Hasil Print Stiker Ritrama Blur, Harus Bagaimana?

Hasil Print Stiker Ritrama Blur, Harus Bagaimana? 1
Hasil Print Stiker Ritrama Blur, Harus Bagaimana?

Salah satu bahan stiker yang cukup banyak digunakan sebagai media cetak yaitu stiker vinyl bermerek Ritrama. Merek asal Italia ini terbuat dari plastik, sehingga sangat tahan robek dan tahan air. Ketahanannya ini pun menjadikan stiker vinyl Ritrama dapat digunakan untuk berbagai keperluan printing, mulai dari fungsinya untuk melapisi kendaraan, stiker untuk materi promosi atau iklan, hingga untuk stiker dengan efek timbul atau 3D. Dengan kata lain, stiker vinyl seperti ini memang multifungsi dan dapat menjadi solusi untuk mencetak stiker sesuai kebutuhan, wah!

Tips Mengatasi Hasil Print Stiker Ritrama Blur

Nah, sudah tahu kegunaan dan keunggulan stiker Ritrama kan, Sahabat Laysander? Meskipun menjadi favorit karena bahannya yang berkualitas, mencetak di permukaan stiker vinyl Ritrama juga tidak luput dari berbagai potensi masalah, salah satunya yaitu hasil yang kabur atau blur. Agar dapat menghasilkan cetakan stiker berkualitas di permukaan vinyl Ritrama, yuk simak tips berikut!

Baca juga: Cara Atasi “Ngecap” Roda Pada Cetakan Anda

Tes Mesin Printing dengan Mencetak Stiker Lain

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mengetahui letak masalah saat hasil cetak stiker vinyl blur yaitu dengan mencoba mencetak dengan stiker berbahan atau bermerek lain. Dengan cara ini, Anda dapat mengetahui apakah masalah berasal dari mesin atau pun bahan stiker, sebelum melakukan tindakan lebih lanjut.

Apabila mesin dapat mencetak stiker lain dengan hasil sempurna, maka kemungkinan besar masalah berada pada coating stiker vinyl Anda yang tidak dapat mengikat tinta dengan sempurna, sehingga menghasilkan stiker yang blur.

Gunakan Rear, Bed, and Front Media Heater

Lalu, apa yang harus dilakukan apabila ternyata kemungkinan kendala terdapat pada mesin? Jangan panik dulu, Sahabat Laysander! Anda bisa coba menggunakan rear, bed, dan front heater untuk memaksimalkan hasil cetak.

Ketiga heater tersebut memiliki fungsi yang berbeda, yaitu:

  • Front heater: untuk memanaskan permukaan media cetak sebelum dicetak dengan tinta. Dalam hal ini, front heater dapat membantu membuka pori-pori stiker vinyl agar tinta dapat melekat lebih sempurna.
  • Bed heater: untuk menjaga temperatur permukaan agar tinta melekat lebih baik ke permukaan media cetak. Bed heater juga berguna agar permukaan cetak tidak berkerut saat suhu menurun dari tinggi ke rendah setelah proses percetakan. 
  • Rear heater: untuk membantu proses pengeringan tinta dan untuk mengontrol jumlah tinta yang terpakai.
Lakukan Pengaturan ICC Profile untuk Mengatur Jumlah Tinta yang Keluar

Baca juga: ICC Profile: Kenapa Warna Hasil Cetak Beda?

Setiap perangkat dapat menghasilkan warna terlihat serupa, namun pada ternyata berbeda ketika dicetak. Nah, di sinilah Anda dapat memanfaatkan pengaturan ICC Profile untuk menyamakan warna. ICC Profile merupakan sebuah file data yang berguna untuk mengatur input atau output perangkat berdasarkan International Color Consortium (ICC).

Sebelum mencetak, Anda dapat mengatur monitor dan printer dengan ICC Profiles untuk menyamakan persepsi warna kedua perangkat tersebut, sehingga hasil cetak dapat sangat mirip dengan warna sesungguhnya.

Tips Melekatkan Stiker Ritrama

Setelah hasil sudah optimal, stiker masih perlu ditempel sesuai dengan fungsinya. Bagaimana caranya? 

  1. Bersihkan permukaan yang ingin ditempeli stiker. Pastikan permukaan tidak basah, berdebu, atau berminyak agar lem pada stiker dapat merekat sempurna.
  2. Gunakan lakban untuk menandai area yang harus ditempeli stiker. Lakban ini berguna untuk menjaga agar stiker tidak miring ketika ditempel. Cara lain, Anda bisa juga juga menggunakan penggaris atau menggambar pola dengan pensil apabila stiker yang ingin ditempel berukuran kecil.
  3. Semprotkan cairan sabun pada permukaan agar stiker tidak langsung melekat dan dapat diatur sedemikian rupa sehingga posisinya pas. Komposisi yang digunakan yaitu 95% air dan 5% sabun.
  4. Lekatkan stiker dari bagian tengah, kemudian ratakan ke bagian luar. Hal ini bertujuan untuk memudahkan gelembung udara keluar dari bagian samping stiker, sehingga pemasangan stiker rata dengan sempurna.
  5. Bagaimana jika gelembung udara masih terbentuk dan permukaan stiker tidak rata? Jangan khawatir, Anda dapat menusuk gelembung dengan jarum dan meratakan stiker atau menggunakan hair dryer untuk memanaskan dan meratakan permukaan stiker.

Baca juga: Benarkah Cetak Satu Pass Beri Keuntungan Lebih?

Sudah tahu kan, cara menyiasati hasil printing stiker vinyl yang blur beserta tips melekatkannya? Selamat mencoba dan semoga tips ini berguna ya, Sahabat Laysander! Apabila Anda memiliki pertanyaan atau membutuhkan bantuan lebih lanjut, silakan hubungi tim Laysander di nomor 021-53161450 (Sales & Support). Kami siap membantu Anda dengan senang hari!

Penulis: MJ/ Editor: IG

Reply

× Apa yang bisa dibantu?