“Print and Cut”, Mesin Cutting Bisa Cetak Juga?

Proses memproduksi sticker seringkali tidak berhenti sampai tahap percetakan, tetapi juga hingga tahap cutting atau pemotongan. Sehingga, sticker ini bisa langsung digunakan untuk berbagai keperluan. Untuk memenuhi kebutuhan ini, percetakan akan menggunakan mesin khusus untuk memotong sticker yang disebut mesin cutting sticker. Sesuai dengan namanya, mesin ini berfungsi untuk memotong dan menghasilkan sticker yang siap kamu pasarkan di usaha cutting sticker milikmu.

Namun, ada satu hal yang sepertinya melahirkan pertanyaan di antara para pengguna mesin cutting sticker, terlebih bagi orang yang baru saja mempelajari cara kerja mesin ini. Pada mesin cutting sticker, terdapat opsi “Print and Cut”, yang jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, berarti “Cetak dan Potong”. Tapi jangan salah kaprah dulu ya, Sahabat Laysander! Fungsi dari opsi ini ternyata bukan untuk mencetak sticker!

Jadi, Apa dong Fungsi dari Menu “Print and Cut”?

Begini, memang ada beberapa printer yang punya fungsi print and cut, jadi fungsi ini merupakan bawaan dari printer, bukan mesin cuttingnya. Dengan fungsi ini, di sebelah print head ada pisau yang akan langsung memotong hasil cetak. Tapi kalau di mesin cutting, fungsinya lebih tepat jika disebut sebagai contour cut. Nah, opsi ini ternyata berfungsi untuk memotong bagian sticker sesuai dengan bentuk gambar yang sudah dicetak.

Baca juga: Mulai Bisnis Cutting Sticker Yuk!

Dengan opsi ini, sensor pada mesin cutting sticker akan membaca design sticker, sesuai dengan batas yang sudah diberikan pada saat di-print. Dengan begitu, mesin akan memotong sticker sesuai dengan bentuk tersebut, termasuk lengkungan yang rumit sekalipun. Hasil akhir dari contour cut ini adalah sticker satuan yang siap pakai. Perlu Anda ketahui, dalam dunia cutting sticker, ada juga dengan istilah die cut dan kiss cut, lho! Apa itu?

Sebenarnya keduanya sama-sama memotong sticker mengikuti bentuknya, hanya saja pada metode kiss cut, mesin tidak akan memotong hingga ke bentuk detail design sticker, melainkan hanya membuat pola luar di lembaran sticker. Sementara itu, die cut memotong sampai ke bentuk dan lengkungan design sticker yang kamu miliki. Untuk lebih jelasnya, coba lihat perbedaan dari contour cut (die cut) dan kiss cut pada gambar di bawah ini!

hasil mesin cutting sticker contour cut dan kiss cut
Sumber: blog.standoutstickers.com

Nah, jadi itu tadi yang dimaksud dengan fitur contour cut yang ada pada mesin cutting milikmu. Terlepas dari fitur tersebut, mesin cutting yang tidak memiliki fitur contour cut jelas tetap bisa memotong. Tapi, tidak bisa memotong hasil print, melainkan hanya bisa memotong lembaran polos. Misalnya saja polyflex berwarna warni, yang nantinya akan ditempelkan bertumpuk-tumpuk sampai membentuk pola tertentu.

Ingin Memulai Bisnis Cutting Sticker? Simak Tips Berikut Ini!

Baca juga: Bagaimana Cetak dan Pasang Sticker Biar Bagus?

Siapkan Bahan Sticker

Nah, bicara seputar memulai usaha cutting sticker, pertama Anda perlu menyiapkan bahan baku yang ingin Anda jual. Bahan baku yang dapat dipotong dengan mesin cutting sticker pun tidak hanya terbatas pada kertas sticker biasa, melainkan juga polyflex, sandblast, dan masih banyak lagi.

  • Polyflex: Bahan ini adalah sticker berwarna solid yang biasa digunakan untuk ditempelkan pada permukaan kaos, jersey, atau celana olahraga
  • Sandblast: Bahan ini merupakan sticker dengan efek buram yang biasa ditempelkan pada pintu kamar mandi atau pun ruang perkantoran
Bentuk Tim Desain & Operator Mesin yang Andal

Selanjutnya, Anda bisa berinvestasi pada sumber daya manusia yaitu dengan merekrut pegawai untuk membantu operasional bisnis, operator mesin, dan juga tim desain. Operator mesin dapat Anda latih secara khusus untuk menjalan mesin cutting sticker, tim operasional dapat Anda fokuskan untuk menangani klien hingga pekerjaan administrasi, sedangkan tim desain dapat difokuskan untuk mengerjakan permintaan desain dari klien.

Sediakan Peralatan yang Dibutuhkan

Setelah itu, tentunya jangan lupa untuk melengkapi perangkat yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis, seperti:

  • Printer & Mesin Cutting Sticker: Ini dia bintang utama yang memiliki peran utama dalam bisnis Anda. Anda dapat memilih berbagai printer serta mesin cutting sticker yang sesuai dengan anggaran bisnis yang Anda miliki di Laysander, karena kami menyediakan berbagai variasi mesin cutting sticker dengan rentang harga mulai dari Rp4.000.000-an hingga Rp15.000.000. Silakan hubungi tim Sales & Support kami di nomor 021-53161450 untuk informasi lebih lanjut mengenai spesifikasi dan harga mesin yang kami tawarkan. Untuk menekan cost, bagi Anda yang baru mau memulai usaha digital printing bisa melempar cetakan terlebih dahulu, sehingga di tahap awal ini kebutuhan printer masih opsional.
  • Komputer & Software: Anda juga akan memerlukan komputer untuk proses design hingga menjalankan software yang terhubung dengan printer & mesin cutting Anda. Sebagai informasi, kiranya Anda perlu menyiapkan komputer dengan prosesor minimal Intel Core i3 dan memori RAM setidaknya 2GB. Jangan lupa juga untuk melengkapi komputer Anda dengan software desain yang dibutuhkan, misalnya Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, atau software desain lainnya.

Itu dia rangkuman dari fungsi menu “Print and Cut” pada printer dan mesin cutting, serta sedikit tips untuk Anda yang ingin memulai bisnis di bidang ini. Ingat, dengan informasi yang lengkap serta usaha keras, tidak ada yang tidak mungkin, sukses terus Sahabat Laysander!

Baca juga: Mengapa Banyak Orang Memilih Laysander?

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Apa yang bisa dibantu?