Bisnis Printing Kain Maju, Lima Hal Ini Kuncinya

Menjalankan sebuah bisnis tentunya tidak semudah membalikkan telapak tangan ya, Sahabat Laysander. Mungkin akan dihadapkan pada naik dan turunnya bisnis tersebut karena berbagai kondisi yang ada, baik internal maupun eksternal di lapangan. Pengetahuan yang mendalam mengenai bisnis yang akan dijalankan adalah salah satu modal utama yang perlu dipersiapkan secara matang. Karena kalau tidak, maka bisnis yang akan Anda jalankan dapat tersendat di tengah jalan atau bahkan harus berhenti.

Saat ini, salah satu potensi bisnis yang menjanjikan ialah dunia digital printing. Mengapa? Karena saat ini kita tentu dituntut untuk bergerak lebih cepat dan efisien. Banyak hal yang kini bisa kita lakukan secara digital termasuk melakukan printing untuk kebutuhan sehari-hari. Untuk itu, kini tersedia juga berbagai jenis bisnis digital printing dengan menggunakan media yang berbeda tergantung dari kebutuhan pasar. Salah satu bisnis digital printing yang kini banyak dilirik ialah usaha printing kain, yang menghasilkan produk kain sebagai hasil jadinya.

Baca juga: Nilai Produksi Naik, Lengkapi Printing Kain Dengan Laser Cutting

Tren penjualan yang muncul seperti baju atau hijab print dengan motif yang beragam, sampai berbagai produk kreatif lainnya, juga ikut mendorong menjamurnya para pengusaha printing kain saat ini. Maka, setelah ini pasti akan muncul pertanyaan di benak Sahabat Laysander, “Bagaimana menjalankan bisnis printing kain di tengah persaingan yang ketat tersebut?

Sebenarnya terdapat lima hal utama yang perlu Sahabat Laysander kuasai saat memutuskan akan membuka atau sedang menjalankan bisnis printing kain ini. Berikut, kami akan menjelaskan secara mendetail mengenai lima teknik yang dimaksud :

Mencari Tahu Segmen dan Kebutuhan Market

Kedua hal ini sangatlah penting di dalam sebuah bisnis, dan sebaiknya kalian pikirkan bahkan sebelum bisnis dimulai. Sahabat Laysander perlu memahami siapa yang nantinya menjadi target dari produk yang Anda pasarkan. Jika target tersebut tidak sesuai, maka tujuan yang ingin dicapai pun, yakni membuat printing kainmu maju, menjadi tidak terpenuhi. Ibaratnya, seorang dokter tentu perlu memahami siapa yang menjadi pasiennya, dan keluhan apa yang dia alami, agar dapat menentukan jenis obat serta dosis yang bisa diberikan kepada pasiennya itu. Jika salah, tentunya obat tersebut tidak akan dapat bekerja atau pun memberikan efek yang baik bagi pasien.

Untuk itu, ada baiknya kenali target konsumen yang ingin dicapai, lalu lakukanlah survey market. Mengapa? Survey market dapat menjadi alat untuk mengetahui potensi printing kain yang  Sahabat Laysander jalankan dapat menjadi solusi atau tidak bagi kebutuhan pasar berdasarkan kondisi persaingan bisnis sejenis yang ada di lapangan saat itu. Jangan sampai mencoba buat berbagai produk tapi tidak bisa menjadi solusi bagi pasar yang diincar ya.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Kegagalan Bisnis Digital Printing

Memiliki Printer yang Sesuai Modal dan Target

Point nomor dua ini masih terkait dengan point nomor satu ya. Bila Anda sudah memahami siapa yang menjadi target pemasaran Anda, maka hal ini juga akan mempengaruhi kualitas mesin printing kain yang Anda miliki. Contohnya, jika target pemasaran dari produk printing kain Anda adalah butik maka Anda perlu sedikit menguras kocek modal untuk membeli printer yang mahal. Namun, bila target pemasaran produk printing kain Anda adalah konveksi Pasar Tanah Abang, maka tentu tidak perlu membeli printer yang mahal namun harus dengan kualitas yang baik untuk mencetak banyak. Ini penting untuk diperhatikan, agar investasi yang kalian keluarkan bisa memberikan hasil maksimal.

Terus Belajar dan Evaluasi

Bila Printing kain Anda mengalami perkembangan yang cukup baik di dua-tiga bulan pertama, maka jangan cepat puas. Karena bisnis adalah sesuatu yang dinamis, terus bergerak dan akan terus bertumbuh. Bisa saja hari ini kita menciptakan produk A yang berbeda dari printing kain yang lain, namun di hari selanjutnya ada yang menciptakan produk yang lebih baik dari apa yang kita ciptakan.

Untuk itu, teruslah belajar secara lebih mendalam mengenai printing kain ini. Anda dapat mengeksplor berbagai bahan atau produk yang bisa dihasilkan oleh printer yang Anda miliki. Sebagai contoh, bila selama ini media kain sering digunakan untuk pakaian atau kerudung, namun sekarang cobalah dibuat menjadi bantal, selimut, atau bahkan boneka yang tentunya berbeda dari yang lain. Setelah itu, lakukanlah evaluasi terhadap pemasaran produk yang Anda lakukan untuk melihat sejauh apa produk Anda diminati oleh pasar. Dengan demikian, Anda akan dapat mengikuti laju bisnis yang dinamis tadi

Manajemen yang Baik

Baca juga: 7 Kunci Tingkatkan Produktivitas Tim Saat Pandemi

Perlu dipahami faktor eksternal seperti persaingan harga ataupun relasi yang bisa menerma cetakan tanpa mesin itu penting. Namun, di sisi lain hal yang tidak kalah penting ialah faktor internal, yakni manajemen yang baik. Hal ini karena, bila manajemen bisnis printing kainmu baik, maka pola kerja, keuangan, hubungan dengan mitra, serta yang lainnya pun akan turut baik. Sebaliknya, bila dari faktor intenal sudah berjalan tidak baik, maka hasilnya juga akan sulit untuk menjalankan printing kainmu dengan baik.

Promosi

Terakhir, lakukanlah promosi untuk memperkenalkan bisnis printing kainmu pada khalayak. Karena sebagus apa pun produk yang kamu hasilkan, jika tidak ada yang tahu, tentu tidak akan menghasilkan apa pun. Kemajuan teknologi yang ada saat ini tentu makin mempermudah kita dalam mempromosikan bisnis yang kita miliki. Gunakanlah fitur-fitur terkini yang disediakan oleh berbagai aplikasi masa kini seperti Instagram, Facebook, sampai berbagai platform marketplace. Selain dapat menjangkau masa yang lebih banyak, biaya promosinya pun jauh lebih terjangkau. Agar lebih menarik, di dalam promosi itu Anda juga dapat menawarkan diskon atau teknik pemasaran lainnya yang dapat meningkatlan minat khalayak untuk menggunakan jasa printing kain Anda.

Itulah lima teknik mudah yang dapat Sahabat Laysander terapkan pada saat ingin membuka atau sedang menjalankan bisnis printing kain yang Anda miliki. Selain dpat mendorong printing kain Anda lebih maju, kelima teknik ini juga dapat membuat Anda lebih siap dalam menghadapi persaingan pasar yang ada. Karena, sejatinya semua pebisnis tentu mengharapkan bisnisnya terus berkembang dan maju.

Nah, bila Sahabat Laysander ingin mendiskusikan kelima teknik tersebut secara lebih mendalam, atau baru ingin membuka usaha printing kain, maka Sahabat Laysander dapat langsung konsultasikan kepada kami ya! Tenang, ini semua tanpa dipungut biaya, alias GRATIS!  

Baca juga: Apakah Bisa Cetak Langsung di Bahan Polyester?

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Apa yang bisa dibantu?