Print UV di Aluminium Mudah Terkelupas, Kenapa?

Print UV di Aluminium Mudah Terkelupas, Kenapa?
Pernah coba mencetak di aluminium dengan printer UV, tapi hasilnya justru mudah terkelupas?

Memang benar printer UV memungkinkan kita memiliki lebih banyak variasi media yang bisa dicetak nih. Mulai dari sticker, albatros, sampai kaca, keramik, dan aluminium pun bisa Anda print dengan printer UV, wow! Nah, bicara soal print di bahan aluminium, banyak yang senang dan berkreasi, sehingga print di bahan satu ini nih. Meskipun begitu, ada banyak yang berpendapat cetakannya mudah terkelupas, padahal dicetak menggunakan printer UV, mengapa ya?

Nah, pada sebagian besar kasus, cetakan UV tidak menempel, atau cepat mengelupas karena tidak menggunakan primer/ coating sebelum dicetak. Aluminium yang sudah dilapisi terlebih dahulu sebelum dicetak akan memungkinkan tinta UV menempel dengan lebih baik nih. Hasilnya, tentu saja cetakan yang lebih awet dan tidak mudah terkelupas. Sebagai tambahan agar cetakan terlihat lebih “sempurna”, Anda bisa menggunakan varnish di atas cetakannya. Hasilnya akan lebih rapi dan juga berkilau.

Baca juga: Cetakan Nisan Tidak Kusam, Apa Rahasianya?

Opsi lainnya, Anda bisa menggunakan cat semprot clear, sebagai pengganti varnish. Tapi kelemahannya, penggunaan cat semprot harus merata pada setiap bagian. Ini tidak memungkinkan jika hanya ada beberapa bagian cetakan yang ingin Anda varnish (spot). Jadi kalau Anda butuh cetakan dengan hasil spot, Anda harus menggunakan varnish pada printer.

Kalau sudah melakukan primer/ coating serta varnish, tapi rasanya cetakan masih belum melekat maksimal di aluminium, bagaimana? Nah, kalau ini yang terjadi, Anda bisa mengatur daya lampu UV di printer Anda. Pastikan kekuatan atau dayanya sudah sesuai dan bisa melakukan proses curing dengan baik, jadi hasil cetakannya melekat sempurna pada aluminium.

Nah bagaimana, apakah pertanyaan Anda sudah terjawab? Kalau masih ada kendala dan pertanyaan seputar mesin UV, jangan ragu untuk langsung menghubungi kami!

2 Comments

  1. yerikho
    • Laysander Technology

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Apa yang bisa dibantu?