Gong Xi Fa Cai! Siap-siap Produksi Dekorasi Imlek Ini untuk Tambah Omzet

Usaha digital printing bisa menjawab kebutuhan dekorasi Imlek
Usaha digital printing bisa menjawab kebutuhan dekorasi Imlek

Tidak terasa, kita sudah dekat pada perayaan pertama di tahun 2021 yaitu Imlek! Perayaan Imlek dikenal juga dengan Tahun Baru China, di mana tahun baru ini dirayakan sesuai penanggalan pada kalender China. Perayaan ini merupakan perayaan yang cukup penting dan memiliki ciri khas budaya dan dekorasi imlek tersendiri loh, beberapa di antaranya yaitu:

  • Tradisi pemberian angpao, yaitu hadiah berupa uang yang biasanya diberikan oleh orang tua kepada generasi yang lebih muda dalam amplop merah
  • Menghias rumah dengan ornamen khas dan dekorasi Imlek, seperti lampion atau tempelan huruf mandarin Fú (福) yang menyimbolkan rezeki atau hoki, atau kata-kata mandarin lainnya yang identik dengan imlek 
  • Hiasan pohon jeruk yang digantungi angpao kecil
  • Berbagi hampers yang berisi jeruk, kue lapis, kue tart, dan lainnya
  • Petasan untuk memeriahkan perayaan malam imlek, seperti layaknya perayaan tahun baru masehi
  • Dan masih banyak lagi

Pada saat-saat menjelang imlek ini lah biasanya sudah banyak pelaku usaha mulai menawarkan produk yang mendukung perayaan imlek, apalagi dari usaha digital printing. Kira-kira apa saja perlengkapan dan dekorasi imlek yang bisa Anda tawarkan kepada pelanggan? Berikut rangkuman yang sudah kami siapkan untuk para Sahabat Laysander!

Dekorasi Imlek yang Dibuat dengan Mesin iECHO

Baca juga: iECHO: Mesin Cutting Packaging Serba Guna & Andal

Mesin cutting iECHO merupakan mesin cutting yang powerful, karena bisa memproses lebih dari 12 bahan yang berbeda! Mulai dari bahan KT board, PP paper, foam board, sticker atau vinyl, reflective materials, cardboard, plastic sheet, corrugated board, grey board, corrugated plastic, ABS board, hingga magnetic sticker. Alat potong pada mesin ini yaitu pisau yang bisa digunakan untuk 3 jenis potongan seperti:

  • Cutting: misalnya untuk memotong sticker kiss cut
  • Half cutting: misalnya untuk memotong sticker contour cut
  • Creasing dan marking: untuk menandakan lipatan pada kardus tebal

Packaging Hampers

Dekorasi Imlek - Chinese New Year Decorations
Packaging hampers perlu dihias agar semakin menarik

Awal tahun ini, kita memang masih merayakan imlek di tengah situasi “new normal”. Karena itu, tahun ini diprediksi tren memberikan hampers akan sangat populer karena banyak keluarga tidak bisa berkunjung secara langsung untuk merayakan imlek. Nah jika sudah bicara soal hampers, tidak lengkap rasanya apabila tidak membahas soal packaging atau kemasan hampers itu sendiri. Ada banyak bahan yang bisa dijadikan pemanis hampers, namun salah satu yang paling populer yaitu boks karena bahannya yang kuat dan praktis.

Dengan mesin cutting iECHO, Anda bisa memotong boks hampers untuk menambahkan variasi hiasan agar tampilannya lebih unik dan cantik. Anda dapat menawarkan produk boks ini kepada para pemilik bisnis hampers atau menjualnya secara eceran langsung kepada pembeli.

Baca juga: Packaging Cantik, Kunci Sukses Bisnis #dirumahaja

Angpao

angpao hublot laser cut
Contoh angpao dengan hiasan lasercut dari merek jam ternama Swiss, Hublot, pada tahun 2018 (Sumber: South China Morning Post)

Bukan imlek namanya apabila tidak disertai dengan tradisi pemberian angpao. Ya, angpao memang menjadi salah satu ciri khas imlek yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Karena itu, bisnis penjualan angpao dapat menjadi opsi karena produknya sudah pasti dibutuhkan oleh orang-orang yang merayakan imlek.

Angpao biasanya terbuat dari bahan kertas berwarna merah atau art paper untuk kesan yang lebih elegan. Untuk membuat angpao, Anda bisa menggunakan mesin iECHO untuk memotong pola angpao atau menambahkan aksen hiasan cutting pada angpao.

Dekorasi Imlek yang Dibuat dengan Mesin Quantum Cutting Laser CO² 

Gong Xi Fa Cai! Siap-siap Produksi Dekorasi Imlek Ini untuk Tambah Omzet 1
Contoh dekorasi imlek berbahan akrilik yang biasa ditempel pada dinding
(Sumber: Wall Sticker Home Deco Malaysia)

Baca juga: Yuk Kenal Lebih Dalam Mesin Cutting Laser dan Produksi Stempel!

Mesin cutting selanjutnya yang bisa digunakan untuk memproduksi dekorasi imlek yaitu mesin Quantum Cutting Laser CO². Mesin ini dapat memotong dengan menggunakan teknologi laser untuk menghasilkan potongan yang lebih halus dan stabil pada berbagai jenis bahan, seperti kayu, kulit, kaca, serta akrilik.

Pajangan Rumah dan Ornamen Kertas untuk Hiasan Pintu & Jendela

Semua bahan yang dapat dipotong dengan mesin Quantum Cutting Laser CO² dapat dikreasikan menjadi pajangan imlek, misalnya tempelan kulkas dan pajangan dinding dengan berbentuk huruf mandarin. Gantungan ini bisa dibuat dengan bahan dasar kayu atau akrilik yang dipotong menggunakan teknologi laser cutting untuk hasil yang lebih rapi. Mesin ini juga cocok digunakan untuk memotong pajangan dengan detail-detail kecil karena teknologi lasernya.

dekorasi imlek kayu
Contoh dekorasi imlek berbahan kayu yang biasa ditempel pada dinding
(Sumber: AsiaOne)

Selain bahan akrilik dan kayu, jangan lupakan juga bahan kertas yang dapat dipotong dan ditempel di bagian pintu serta jendela. Tempelan ini biasanya terdiri dari satu kata, yaitu Fú (福) yang sering menjadi simbol rezeki saat perayaan imlek. 

Siapa sangka, ternyata hari raya Imlek bisa membuka peluang “bisnis musiman” bagi usaha digital printing di setiap tahun karena tradisinya yang unik. Yuk, mari manfaatkan berbagai jenis mesin cutting yang ada di Laysander untuk memenuhi kebutuhan imlek pelanggan Anda!

Baca juga: Tips Promosi Usaha yang Efektif Agar Penjualanmu Meningkat!

Reply

Viril Significado Em Portugues|best food suppressant pills|cbd living gummy rings review
× Apa yang bisa dibantu?