Punya Banyak Keunggulan, Yuk Kupas Tuntas Printer Cotton Polyester Texco Optima

Kupas Tuntas Printer Tepung Texco Optima
Yuk cari tahu lebih banyak tentang printer Printer cotton polyester, Texco Optima!

Sahabat Laysander, sudah tahu mengenai printer cotton polyester? Mungkin sebagian ada yang sudah mengetahui tapi dengan nama printer tepung. Tapi yang pasti, bukan berarti printer ini digunakan untuk membuat kue, lho, Sahabat Laysander! Printer tepung kini menjadi pendatang baru di dalam industri tekstile. Bahkan, printer jenis ini digadang-gadang menjadi solusi baru untuk usaha printing kain.

Lalu, kira-kira apa, ya, yang membuat printer cotton polyester ini banyak digunakan oleh para pelaku bisnis printing kain? Nah, dalam artikel ini, kita akan mengupas tuntas kelebihan yang dimiliki printer cotton polyester ini. Yuk, simak ulasannya!

Baca juga: 3 Opsi Cetak Jersey: Polyflex vs Sublim vs Cotton Polyester

Printer cotton polyester ini dikenal juga dengan nama printer tepung atau powder. Alasannya, karena mesin ini menggunakan lem berbentuk bubuk seperti tepung, yang akan meleleh dan melekatkan cetakan jika dipanaskan.

Berbeda dengan printer sublim yang hanya akan maksimal pengerjaannya bila menggunakan media kain polyester, printer cotton polyester cenderung lebih fleksibel. Printer ini mampu mencetak di bahan apapun baik katun, polyester, TC, jeans, sampai dengan kanvas.

Sebeumnya kita mengetahu, bahwa untuk jenis kain tertentu dibutuhkan printer yang berbeda-beda agar hasilnya lebih maksimal. Namun, hal ini tidak berlaku untuk printer cotton polyester karena bisa mencetak dengan hasil yang maksimal pada semua bahan kecuali sutera.

Selain kualitas hasil yang maksimal pada media kain apa pun, printer cotton polyester juga bisa mencetak ke dalam bentuk apapun nih, Sahabat Laysander. Beberapa produk yang bisa dibuat dengan mesin printer ini ialah kain roll, topi, tas, baju berbagai model, sampai celana. Wah, benar-benar all in one ya, Sahabat Laysander?

Pada proses mencetaknya, printer cotton polyester ini juga hanya membutuhkan tahapan yang sederhana. Dimulai dari mencetak desain ke PET film terlebih dahulu, kemudian hasil cetaknya dipanaskan bersama bahan cetak yang diinginkan. Proses pemanasan ini sangat penting, jadi selalu usahakan untuk menyesuaikan pemanas yang digunakan dengan produk yang igin dihasilkan, ya.

Baca juga: Printer Cotton Polyester vs Printer Direct to Garment (DTG): Mana Lebih Unggul?

Sebagai contoh, bila kalian ingin mencetak roll kain, kalian bisa menggunakan heater roll sebagai pemanasnya. Namun, bila ingin membuat produk jadi, disarankan menggunakan pemanas dengan jenis hand press, ya. Untuk lebar cetak maksimal, printer cotton polyester ini mampu mencetak sampai ukuran 60 cm. Meski begitu, namun printer cotton polyester ini tetap mampu menghasilkan beragam produk yang sudah disebutkan di atas tadi!

Laysander menyediakan printer cotton polyester nggak nih?

Sedia dong, si printer Texco Optima! Harga mesin ini berkisar di angka 170 juta, sudah mendapatkan printer dan mesin cotton polyester-nya. Harganya jelas jauh lebih terjangkau dibanding teknologi lainnya toh? Iya, ia setengah harga dibanding paket printer sublimasi, dan hanya 10% dari paket printer katun! Tapi, perlu diingat bahwa harga supplies, alias PET Film dan tinta pigment yang digunakan terbilang lebih tinggi. Namun, meski begitu, harga tersebut tentu setara dengan kualitas dan variasi hasil cetak yang diberikan.

Texco Optima si printer tepung dari Laysander
Texco Optima si printer cotton polyester dari Laysander

Mesin Texco Optima ini sangat mudah digunakan oleh pemula. Selain proses mencetaknya yang sederhana tanpa melibatkan mesin cutting, printer ini juga tidak memakan tempat yang banyak karena ukurannya yang tidak terlalu besar. Printer ini juga dilengkapi dengan sistem bubuk lem dengan kerekatan optimal, dan bisa dengan mudah diganti karena memiliki glue station sendiri. Dengan demikian, hasil desain pun lebih menempel dan awet pada media kain yang digunakan.

Kelebihan lainnya yang dimiliki printer ini ialah hemat energi. Tentu dari sisi keuangan, Sahabat Laysander lebih hemat dalam penggunaan listik. Printer ini juga cenderung lebih stabil meski digunakan untuk mencetak berkali-kali. Didukung teknologi EPSON i3200, printer ini juga bekerja dengan menggunakan sistem sensor pada saat mencetak dan tidak ada minimal order pengerjaan. Hal ini tentunya sangat cocok bagi para pelaku bisnis pemula dalam bidang digital printing kain.

Kecepatan cetak mesin texco optima ini juga terbilang sangat baik. Jika menggunakan 6 pass, mesin akan bekerja 9 m2/jam. Sedangkan jika menggunakan 8 pass, mesin akan bekerja 6 m2/jam. Terakhir, tinta yang digunakan mesin printer Texco Optima ini adalah Hongsam CMYK dan menggunakan software Photoprint.

Baca juga: Peluang Bisnis Baju Bayi dengan Printer Cotton Polyester Texco Optima

Reply

× Apa yang bisa dibantu?