Jenis-Jenis Tinta Kain Printer, Mana yang Sesuai dengan Kebutuhanmu?

Tinta Kain untuk Sublimasi

Penggunaan tinta dalam industri digital printing tentu sangat penting ya. Selain menentukan kualitas hasil dari percetakan itu sendiri, penggunaan tinta yang berkualitas juga tentu akan mengundang kepuasan bagi pelanggan. Berhubung printer seringkali digunakan untuk mencetak tulisan dan gambar pada berbagai media cetak termasuk pada kain, maka kali ini kita akan membahas jenis-jenis tinta kain ya, Sahabat Laysander.

Baca Juga: Mudah, Coba Ini dan Atasi Warna Tinta Tidak Pekat!

Tinta Mesin Printing Kain

Harapannya, setelah kalian mengetahui jenis-jenis tinta kain ini, kalian bisa menentukan mana tinta yang sesuai dengan kebutuhan bisnis digital printing yang kalian miliki. Jadi, yuk kita cari tau apa saja sih jenis-jenis tinta kain itu?

Jenis-Jenis Tinta Mesin Printing Kain

Tinta Kain Jenis Dye-Sublimation

Dalam bahasa Indonesia, kita bisa menyebut dan mengenal tinta jenis ini sebagai tinta kain sublimasi. Bisanya tinta jenis ini akan lebih maksimal kalau kita mengaplikasikannya ke bahan polyester nih, Sahabat Laysander. Karena nama jenis kain ini sublimasi, maka proses pencetakannya pun tidak terlepas dari penggunaan transfer paper ya.

Tinta Kain untuk Sublimasi

Lebih lengkapnya, setelah kita menyiapkan jenis gambar atau tulisan yang ingin kita cetak, maka langkah selanjutnya kita perlu mencetaknya ke transfer paper sebagai media perantaranya ya. Pada saat proses inilah tinta sublimasi digunakan. Kemudian, proses pencetakan dilanjutkan dengan proses heat press pada kain.  Proses inilah yang nantinya membuat tinta menyublim dari transfer paper kemudian menempel pada kain. 

Baca Juga: Mengenal Transfer Paper Untuk Printing Kain

Tinta Kain Jenis Disperse

Berbeda dengan tinta lainnya, tinta kain disperse dikenal dengan keunikannya karena tinta ini tidak bisa larut di dalam air. Tinta ini juga memiliki molekul yang lebih kecil loh dibandingkan dengan tinta lainnya. Karena itu bahan yang cocok dengan tinta ini adalah bahan polyester.

Tinta Kain Jenis Disperse

Bukan dengan teknik sublimasi, tinta kain disperse biasanya menggunakan teknik direct printing yang bisa mencetak langsung di bahan. Tapi disarankan, sebelum memulai proses mencetak, bahan sebaiknya di-coating terlebih dahulu ya, supaya tinta bisa terkunci pada media kain yang akan dicetak.

Tinta Kain Jenis Reaktif

Tinta Kain Jenis Reactive

Bukan bahan polyester, tinta kain reaktif biasanya digunakan untuk mecetak di bahan katun bahkan wol, loh Sahabat Laysander. Untuk penggunaannya, biasanya media kain yang akan dicetak melalui proses coating terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan direct printing atau mencetak langsung di bahan kain. Setelah itu, proses pencetakan dilanjutkan dengan proses pemanasan melalui cara steam untuk mengunci tinta reaktif yang ada di bahan kain.

Jenis-Jenis Tinta Kain Printer, Mana yang Sesuai dengan Kebutuhanmu? 1

Tinta Kain Jenis Pigment

Utamanya bahan yang sangat cocok menggunakan tinta kain pigment adalah bahan katun. Tapi, bahan-bahan lainnya juga bisa loh dicetak dengan menggunakan tinta kain ini. Sama seperti tinta lainnya, tinta kain pigment juga membutuhkan panas dari oven atau mesin heat press supaya tintanya dapat menempel dengan sempurna. Salah satu yang menjadikan tinta ini favorit bagi kalangan pemain digital printing adalah karena harganya yang ekonomis. Untuk kualitas hasil cetak, tinta ini juga tidak kalah bagus loh dengan tinta lainnya meskipun harganya lebih murah.

Tinta Kain Jenis Pigment

Tinta Kain Jenis Acid

Tinta acid sangat berbeda dengan tinta lainnya karena tinta ini khusus untuk mencetak di atas bahan kain yang banyak mengandung fiber baik sintesis seperti nylon maupun natural seperti kain sutera. Satu hal yang “spesial” karena peruntukannya berbeda dari keempat tinta sebelumnya. Penggunaannya untuk bahan dengan kandungan fiber tersebut, membuat tinta acid selalu punya peminat sendiri.

Jenis-Jenis Tinta Kain Printer, Mana yang Sesuai dengan Kebutuhanmu? 2

Nah, sekarang Sahabat Laysander sudah tau belum nih tinta apa yang cocok kalian gunakan untuk usaha digital printing kalian? Pastikan kalian memilih sesuai kebutuhan ya. Jika belum tau harus menggunakan tinta apa, jangan ragu untuk menghubungi dan berdiskusi dengan tim Laysander ya! Kami menyediakan layanan konsultasi gratis melalui WhatsApp. Tidak lupa juga kami akan memberikan referensi tinta printer kain terbaik seperti Tinta Sublim dari Hongsam dan tinta ASIA INK lainnya untuk berbagai kebutuhan mesin printer udah digital printing kalian.

Baca Juga: Tinta Asia Ink Ragam Jenis yang Hasilkan Warna Cerah dan Tajam

Reply

|Japan Best Slim Pills|Cbd Oil Real Reviews
× Bisa kami bantu? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday