Lawan COVID-19, Tolong Dengan Printing Kain!

Ilustrasi-Artikel-WP-printing-kain-lawan-covid
Usaha printing kain Anda ternyata bisa membantu lawan COVID-19 loh! Bagaimana caranya?

Hai Sahabat Laysander! Mewabahnya virus COVID-19 yang mulai memasuki Indonesia pada pertengahan Februari lalu, kini kian menjadi ancaman serius bagi kesehatan masyarakat ya. Virus ini menyebar sedemikian cepatnya dan menjangkit banyak orang dengan, atau tanpa gejala sama sekali. Data terakhir menyebutkan bahwa kasus COVID-19 ini sudah menembus angka yang tidak sedikit. Ini secara tak langsung pun buat kita takut dan panik nih, terlebih dengan berbagai berita simpang siur yang ada.

Melihat hal ini, pemerintah pun kini telah menetapkan langkah untuk menekan penyebaran virus COVID-19 yakni dengan menyerukan aksi social distancing, alias jaga jarak, berskala besar. Tidak hanya sekolah dari rumah, beberapa perusahaan juga telah menetapkan untuk bekerja dari rumah, demi terselenggaranya aksi jaga jarak yang lebih efektif.

Baca juga: Kain dan Kaos Bisa Dicetak Ekslusif, Caranya?

Nah, karena banyaknya jumlah kasus yang diakibatkan virus COVID-19 ini, maka terjadi juga kekhawatiran serta kepanikan masyarakat yang besar dalam menghadapi pandemi virus ini. Akibatnya, kini masyarakat juga mengalami panic buying ditengah wabah virus COVID-19 yang melanda. Panic buying sendiri sebenarnya adalah wujud keinginan masyarakat atau seseorang dalam melawan rasa ketakutan akan suatu peristiwa, dengan cara membeli atau memenuhi kebutuhan hidupnya secara berlebihan. Jika Anda berkunjung ke pasar swalayan saat ini tentunya akan terlihat antrean yang sangat panjang serta banyaknya kebutuhan pokok yang habis karena tingginya kekhawatiran masyarakat dalam menghadapi virus COVID-19 ini.

Akhirnya, berbagai kebutuhan pun kini menjadi langka, terutama hand sanitizer dan terlebih masker. Kebutuhan masker yang melonjak tinggi, sayangnya belum bisa dibarengi dengan stock masker yang memadai. Sehingga beberapa oknum yang tidak bertanggung jawabpun memanfaatkan situasi ini dengan cara menimbun dan menjualnya dengan harga yang tinggi. Kini, dapat Anda bayangkan bagaimana masyarakat sangat sulit mendapatkan masker di tengah wabah virus COVID-19 yang melanda saat ini.

Selanjutnya di sisi lain, masalah yang juga muncul ditengah pandemi virus COVID-19 ini adalah dampak penurunan ekonomi yang cukup besar berbagai sektor di Indonesia. Baik bisnis pada perusahaan kecil maupun besar tentunya mendapat dampak yang sama, yakni adanya penurunan permintaan dari pasar. Hal ini pun berlaku tidak terkecuali pada bisnis digital printing. Minimnya order yang masuk dari masyarakat tentunya bisa mengancam keberlangsungan perusahaan digital printing yang beroperasi.

Lantas bila melihat kedua permasalahan besar diatas, apa yang bisa Anda lakukan sebagai penggiat bisnis digital printing, terutama printing kain di tengah pandemi virus COVID-19 ini?

Sebagai penggiat bisnis digital printing, Anda sebenarnya memiliki cara untuk ikut berpartisipasi dalam mengatasi kedua masalah diatas. Bila Anda memiliki mesin printing kain, atau memiliki kain lebih dari hasil pola, maka kain tersebut bisa Anda manfaatkannya menjadi masker kain yang berfungsi sebagai pelindung tersebarnya virus ketika orang-orang sakit.

Baca juga: Estimasi Modal dan Untung Bisnis Digital Printing

Meningkatnya kebutuhan masker sekali pakai telah menyebabkan masker tersebut langka di pasaran. Karena itu, kini masyarakat mulai beralih menggunakan masker kain sebagai alternatif pencegahan virus COVID-19. Memang, kemampuan melindunginya tidak 100% seperti masker satu kali pakai. Tapi, masker kain sebenarnya memiliki kelebihan dibandingkan masker sekali pakai, yaitu bisa digunakan berulang kali dengan syarat harus rajin dibersihkan serta dicuci.

Melihat kondisi tersebut, maka tidak ada salahnya bila kita menolong sesama dengan memanfaatkan kain dari hasil pola printing kain yang kita miliki. Apalagi ditengah kelangkaan masker saat ini, tentu hal ini akan jauh lebih bermanfaat dan menjadi solusi atas permasalahan tersebut.

Selain itu, secara tidak langsung, Anda pun bisa menolong para penjahit yang membutuhkan pekerjaan untuk turut serta memproduksi masker kain dalam jumlah yang banyak sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Dengan demikian, meskipun adanya imbas penurunan ekonomi pada bisnis digital printing secara nasional, namun bisnis Anda tetap dapat berjalan dengan cara membantu sesama ditengah pandemi virus COVID-19 yang kini tengah melanda Indonesia. Mari kita lawan virus COVID-19 bersama, dengan saling tolong menolong dari hal-hal sederhana yang kita miliki.

Baca juga: Cetak Umbul-Umbul Tanpa Minimum Order? Bisa!

Nah, bila Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai produksi masker kain atau mengenai mesin printing, jangan ragu untuk menghubungi langsung tim Laysander, ya. Yuk, segera hubungi kami!

Penulis: DAW/ Editor: IG

Reply

× Apa yang bisa dibantu?