Modal Rendah, Cuan Tinggi dengan Print Spunbond!

Print Spunbond
Print spunbond, modal terjangkau, untung berlipat

Tahukah Anda bahwa print spunbond kini menjadi peluang yang menarik untuk usaha percetakan Anda? Spunbond adalah kain sinetetis atau kain buatan yang terbuat dari biji plastik, namun tidak berbahaya bagi kesehatan. Nyatanya, bahan spunbond ini menjadi bahan yang cukup sering kita lihat sehari-hari, loh!

Penasaran apa saja kegunaan dan keuntungan bahan spunbond? Yuk simak di bawah ini!

Bahan Kuat dan Tahan Lama

Sebagai bahan yang terbuat dari biji plastik, Spunbond dikenal sebagai bahan kuat dan tahan lama dibandingkan dengan kertas atau plastik biasa.

Karena keunggulan ini, bahan spunbond sering digunakan untuk membuat tas, baik itu goodie bag atau shopping bag, karena dapat menampung jumlah barang yang lebih banyak dan lebih berat, tanpa takut rusak atau sobek. Masih belum terbayang? Itu loh, tas yang biasanya Sahabat Laysander dapatkan kalau datang ke pameran. Biasanya berisi brosur, souvenir, atau lainnya.

spunbond
Bahan spunbond sebagai tas

Baca juga: Jeans Print dan 4 Kreasi Kreatif Bahan Jeans Lainnya!

Selain untuk membuat tas, bahan spunbond juga digunakan sebagai salah satu lapisan masker medis dan non-medis, bahkan lapisan popok anak-anak, loh!

Modal Rendah, Cuan Tinggi dengan Print Spunbond! 1
bahan spunbond pada masker

Bahan Aman Lingkungan

Bahan spunbond bisa disebut bahan aman lingkungan dari dua aspek sekaligus, loh. Pertama dari sisi keamanan pemakaiannya, dan kedua dari dampak penggunaannya terhadap lingkungan.

Meskipun bahan spunbond ini terbuat dari biji plastik dan membutuhkan proses kimiawi, bahan ini tetap aman untuk digunakan. Selain itu, bahan ini bisa digunakan berkali-kali atau bisa dimanfaatkan ulang (recyclable) karena daya tahan bahannya yang sangat kuat.

Kelas Bisnis, Harga Ekonomis

Keuntungan terakhir dari bahan spunbond ini adalah harganya yang ekonomis, namun bisa “sekelas bisnis”. Bahan spunbond bisa dipadukan dengan bahan-bahan lain sehingga memberikan nilai tambah bagi estetika produk yang dibuat. Dengan beragam ketebalan dan warna, bahan spunbond sangat cocok untuk di-mix and match. Selain mix and match dengan bahan lain, Anda dapat menambah nilai estetika bahan spunbond dengan cara print atau mencetak di bahan spunbond itu sendiri, loh.

Print Spunbond!

Dengan melakukan print spunbond, Anda tentunya dapat menjangkau lebih banyak pasar untuk usaha percetakan kain Anda. Hal ini dikarenakan bahan spunbond yang sudah menjadi komoditas umum.

Kegunaan dari bahan spunbond ini sudah ada banyak sekali. Mulai dari hal-hal kecil seperti bungkusan kado, hiasan untuk bouquet bunga, juga untuk goodie bag atau tas souvenir, shopping bag atau tas belanja.

Modal Rendah, Cuan Tinggi dengan Print Spunbond! 2
Ilustrasi tas belanja

Baca juga: 5 Keuntungan Upgrade ke Digital Printing untuk Usaha Percetakan Anda!

Barang-barang tersebut merupakan barang-barang yang bisa ditingkatkan nilainya dengan memberikan sentuhan estetik maupun personal. Cara termudah untuk meningkatkan nilai tersebut adalah dengan print bahan spunbond itu sendiri.

Dengan konsep yang sama dengan custom baju, bahan spunbond Anda pun bisa dicustom dengan printer-printer kain, sehingga menarik minat customer untuk memesan orderan dalam jumlah banyak. Baik itu dengan berbagai design cantik, sampai custom tulisan tertentu untuk berbagai acara.

Rupa-rupanya banyak pula loh yang bertanya kepada tim Laysander,

“Print spunbond bagaimana caranya?” “Pakai printer apa?”

Sebelum Anda melakukan print spunbond, Anda harus kenali terlebih dahulu kandungan yang lebih dominan dari bahan Anda. Ada beberapa bahan spunbond yang lebih banyak kandungan plastik dan ada juga yang lebih halus atau lembut seperti bahan kain.

Apabila bahan spunbond Anda lebih menyerupai bahan kain, Anda bisa menggunakan teknik sublimasi untuk print spunbond. Sublimasi dalam printing kain menggunakan panas untuk menyatukan gambar yang ada di transfer paper agar masuk ke dalam serat-serat kain. Sehingga, hasil akhirnya gambar terlihat berasal dari bahan kainnya itu sendiri.

contoh print spunbond
Contoh print spunbond

Pemain unggulan dari printer sublimasi ini yaitu Texco Avalone, mampu mencetak sampai 118 meter²/ jam, loh! Warna yang dihasilkan pun sangat cerah.

Printer Sublimasi Texco Avalone
Printer Sublimasi Texco Avalone – 135 juta

Nah, apabila bahan spunbond Anda memiliki kandungan plastik yang lebih banyak, Anda bisa menggunakan printer Eco Solvent sebagai solusi usaha print spunbond. Printer Eco Solvent sendiri merupakan printer yang tintanya waterproof atau tahan air dan tahan matahari. Sehingga hasil print bisa tahan lebih lama dan tidak akan mudah luntur.

Seperti misalnya saja printer Ecojet Prime yang sangat populer penjualannya. Printer ini sudah dilengkapi dengan pemanas 4 in 1, yaitu di bagian belakang, bed, infrared, dan kipas pendingin.

Printer Eco Solvent Ecojet Prime
Printer Ecojet Prime, terpopuler dari Laysander

Print spunbond memiliki banyak keunggulan, bahkan secara bisnis, bahan ini bisa didapatkan dengan harga terjangkau. Lalu, bisa Anda jual dengan harga yang relatif tinggi.

Apalagi sejak dikeluarkannya peraturan pemerintah untuk mengurangi penggunaan kantong belanja plastik. Pelaku toko swalayan ataupun supermarket pun akhirnya mau tidak mau mulai menjual shopping bag atau tas belanja dengan bahan spunbond ini sebagai bentuk menjaga lingkungan.

Sahabat Laysander mau tahu lebih banyak soal bahan apa saja yang bisa dicetak? Yuk, cek artikel lainnya di news.laysander.com!

Baca juga: Mulai 70 Juta-an, Ini Beragam Pilihan Printer Eco Solvent untuk Dukung Usaha Digital Printing Anda!

Reply

× Apa yang bisa dibantu?