begini, Anda tidak perlu panik, karena ada beberapa faktor yang dapat menjadi penyebabnya dan bisa Anda cek terlebih dahulu. Apa saja?

Print head tersumbat

Semua yang berkaitan dengan tinta hampir bisa dipastikan ada pengaruhnya dengan print head, termasuk apabila warna tidak keluar saat dicetak. Print head merupakan komponen pada mesin printing yang berfungsi untuk “mengoleskan” tinta pada media cetak, dan biasanya terhubung langsung dengan tinta dan berbagai komponennya. Karena itu, print head bisa jadi merupakan salah satu hal yang menyebabkan tinta tidak keluar. Anda bisa coba mengecek apakah ada sumbatan pada bagian print head, karena bagian ini rentan tersumbat oleh tinta yang mengering.

Cara mengeceknya, “kucurkan” cairan pembersih pada bagian print head dan cek apakah larutan tersebut keluar. Apabila larutan tidak keluar, sebaiknya suntik bagian print head dengan menggunakan larutan pembersih khusus untuk melarutkan sumbatan pada print head. Selain itu, untuk mencegah hal ini, printer harus rutin digunakan dan tetap dijalankan. Kalau mau berhenti produksi selama beberapa waktu, lakukan perawatan yang sesuai agar tinta tidak mengering dan menyumbat print head ya!

Angin pada bagian selang 

Tinta akan mengalir melalui selang sebelum akhirnya dikeluarkan. Nah, Anda juga bisa mengecek bagian satu ini karena berhubungan langsung dengan tinta. Salah satu kemungkinan yang bisa mempengaruhi hasil cetak adalah angin yang terdapat di dalam selang. Pasalnya jika selang berisi angin, maka nanti angin tersebutlah yang akan keluar saat mesin cetak dijalankan, bukan tintanya. Maka dari itu, pastikan selang pada mesin printing Anda tidak berisi angin ya, Sahabat Laysaner!

Cek bagian nozzle, print head, kabel, dan board channel

Baca juga: Mudah, Coba Ini dan Atasi Warna Tinta Tidak Pekat!

Semua bagian yang disebutkan di atas adalah bagian-bagian yang saling berkaitan dalam proses mencetak, terutama berhubungan langsung dengan tinta. Pertama, ketahui apakah nozzle bekerja dengan baik, ini bisa Anda cari tahu dengan cara melakukan nozzle check. Selama proses ini berlangsung, mesin akan mencetak pola tertentu sesuai dengan masing-masing warna primer tinta. Pola ini biasanya berupa goresan garis-garis yang saling menyambung. Pola garis yang terputus pada hasil cetak ini menandakan adanya nozzle yang tidak berfungsi dengan baik.

Apabila ternyata nozzle check menunjukkan pola garis yang terputus, cek apakah warna tinta yang terputus tersebut keluar dengan menggunakan fitur flash jet. Jika warna keluar setelah menggunakan fitur flash jet, kemungkinan besar bagian kabel, print head, atau board channel pada mesin printing Anda ada yang mengalami kerusakan.

Cek kemungkinan korslet

Hal terakhir yang dapat Anda lakukan yaitu mengecek apakah ada korsleting pada bagian head short. Jika short, atau terkendala kelistrikan lainnya, print head bisa jadi tidak berfungsi maksimal atau malah rusak sepenuhnya.

Penyebab tidak keluarnya tinta pada saat proses cetak ternyata bisa disebabkan oleh banyak faktor ya, Sahabat Laysander. Beberapa di antaranya pun dapat Anda cek sendiri dengan melakukan pemeriksaan atau pengetesan. Namun bagaimana jika Anda sudah melakukan semua hal di atas, dan warna masih juga tidak keluar? Jangan khawatir, coba hubungi tim support teknis Laysander di nomor 021-53161450 untuk konsultasi lebih lanjut. Dengan senang hati, kami akan membantu menyelesaikan masalah pada mesin printing Anda!

Baca juga: Mengapa Banyak Orang Memilih Laysander?

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Apa yang bisa dibantu?