Head Baru XP600, Apa Bedanya dengan DX5?

Perbandingan print head DX5 dan XP600
Perbandingan print head DX5 dan XP600

Dalam dunia digital printing, Anda tentu sering mendengar istilah “Solvent” dan “Eco Solvent”. Keduanya diperuntukkan bagi segmen yang berbeda, serta menggunakan mesin, tinta, dan print head yang berbeda pula. Apa Sahabat Laysander sudah tahu?

Solvent

Karakteristik utama tinta jenis ini yaitu bersifat oil-based dan memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap cuaca. Daya tahannya inilah yang menjadikan tinta solvent cocok untuk mencetak media luar ruangan (outdoor printing), tentunya dengan menggunakan mesin digital printing outdoor.

Media yang bisa dicetak menggunakan mesin dan tinta solvent meliputi banner, spanduk, billboard, neonbox, dan masih banyak lagi. Tinta ini dapat membuat media outdoor lebih awet, namun pada prosesnya, tinta solvent memiliki bau yang cenderung lebih menyengat dibandingkan tinta eco solvent.

Eco Solvent

Baca juga: Mesin Digital Printing China VS Jepang

Kebalikan dari tinta solvent, tinta ini justru kurang tahan terhadap perubahan cuaca, sehingga lebih cocok digunakan untuk mencetak media yang akan digunakan untuk keperluan dalam ruangan atau indoor. Karena itu, tinta ini biasanya digunakan untuk indoor printing.

Media yang bisa dicetak menggunakan mesin dan tinta eco solvent meliputi stiker, wallpaper, PVC banner, kanvas, dan lainnya. Tinta ini memiliki karakteristik bau yang tidak terlalu menyengat, ramah lingkungan, serta tidak mengeluarkan uap yang berbahaya.

Nah, jenis mesin yang berbeda tentunya memerlukan print head yang berbeda pula. Misalnya saja solvent, print head yang umum digunakan adalah KM (Konica Minolta) 512, 512i, 1024, dan 1024i. Sementara itu, mesin eco solvent umumnya menggunakan print head Epson DX5. Tapii, ada pendatang baru yang cukup menggiurkan, Epson XP600! Karena, harganya lebih murah sampai 75% daripada DX5! Sebelumnya, kami sudah pernah membahasnya secara singkat pada artikel ini. Tapi, kali ini yuk kita bahas bandingkan kedua print head ini.

Print Head DX5

Print head DX5 memiliki 8 channel tinta dengan resolusi maksimum 1440 dpi. Print head ini juga memiliki masa pakai yang cukup panjang, yaitu sekitar 1 tahun. Untuk kecepatannya, kami mengambil contoh dari mesin Ecojet Maxima, yang kecepatan cetakan 4 passnya 15 m2 / Jam. Tentunya, mesin ini bisa bekerja optimal dengan menggunakan tinta eco solvent yaa.

Spesifikasi Print Head DX5

  • Technology: Micro-Piezo
  • Native resolution: 1440 dpi
  • Min. droplet size: 1.5 pico litre
  • Max. droplet size: 21 pico litre
  • Tot. amount of nozzles: 1440 (8 lines x 180 nozzles)
  • Firing frequency: 8 kHz
  • Ink compatibility: solvent and eco-solvent based

Baca juga: Mesin Bekas, Masihkah Jadi Pilihan yang Baik?

Print Head XP600

Print head satu ini berbeda dengan print head DX5 dalam jumlah channel tinta dan juga resolusi. XP600 memiliki channel tinta yang lebih sedikit, yaitu 6 channel, namun memiliki resolusi dua kali lipat dibandingkan print head DX5, yaitu sebesar 2880 dpi.

Nah, tapi print head XP600 memiliki masa pakai yang sedikit lebih singkat, yaitu hanya sekitar 6 hingga 8 bulan. Kecepatannya terbilang cukup cepat, namun ketajaman warnanya masih kalah jika dibandingkan print head DX5.

Spesifikasi Print Head XP600

  • Technology: Micro-Piezo
  • Native resolution: 2880 dpi
  • Min. droplet size: 3.5 pico litre
  • Tot. amount of nozzles: 1080 (6 lines x 180 nozzles)
  • Ink compatibility: eco-solvent based

Untuk memenuhi kebutuhan cetakan indoor Anda, Laysander memiliki 2 tipe eco solvent printer yang menggunakan head XP600, yaitu Eco Dex dan Ecojet Prime!

Eco Dex, printer dengan 1 head XP600
Eco Dex, printer dengan 1 head XP600

Eco Dex: Printer ini dirancang untuk memproduksi hasil cetakan terbaik dan cocok bagi pemula yang ingin mencetak stiker, wallpaper, dan sebagainya. Printer Eco Dex menggunakan print head jenis XP600 yang harganya bisa 75% lebih murah jika dibandingkan dengan print head DX5! Untuk informasi lengkap mengenai Printer Eco Dex, silakan baca di sini.

Eco Prime, printer dengan 2 head XP600 bergaransi!
Eco Prime, printer dengan 2 head XP600 bergaransi!

Ecojet Prime: Printer satu ini cocok untuk menghasilkan cetakan berkualitas tinggi, mulai dari stiker hingga wallpaper. Printer Ecojet Prime menggunakan 2 print head XP600 dan dilengkapi dengan garansi printer 1 tahun dan garansi print head sampai 6 bulan! Untuk informasi lengkap mengenai Printer Ecojet Prime, silakan baca di sini.

Sebagai pemilik bisnis di industri percetakan, pastikan Anda mendapatkan update terbaru seputar teknologi di dunia digital printing hanya di news.laysander.com!

Baca juga: 4 Cara Meningkatkan Omzet Usaha Digital Printing

2 Comments

  1. meilisa
    • Laysander Technology

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Apa yang bisa dibantu?