Cetak Kain Polyester hingga Jeans, Gunakan 4 Printer Tekstil Andalan Ini!

4 Jenis Printer Tekstil untuk Cetak Kain Custom
4 Jenis Printer Tekstil untuk Cetak Kain Custom

Saat ini, ada beragam jenis bahan tekstil yang bisa dicetak dengan teknologi digital printing. Beberapa di antaranya seperti bahan polyester, katun, jeans, hingga bahan sutera yang terkenal dengan kelembutan dan kemewahannya. Proses cetak kain ini pun tergolong kompleks karena setiap bahan kain membutuhkan proses, jenis tinta, dan mesin digital printing yang berbeda untuk mencapai hasil yang optimal.

Sebagai pelaku usaha bisnis digital printing, Anda pasti penasaran kira-kira bagaimana proses cetak serta apa jenis mesin yang dibutuhkan untuk bisa menghasilkan cetakan di setiap jenis bahan tekstil. Yuk, langsung saja kita bahas satu per satu!

Cetak Kain Polyester: Printer Sublimasi Texco Avalone

Printer Sublimasi Texco Avalone
Texco Avalon untuk cetak kain berbahan dasar polyester

Polyester merupakan bahan kain sintetis yang cukup populer karena karakteristiknya yang tidak mudah berkerut, ringan, cepat kering, dan awet. Bahan ini menjadi bahan yang bisa digunakan untuk banyak produk, seperti jersey atau seragam olahraga, tirai, sarung sofa, selimut, hingga karpet!

Cara termudah untuk mencetak kain berbahan dasar polyester yaitu dengan printer sublimasi. Kebutuhan cetak menggunakan mesin jenis juga cukup murah, karena menggunakan transfer paper dan tinta sublim.

Prosesnya sendiri terdiri dari proses cetak ke permukaan transfer paper dan proses heating (atau pemanasan) transfer paper ke atas permukaan bahan. Jadi pertama-tama, Anda mencetak gambar atau motif terlebih dahulu ke permukaan transfer paper.

Setelah transfer paper sudah dicetak, selanjutnya Anda perlu memanaskan transfer paper ke kain polyester menggunakan heater agar tinta “menyublim” dan menyerap ke bahan kain. Proses ini menghasilkan warna yang akurat dan terlihat nyata. Kekurangannya, printer sublimasi belum dapat digunakan untuk mencetak langsung di atas permukaan kain, melainkan harus selalu melalui transfer paper terlebih dahulu.

Baca juga: Mengenal Transfer Paper Untuk Printing Kain

Salah satu tipe printer sublimasi yang patut Anda lirik yaitu Texco Avalone. Dengan harga mulai dari Rp 135 juta-an, seri ini merupakan seri terbaru dari Texco yang mampu mencetak hingga 118 m2/jam dengan warna yang cerah dan terlihat hidup. Texco Avalone bisa menghasilkan berbagai produk seperti sarung bantal, bendera, pakaian, bedcover, hingga gorden!

Cetak Kain Katun: Printer Katun Texco Verdant & Texco Valcom

Bahan kain kedua yang juga bisa dicetak dengan mesin digital printing yaitu kain katun! Anda pasti sudah sangat familiar dengan kain yang terbuat dari tanaman kapas ini. Bahan tekstil satu ini memiliki sifat yang lembut, awet, tidak menyebabkan alergi, dan memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga adem saat dipakai.

Nah, berbeda dengan printer sublim yang harus menggunakan “perantara” seperti transfer paper, printer katun justru dibuat dengan kemampuan cetak direct to fabric alias dapat mencetak langsung di permukaan kain. Ada 2 jenis printer katun yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan, yaitu Texco Verdant dan Texco Valcom.

Texco Verdant merupakan printer katun yang tidak hanya bisa mencetak di bahan gulungan, namun juga bisa digunakan untuk mencetak di bahan yang sudah jadi, misalnya saja bahan yangs udah dijahit menjadi kaos. Printer ini menggunakan tinta bersertifikasi OEKO-TEX yang banyak dibutuhkan untuk pasar ekspor dan penjualan pakaian bayi karena sifatnya yang ramah lingkungan dan bebas bahan kimia berbahaya.

Baca juga: Mengenal 2 Printer Kain Katun yang Tingkatkan Produktivitas

Sedangkan Texco Valcom merupakan varian lain printer katun dari Texco yang bisa digunakan untuk mencetak di permukaan kain gulungan atau kain yang belum jadi. Printer ini menggabungkan Panasonic motor, sistem belt media feeding, dan printhead dari Kyocera, menjadikannya printer katun dengan performa terbaik saat ini. Sama seperti Texco Verdant, Texco Valcom juga menggunakan tinta bersertifikasi OEKO-TEX.

Cetak Kain Jeans: Printer Direct to Film untuk Texco Optima

Cetak Kain Polyester hingga Jeans, Gunakan 4 Printer Tekstil Andalan Ini! 1
Texco Optima untuk cetak kain berbahan denim (jeans)

Bicara soal material pakaian yang trendi, jeans atau bahan denim lah yang menjadi juaranya. Bahan yang tebal dan kuat ini merupakan bahan yang masih banyak dimanfaatkan untuk melengkapi gaya, mulai dari celana jeans, jaket denim, hingga aksesoris seperti topi dan tote bag denim. Bisakah bahan ini dicetak? Jawabannya, tentu saja bisa, yaitu dengan menggunakan printer direct to film.

Printer satu ini memiliki cara kerja yang mirip dengan printer sublimasi, hanya saja Anda tidak membutuhkan transfer paper melainkan PET film untuk mencetak dengan printer dengan jenis ini. Setelah desain sudah siap untuk dicetak, Anda perlu mencetak gambar ke permukaan PET film terlebih dahulu, baru kemudian film tersebut dikeringkan dan dipanaskan ke permukaan jeans agar tinta bisa menempel. Proses cetak dengan cara ini tidak akan membuat tinta menyerap ke serat kain, melainkan menempel pada permukaan bahan.

Baca juga: Punya Banyak Keunggulan, Yuk Kupas Tuntas Printer Cotton Polyester Texco Optima

Salah satu printer direct to film yang bisa Anda pilih yaitu Texco Optima. Printer ini menggunakan tinta pigmen Hongsam dan bisa mencetak hingga 6 m2/jam. Lalu, karena proses cetaknya dilakukan ke permukaan PET film, Anda jadi bisa mencetak PET film ke bahan tekstil yang sudah jadi, seperti celana atau jaket. Sungguh praktis, kan?

Cetak Kain Sutra: Printer dengan Tinta Acid

Terakhir, kain sutra yang lembut karena kandungan seratnya ini juga bisa dipercantik dengan gambar dan motif yang dicetak menggunakan tinta acid. Tinta jenis ini digunakan untuk mencetak pada permukaan dengan kandungan serat, baik sintetis seperti nilon atau natural seperti sutra. Untuk menghasilkan cetakan yang optimal, kain perlu melalui proses pre-treatment terlebih dahulu, baru kemudian dicetak dengan tinta acid langsung menggunakan printer khusus. Setelah itu, baru kain dipanaskan dengan uap (steam) agar tinta bisa menyerap dengan baik.

Itulah beberapa jenis mesin yang bisa digunakan untuk mencetak kain. Karena kebutuhan dan prosesnya berbeda-beda, maka Anda perlu memahami kebutuhan untuk bisnis digital printing Anda. Apabila Anda masih ragu atau bingung, Anda dapat melakukan test print dengan membawa atau mengirimkan sampel kain ke Laysander. Gratis, tanpa biaya sama sekali! Jangan sampai salah investasi ya, Sahabat Laysander, hubungi kami sekarang juga.

Baca juga: 5 Jenis Tinta Printing Kain, Sudah Kenal Semuanya?

Reply

× Apa yang bisa dibantu?