Yuk Kenal Lebih Dalam Mesin Cutting Laser dan Produksi Stempel!

Produksi stempel dengan mesin cutting laser
Mesin cutting laser hasilkan berbagai produk termasuk stempel

Berbicara mengenai industri kreatif, biasanya tidak dapat terlepas dari proses mendesain, mencetak, hingga proses cutting, ya, Sahabat Laysander. Jika sebelumnya kita sering kali membahas mengenai metode serta tipe-tipe printer yang dapat digunakan untuk mencetak berbagai kebutuhan, kali ini pembahasan kita sedikit berbeda, yaitu mesin cutting laser! Selain mesin cutting lasernya, kita juga akan mencari tahu apa saja kegunaannya, yang ternyata bisa untuk produksi stempel lho!

Pada zaman yang sudah serba canggih ini, melakukan cutting pada hasil cetak yang kita inginkan tentu tidak perlu melalui proses yang dilakukan secara manual. Ada banyak pilihan serta tipe mesin laser cutting yang saat ini beredar di pasaran. Untuk menemukan mesin laser cutting yang terbaik, tentu hal pertama yang perlu Sahabat Laysander lakukan adalah menyesuaikan dengan kebutuhan hasil cetak yang diinginkan ya!

Baca juga: iECHO: Mesin Cutting Packaging Serba Guna & Andal

Secara umum, mesin laser cutting memiliki beberapa kemampuan seperti menggores (marking), gravir (engraving), dan melubangi (perforating / punching / cutting) yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing industri. Pada kemampuan menggores, nantinya sinar laser yang terdapat pada mesin cutting akan “merusak” bagian permukaan material yang digunakan sehingga akan meningglkan tanda berupa goresan.

Kemudian pada kemampuan gravir, sinar laser akan menggores permukaan material dengan kedalaman tertentu sehingga terbentuklah ukiran yang sesuai dengan desain yang kalian kehendaki. Terakhir untuk kemampuan melubangi, sinar laser akan langsung melubangi material dengan bentuk yang diinginkan.

Untuk tipe dari mesin laser cutting sediri terbagi menjadi dua, yaitu untuk bahan metal dan non metal. Tidak perlu khawatir, karena Laysander menyediakan keduanya, yaitu Quantum dan Quantum MN. Mesin laser cutting Quantum dan Quantum MN termasuk ke dalam jenis mesin laser cutting CO2. Mesin ini dapat digunakan untuk melakukan proses pemotongan dan juga gravir. 

Material aplikasi non metal yang dapat diaplikasikan terhadap kedua mesin ini ialah kayu, kaca, akrilik, hingga kulit. Meskipun fungsinya nampak hampir sama, namun baik mesin laser cutting Quantum dan Qantum MN memiliki spesifikasi mesin yang berbeda, loh, Sahabat Laysander.

Mesin Quantum

Mesin Cutting Laser Laysander untuk produksi stempel
Mesin Cutting Laser Quantum

Mesin Quantum di desain dengan mekanisme sistem yang lebih stabil dan halus, sehingga hasil potongan tidak bergerigi. Mesin laser cutting Quantum memiliki area pemotongan 1,3 m x 0,9 m dan memiliki kecepatan pengerjaan 0-24 mm per menit. Mesin ini sangat cocok untuk mencetak berbagai keperluan merchandise seperti gantungan kunci dan dapat digunakan sebagai pelengkap mesin flatbed.

Mesin Quantum MN

Mesin Cutting Laser Quantum MN
Mesin Cutting Laser Quantum MN

Sedangkan Quantum MN, memiliki beberapa fitur unggulan yang membuat mesin ini tidak kalah istimewa. Pertama, mesin ini dilengkapi dengan Linear Guide sehingga kecepatan yang stabil dan pemotongan yang presisi bisa Sahabat laysander dapatkan. Kemudian, mesin ini juga menggunakan servo motor Panasonic yang memiliki efisiensi tinggi serta panjang umur. Mesin Quantum MN juga dilengkapi dengan kemampuan autofokus, sehingga tingkat akurasi pemotongan tidak perlu diragukan lagi. Terakhir, mesin laser cutting Quantum MN ini dilengkapi tube laser beam combination 300W, sehingga daya outputnya tinggi dan titiknya pun stabil.

Nah, itu tadi spesifikasi detail dari mesin laser cutting Quantum dan Quantum MN. Manakah yang lebih sesuai dengan kebutuhanmu?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, mesin cutting laser dapat menciptakan berbagai macam produksi khususnya untuk keperluan. Mulai dari merchandise, sampai masker scuba! Misalnya saja plakat penghargaan, gantungan kunci, papan kayu dengan beragam design, souvenir, dan masih banyak lagi!

Mesin cutting laser bisa hasilkan berbagai produk
Mesin cutting laser bisa hasilkan berbagai produk

Baca juga: Kenapa Sih Mesin Cutting Laser Mahal?

Mesin Cutting untuk Produksi Stempel

Nah, selain itu, mesin cutting laser ini juga bisa digunakan untuk berbagai keperluan lainnya, misalnya saja produksi stempel. Hah produksi stempel? Betul! Jadi nanti bahan karet yang akan digunakan sebagai media tinta menempel untuk menjadi stempel, bisa “diukir” dengan mesin cutting laser. Dengan mesin cutting laser, kamu bisa menjalankan produksi stempel dalam jumlah lebih banyak. Cukup dijejerkan di mesin, dan bisa dipotong sesuai design dan keinginan pemesannya, keren! Produksi stempel pun lebih efektif dan efisien ya.

Selain memberikan informasi seputar mesin cutting laser, kami juga akan memberikan tips bagaimana merawat mesin laser cutting yang Sahabat Laysander miliki. Perawatan ini sangat penting supaya ketahanan mesin tetap awet dan memiliki umur yang panjang. Sebenarnya hal yang paling penting dari merawat mesin cutting laser ini sederhana, yaitu membersihkannya secara rutin setelah digunakan.

Selain itu, diperlukan tindakan serta perhatian khusus terhadap elemen-elemen berikut ketika membersihkan mesin laser cutting. Elemen-elemen tersebut ialah merawat laser tube, membersihkan rutih sistem optik lensa, pembersihan exhaust sistem, serta melakukan pergantian serta pemasangan tabung laser secara benar disertai penyetelan arah sinar dan fokus yang tepat.

Oh ya, jangan lupa untuk menutup mesin cutting laser dan menjauhkan anggota tubuh pada saat mesin dijalankan ya! Mesin cutting laser memiliki kemampuan memotong yang jauh lebih kuat daripada mesin cutting sticker. Tentu tidak mau dong sampai anggota tubuh terluka karena terkena lasernya mesin cutting? Jadi harus lebih berhati-hati ya!

Nah, itulah pembahasan mengenai mesin cutting laser beserta rekomendasi, pemanfaatan, dan tips merawatnya. Bila Sahabat Laysander ingin cari tahu lebih banyak produk yang bisa mesin Anda hasilkan, yuk, langsung cek di news.laysander.com!

Baca juga: Tips Promosi Usaha yang Efektif Agar Penjualanmu Meningkat!

Reply

× Apa yang bisa dibantu?