Ide Dekorasi Imlek Tradisional dan Modern yang Menarik Kesejahteraan

fabric imlek

Untuk merayakan Tahun Baru Imlek, masyarakat Tionghoa selalu memasang dekorasi Imlek sekitar satu minggu sebelumnya. Ini termasuk dekorasi tradisional seperti bait Festival Musim Semi dan gambar karakter Fu. Namun, seiring berjalannya waktu, dekorasi modern semakin banyak bermunculan. Meskipun demikian, merah masih menjadi warna dominan di Tahun Baru. Berikut ini adalah 10 dekorasi Imlek yang paling umum, kombinasi antara tradisional dan modern.

5 Dekorasi Imlek Tradisional

Kuplet Festival Musim Semi

couplets

Kuplet Festival Musim Semi, juga disebut kuplet pintu, digunakan untuk ditempelkan di kedua sisi pintu sebagai ungkapan harapan baik Tahun Baru. Mereka selalu ditulis dengan tinta hitam di atas kertas merah, yang cerah dan elegan. Kalimat-kalimat kuplet perlu ditulis dalam bentuk yang simetris dan rapi.

Adapun isinya, kebanyakan orang akan memilih untuk mengungkapkan keberuntungan dan keinginan untuk tahun yang akan datang. Jadi, sangat menarik untuk mengamati bait dari beberapa keluarga dan terkadang bait itu akan mencerminkan ide-ide mereka tentang kebahagiaan. Adat tradisional ini berasal dari Dinasti Song (960 - 1279), tetapi dipopulerkan pada Dinasti Ming (1368 - 1644) hingga sekarang.

Baca Juga: Buat Kartu Ucapan dan Angpao Imlek 2022

Karakter Fu & Lukisan Tahun Baru

inverted fu 1 scaled

Karakter Fu dan lukisan Tahun Baru juga merupakan dekorasi Tahun Baru Imlek yang penting. Karakter Fu dalam bahasa Mandarin berarti 'berkah' dan 'nasib baik', sehingga karakter ini sering muncul di Tahun Baru. Menariknya, orang selalu memilih untuk menempelkannya terbalik di pintu atau jendela karena inversi dalam bahasa Cina yang disebut "dao" memiliki pengucapan yang sama dengan 'datang' dalam bahasa Cina.

Karakter Fu terbalik berarti nasib baik akan datang. Gambar Lukisan Tahun Baru penuh dengan variasi, termasuk tokoh legendaris keberuntungan dan beberapa dewa dari mitologi. Dewa Pintu dan Dewa Kekayaan adalah lukisan yang paling populer karena orang-orang Cina berpikir yang pertama dapat menjaga keamanan rumah dan yang terakhir dapat membantu menghasilkan uang.

Lentera Merah Cina

Lantern

Sebagai kerajinan rakyat tradisional, lentera merah Cina sekarang telah menjadi salah satu simbol budaya Cina dan juga dekorasi yang diperlukan di berbagai festival, terutama di Tahun Baru Cina, Festival Lentera dan Festival Pertengahan Musim Gugur. Lentera merah akan digantung di jalan-jalan, toko-toko, taman, dan rumah-rumah pribadi di seluruh negeri saat Tahun Baru akan datang. Dalam pandangan orang Tionghoa, lentera merah melambangkan reuni keluarga, kemakmuran, kebahagiaan, dan vitalitas. Pada Malam Tahun Baru, lentera merah yang tergantung di depan pintu tidak hanya menerangi malam yang gelap, tetapi juga harapan tahun yang akan datang.

Simpul Cina

chinese knot

Simpul Cina adalah kerajinan dengan sejarah panjang. Pada zaman kuno, simpul digunakan untuk merekam sederhana dan kemudian secara bertahap menjadi aksesoris dan dekorasi. Hingga saat ini banyak digunakan sebagai dekorasi interior dan hadiah untuk teman atau kerabat. Ini juga merupakan salah satu dekorasi Imlek yang paling populer. Simpul Cina umumnya diikat dari satu tali dan beberapa simpul tunggal dapat dikelompokkan menjadi satu yang rumit.

Berbagai bentuk simpul memiliki arti yang berbeda dan namanya selalu berkaitan dengan 'keselamatan' dan 'keberuntungan'. Jadi, orang suka menggunakannya untuk mendekorasi kamar selama Tahun Baru Imlek karena maknanya yang baik dan desainnya yang indah.

Baca Juga: Dekorasi Imlek untuk Dapat Untung di Tahun Macan Air!

Paper Cutting

paper cutting

Dekorasi Imlek tradisional lainnya adalah paper cutting dan merupakan seni rakyat untuk memotong kertas dengan gunting atau pisau pemotong. Paper cutting biasanya ditempel di jendela, pintu atau dinding dan mewakili keinginan baik orang untuk kehidupan masa depan. Desain paper cutting sebagian besar adalah gambar zodiak Tahun Baru dan beberapa karakter keberuntungan 'Fu', 'Lu', 'Shou' dan 'Xi', yang masing-masing berarti keberuntungan, kekayaan, umur panjang, dan kebahagiaan. Selain itu, beberapa tanaman keberuntungan dan cerita legendaris yang menarik juga dapat menjadi bagian dari tema paper cutting Tahun Baru.

5 Dekorasi Imlek Modern

Tanaman Hijau yang Menguntungkan – Bambu Keberuntungan, Pohon Uang dan Pohon Kumquat

kumquat

Tanaman hijau adalah salah satu dekorasi rumah yang harus dibeli untuk Tahun Baru Imlek saat ini dan beberapa tanaman populer telah diberi nama panggilan seperti Bambu Keberuntungan, Pohon Uang dan Pohon Koin. Seperti namanya, ketiga tanaman itu melambangkan kekayaan dan keberuntungan. Juga, pohon kumquat dengan buah-buahan yang kaya berarti keberuntungan dan uang, ini hal yang sangat populer di daerah selatan Cina.

Bunga Indah – Anggrek Kupu-Kupu, Bunga Persik

plum blossom

Bunga-bunga indah bisa menjadi salah satu dekorasi Imlek terbaik dan bunga paling populer di periode ini juga kebanyakan tentang pertanda baik dan keberuntungan. Anggrek kupu-kupu yang mekar dengan anggun tepatnya saat Tahun Baru Imlek menjadi pilihan utama orang untuk mendekorasi ruangan. Bunga persik merah muda memiliki efek mengusir roh jahat dan melambangkan kemakmuran dan romansa.

Pussy willow juga disebut willow perak, tunas yang tumbuh melambangkan peningkatan kekayaan dalam karier. Nama panggilan Cina guzmania conifer memiliki arti "Lucky Strike". Bunga merahnya telah dianggap sebagai pertanda keberuntungan dan juga merupakan tanaman yang baik untuk menambah kemeriahan karena merah adalah warna tema Tahun Baru Imlek.

Dekorasi Kain Merah

Beberapa tahun terakhir, kain merah menjadi semakin umum selama Tahun Baru Imlek. Orang-orang mengubah tirai jendela, tempat tidur, bantal sofa, dan taplak meja menjadi warna merah untuk menciptakan lingkungan yang menyenangkan. Tentunya lebih tepat untuk mengubah warna satu atau dua hal dan mencocokkan dengan dekorasi lain untuk menciptakan semacam suasana rumah tangga yang hangat, harmonis dan gembira.

Mainan Hewan Zodiak

hewan zodiac

Saat Tahun Baru Imlek akan datang, zodiak Tahun Baru juga berubah. Ada 12 tanda zodiak, termasuk Tikus, Kerbau, Harimau, Kelinci, Naga, Ular, Kuda, Domba, Monyet, Ayam, Anjing dan Babi. Itu berdasarkan siklus dua belas tahun dan setiap tahun memiliki tanda binatangnya sendiri. Sekarang, tanda zodiak telah menjadi maskot dan keluarga dengan anak-anak lebih suka membeli beberapa mainan hewan zodiak yang lucu.

Lampu Berwarna

Colored Lights

Lampu warna-warni biasanya digantung di jalan-jalan atau pusat perbelanjaan untuk memperindah suasana festival. Lambat laun menjadi bagian dari dekorasi Imlek bagi masyarakat awam. Lampu-lampu kecil dengan berbagai warna dan bentuk yang berbeda memiliki efek dekorasi yang cukup bagus. Pada Malam Tahun Baru, nyalakan lampu dan nikmati makan malam reuni keluarga dengan keluarga di bawah lampu, yang merupakan salah satu momen paling berkesan dalam setahun.

Itulah beberapa ide dekorasi imlek tradisional ataupun modern yang banyak digunakan karena dipercaya akan menarik kesejahteraan, kesehatan, dan keberuntungan untuk tahun yang akan datang. Buat Sahabat Laysander yang tertarik untuk memasang dekorasi imlek seperti di atas, atau tertarik membuatnya untuk dijual kembali, beberapa dekorasi bisa dikreasikan dengan menggunakan mesin digital printing.

Adapun mesin digital printing ini dapat berupa printer untuk mencetak dekorasi imlek dalam bentuk foto, lukisan, atau grafis lainnya hingga mesin cutting untuk memotong dekorasi imlek sesuai yang diinginkan. Jadi, tunggu apa lagi? Ikut tren dekorasi imlek ini dan siapkan produknya dengan memanfaatkan mesin yang ada ditambah mesin penunjang, seperti mesin cutting yang bisa kamu cek di website Laysander! Jangan lupa konsultasikan dulu yaa dengan tim Laysander melalui WhatsApp!

Baca Juga: Inspirasi Hampers Imlek Paling Favorit di 2022

Alamat

Jalan Pahlawan Seribu
Ruko Golden Boulevard R 21
BSD City - Tangerang
Indonesia

Service Center:

- Bandung   - Lombok   - Surabaya   - Yogyakarta   - Medan   - Jambi

Hubungi Kami

TELP: 021 5316 1450
Whatsapp: 0813 9944 8891

Sosial Media