Kenapa Sih Mesin Cutting Laser Mahal?

Berawal dari mesin cutting laser grafir untuk memotong berlian di tahun 1965, kemudian dikembangkanlah mesin cutting laser engraving pada tahun 1967 oleh Western Electric. Barulah pada tahun 1975, mesin cutting laser CO2 resmi diperkenalkan dan sampai sekarang banyak digunakan untuk bisnis digital printing dan cutting

Jika dilihat dari perkembangannya, teknologi cutting laser saat ini sudah banyak dimanfaatkan untuk berbagai industri. Teknologi ini digunakan untuk memotong pola yang rumit untuk memenuhi beragam kebutuhan, mulai dari pemotongan metal hingga bahan yang dapat diolah dan digunakan sehari-hari, seperti kayu, kaca, hingga bahan kulit dan kain!

Jenis Mesin Cutting Laser

Sekarang, ada 2 jenis mesin yang paling umum digunakan yaitu mesin cutting CO2 dan mesin cutting fiber. Apa saja perbedaannya?

Mesin Cutting Laser CO2

Mesin satu ini disebut dengan CO2 karena tabung yang menghasilkan laser pada mesin menggunakan CO2. Dibandingkan dengan mesin cutting fiber, mesin jenis ini lebih cepat dan efisien untuk memotong media dengan ketebalan 5 mm atau lebih. Mesin CO2 juga dapat menghasilkan potongan yang rapi dan tidak bergerigi.

Baca juga: Kompetitor Terus Upgrade Mesin Baru, Perlu Ikuti?

Di sisi lain, mesin CO2 ternyata menggunakan energi listrik yang lebih banyak jika dibandingkan dengan mesin laser fiber, sehingga Anda perlu bersiap menambah biaya listrik. Mesin laser CO2 ini paling cocok digunakan untuk memotong bahan seperti kayu, kaca, akrilik, dan kulit dengan area potong berukuran bervariasi.

Mesin Cutting Laser Fiber

Sinar laser yang dihasilkan dari mesin jenis ini diperkirakan 200% lebih efisien dibandingkan sinar dari mesin yang lebih “tradisional” seperti mesin cutting laser CO2. Dari segi suku cadang, mesin ini relatif membutuhkan perawatan yang minim karena tidak ada bagian-bagian khusus atau cermin yang berfungsi untuk menghasilkan laser (seperti pada mesin CO2), sehingga mesin dapat beroperasi dengan baik tanpa perawatan ekstra.

Mesin ini juga memiliki keunggulan saat memotong media dengan kecepatan hingga 3 kali lipat untuk memotong garis lurus pada stainless steel dengan ketebalan 1 mm dan 2 kali lipat untuk memotong permukaan media dengan ketebalan 2 mm.

Jika mesin CO2 cocok untuk memotong bahan-bahan yang tergolong ringan, maka sebagai pelengkap, mesin laser fiber sangat cocok digunakan untuk memotong aluminium, tembaga, kuningan, dan bahan metal lainnya.

Mengapa Mesin Cutting Laser Mahal?

Baca juga: Printer Huruf Timbul: Hasilkan Keuntungan Lebih!

Mesin cutting laser Quantum yang dijual di Laysander dibanderol mulai dari Rp 90.000.000. Mengapa harganya bisa mencapai angka demikian? Pertama, dari segi teknologi mesin berbeda dengan mesin cutting sticker yang masih menggunakan pisau. Sesuai dengan namanya, mesin ini dikembangkan secara khusus untuk bisa memancarkan sinar yang intens atau laser untuk memotong permukaan bahan. Laser ini memiliki tingkat ketepatan yang sangat tinggi, sehingga dapat dengan mudah memotong bentuk apa pun, bahkan hingga ke detail kecil pada permukaan.

Ditambah lagi, pancaran sinar laser juga memiliki efek samping yang rendah, sehingga sinar tidak akan banyak mengubah atau memengaruhi material setelah dipotong, karena itulah mesin ini cocok digunakan pada industri medis dan dirgantara, yang tidak menoleransi kesalahan apa pun pada materialnya. Hanya perlu diingat, jangan sekali-sekali mendekatkan anggota tubuh ke dekat laser dari mesin yang sedang beroperasi ya!

Mesin ini juga cukup universal karena bisa memotong banyak material, mulai dari kayu, kaca, plastik, kain, kulit, karet, hingga metal seperti stainless steel, aluminium, dan besi. Dari bahan-bahan tersebut, sudah bisa dibayangkan betapa banyak produk yang bisa dihasilkan dengan bantuan mesin cutting laser, misalnya saja motif pada kain yang akan dijadikan pakaian, gantungan kunci, souvenir, pajangan, serta spare part untuk kendaraan bermotor, pagar, hingga bahan konstruksi atau peralatan medis.

Laysander menyediakan dua jenis mesin laser untuk Anda, yaitu Mesin Laser Cutting Quantum dan Quantum MN (Metal & Non Metal). Setiap pembelian mesin laser ini, Anda dapat menikmati layanan purna jual dan support teknis dari tim kami serta layanan service center yang terdapat di 8 kota besar, sehingga Anda tidak perlu khawatir apabila membutuhkan bantuan dalam hal perawatan dan servis mesin!

Segera hubungi tim Laysander di nomor 021-5316 1450 untuk pertanyaan dan konsultasi lebih lanjut. Tim kami siap memberikan solusi terbaik untuk keperluan bisnis Anda!

Baca juga: Mengapa Banyak Orang Memilih Laysander?

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Apa yang bisa dibantu?