Souvenir hingga Packaging, Ini 3 Mesin Cetak Botol yang Praktis!

Mesin Cetak Botol
Berbagai opsi mesin cetak botol untuk wujudkan design impian

Digital printing tidak terbatas pada percetakan kertas atau tekstil saja, melainkan juga merambah ke berbagai media lain seperti botol. Botol pun memiliki banyak fungsi dan kegunaan, mulai dari botol sebagai kemasan minuman, hingga botol untuk souvenir berbagai acara. Permukaan silinder dari botol dapat dicetak dengan praktis menggunakan beragam mesin cetak botol. Tiga di antaranya, bisa dengan mencetak desain secara langsung dengan printer UV, printer sublim, atau ditempel sticker yang dicetak dengan printer eco solvent. Yuk, kita bahas keunggulan dan proses cetak dari masing-masing mesin cetak botol ini!

Printer UV: Flatbed Mini Cube Series

mesin cetak botol
Salah satu tipe printer UV Flatbed Cube Series, yaitu Cube 6090 yang dapat digunakan untuk mencetak desain ke permukaan botol

Baca juga: Printer UV Lebih Unggul Dari Solvent, Masa Sih?

Anda mungkin pernah bertanya-tanya apakah ada mesin cetak botol yang bisa langsung digunakan ke permukaan botol tanpa perlu menggunakan media transfer. Jawabannya sudah jelas ada, yaitu dengan menggunakan Mesin Printer UV Flatbed Mini Cube Series. Printer ini dapat mencetak tidak hanya di permukaan mendatar, namun juga permukaan berbentuk silinder seperti botol, sehingga tentu akan lebih praktis dan mengurangi durasi produksi. Jadi, design yang sudah ada, bisa langsung Anda masukkan ke daalam program, dan dicetak ke botol.

Printer ini juga sangat cocok untuk Anda yang berminat mendalami bisnis cetak souvenir, karena variasi produk yang dapat dihasilkan. Selain itu, bisnis souvenir pun sekarang sudah banyak yang bersifat custom, seperti desain custom berupa inisial atau pun gambar. Sehingga, akan membutuhkan jasa digital printing dengan mesin yang mumpuni. Beberapa bahan yang bisa dicetak menggunakan mesin ini yaitu keramik, kayu, kulit, PVC, kaca, akrilik, dan tentu saja botol minum! 

Dari segi spesifikasi, Mesin Printer UV Flatbed Mini Cube Series menggunakan tinta UV yang terkenal dengan cetakan yang awet. Sehingga, akan menghasilkan cetakan yang optimal dengan warna dan kualitas yang optimal. Kelebihan lain dari mesin ini adalah print head yang dibuat optimal agar tidak mudah menabrak, nozzle yang terlindungi, dan filter untuk mencegah penyumbatan head saat mesin digunakan.

Printer Sublim + Heat Press: Epson SureColor SC-F530

mesin cetak botol epson
Printer Epson SC-F530 yang dapat digunakan untuk mencetak ke botol

Baca juga: Epson SureColor SC-F530: Mulai Bisnis Digital Printing dengan Modal Terbatas!

Printer sublim biasanya dikenal sebagai printer yang digunakan hanya untuk mencetak tekstil, terutama bahan katun, namun tidak dengan Epson SureColor SC-F530! Printer Epson ini layak  mendapatkan julukan “kecil-kecil cabe rawit” karena kemampuannya untuk menghasilkan cetakan yang bisa digunakan di berbagai media. Mulai dari tekstil, casing handphone, sampai media yang permukaannya bulat seperti mug dan botol!

Printer seharga kurang dari 50 juta ini merupakan printer sublim, yang berarti akan memerlukan 2 proses dalam mencetak. Pertama, proses printing untuk mencetak desain ke transfer paper. Lalu kedua, proses heating untuk memindahkan desain ke permukaan media dengan menggunakan heat press. Keunggulan dari printer ini sudah jelas terletak pada harganya yang ekonomis serta ukurannya yang terbilang “hemat tempat”. Karena, panjangnya hanya 97 cm dan lebar 80 cm, dan area mencetak sepanjang 60an cm. Selain itu, printer ini menggunakan tinta sublim Epson yang jelas tidak perlu dipertanyakan kualitasnya, dan juga menggunakan transfer paper yang juga memiliki harga terjangkau.

Printer Eco Dex + Cutting untuk Menghasilkan Sticker

mesin cetak botol mesin eco dex
Mesin Eco Des dapat digunakan untuk mencetak sticker yang ditempelkan ke permukaan botol

Baca juga: 4 Produk Interior Design Cantik dengan Printing

Dengan 2 mesin sebelumnya, Anda dapat mencetak desain ke permukaan botol untuk menghasilkan cetakan yang menyatu dengan botol. Namun alternatif lain yang juga bisa dicoba untuk menambah variasi desain ke permukaan botol, yaitu dengan menempelkan sticker. Cara menempelkan sticker ini cocok digunakan untuk botol kemasan maupun botol souvenir untuk menambah variasi desain atau pun menempelkan merek dari brand.

Apabila Anda ingin menggunakan sticker, tentunya yang perlu Anda cetak bukanlah botol, melainkan stickernya. Karena itu Anda akan memerlukan printer Eco Dex untuk mencetak sticker berkualitas dan mesin cutting sticker untuk memotong sticker ke bentuk yang diinginkan.

Printer Eco Dex merupakan printer eco solvent yang menggunakan print head XP600. Print head ini memiliki 6 channel tinta dan mampu mencetak dengan resolusi 2880 dpi, dua kali lebih besar dibandingkan print head DX5.

Tak disangka ya Sahabat Laysander, mencetak produk yang unik seperti botol saja ada banyak solusinya. Tentunya dengan berbagai pilihan mesin cetak botol yang ada, Anda bisa menyesuaikan mana solusi yang sesuai kebutuhan. Temukan lebih banyak inspirasi produk yang bisa dihasilkan serta rekomendasi pilihan mesin digital printing yang bisa digunakan, hanya di Laysander!

Baca juga: Tips Promosi Usaha yang Efektif Agar Penjualanmu Meningkat!

Reply

× Apa yang bisa dibantu?