Ragam Pilihan Produk Hasil Mesin Laser Cutting

Mesin Laser Cutting

Kalau dahulu kita perlu menggunakan teknik pahat manual untuk membuat hiasan atau lemari yang cantik, sekarang hal tersebut sudah tidak diperlukan lagi. Seiring dengan hadirnya beragam inovasi digital printing, tentu turut memberikan dampak yang signifikan juga pada mesinnya. Tak terkecuali mesin laser cutting yang saat ini banyak digunakan untuk membuat banyak barang.

Mesin Laser Cutting Laysander

Pernahkah kalian melihat ukiran kayu yang sulit pada lemari baju kalian? Nah, itu adalah salah satu produk dari laser cutting loh. Untuk mengetahui cara kerja dari mesin laser cutting dan produk apa saja yang dihasilkan, simak artikel ini sampai habis, ya!

Cara Kerja Mesin Laser Cutting

Pada dasarnya, mesin laser cutting adalah mesin yang menggunakan teknologi pancaran sinar laser untuk memotong material yang diinginkan. Sesuai dengan namanya, mesin ini memiliki fungsi untuk memotong, tapi selain itu sebenarnya juga bisa digunakan untuk menggores, gravir dan juga melubangi sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan Sahabat Laysander.

Baca Juga: 5 Jenis Mesin Cutting, Mana yang Sesuai Kebutuhan Anda?

Mesin Laser Cutting beroperasi dengan dikendalikan oleh komputer dan secara khusus juga didesain untuk memusatkan perpindahan dari jumlah energi yang tinggi ke tempat yang kecil. Biasanya sinar dari mesin tersebut hanya berdiameter sekitar 0,003-0,006 inci dengan panjang gelombang pendek.

Secara sederhana, proses kerja mesin ini sangat mudah. Mesin Laser Cutting bekerja dengan adanya energi output pada mesin dengan teknanan tinggi pada bahan yang akan dipotong, lalu bahan tersebut akan mencair, terbakar, menguap, atau tertiup oleh jet gas, setelahnya akan meninggalkan tepi dengan finishing permukaan yang sesuai dengan kebutuhan yang sudah didesain.

Meski di beberapa material proses kerja mesin laser cutting ini seringkali meninggalkan residu, tapi kalian tetap bisa kok menyiasatinya. Seperti contohnya pada bahan kayu. Kalian bisa dengan mudah mengamplasnya untuk menghilangkan residu tadi, atau bila di bahan plastik seperti akrilik atau lainnya, kalian bisa menggunakan lap basah untuk membersihkannya.

Hasil Produk Mesin Laser Cutting

Logam

Berbahan logam terasa tebal dan sulit di potong? Tenang saja Sahabat Laysander, karena salah satu bahan yang sering dipotong dengan mesin laser cutting ini ya, logam. Untuk produknya sendiri, mesin laser cutting pada logam biasanya membuat suku cadang mesin, kendaraan, rangka, tutup, pagar rumah, dan lainnya. Namun, biasanya ada tipe mesin cutting laser tersendiri untuk memotong bahan seperti metal.

Produk hasil mesin laser cutting

Kaca

Pernah melihat kaca dengan motif unik di atasnya? Yup, itu dibentuk oleh Teknik gravir laser cutting, loh. Saat ini,  bahan kaca juga banyak direquest untuk dihias menggunakan laser cutting demi mempercantik desain sebuah ruangan.

Baca Juga: Yuk Kenal Lebih Dalam Mesin Cutting Laser dan Produksi Stempel!

Kaca dari ukiran mesin laser cutting

Akrilik

Karena bahan ini mudah dibentuk, maka akrilik menjadi bahan paling favorit yang biasa dibentuk oleh laser cutting. Produk yang dihasilkan bisa dari gantungan kunci, jam, hingga meja, loh Sahabat Laysander.

Gantungan Kunci

Kayu, Triplek, Melamin, Veneer

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahan kayu pun juga bisa, loh dibentuk dengan mesin laser cutting. Melalui teknik potong dan gravir, berbagai ukiran pun dengan bahan-bahan ini bisa kita buat, seperti contohnya stick drum, gitar, papan skateboard, merchandise, bingkai foto, ataupun lainnya.

Gitar dari Bahan Kayu

Karet

Pernah menggunakan stempel yang bentuknya rumit? Nah, itu juga dibentuk oleh mein laser  cutting loh Sahabat Laysander, sama seperti bahan sebelumnya, karet juga seringkali dibuat dengan dua Teknik potong dan gravir oleh mesin laser cutting.

Stempel berbahan Karet

Kulit dan Kain

Baik kulit asli ataupun kulit sintesis keduanya tetap bisa ya dipotong dan digravir oleh mesin laser cutting. Tapi sayangnya, hal ini gak berlaku untuk kain. Karena bila memotong kain yang tidak memiliki unsur plastik, maka biasanya hasilnya akan berserabut dan mudah robek. Untuk produknya sendiri, biasanya mesin laser cutting dapat membuat jaket, baju dengan detail yang rumit, tas, dompet, ikat pinggang, sepatu, aksesoris dan lainnya.

Produk Kulit

Ada banyak ragam produk yang bisa dibuat oleh mesin laser cutting, investasi ini semakin menjanjikan karena bisnis merchandise terus berkembang dan makin banyak peminatnya. Bisa dari perorangan, pengusaha, atau bahkan perusahaan besar yang rutin membuat produk merchandise. Jika tertarik membuka usaha dengan mesin laser cutting, bisa konsultasikan dulu dengan kami melalui nomer WhatsApp di sini.

Baca Juga: Nilai Produksi Naik, Lengkapi Printing Kain Dengan Laser Cutting

Reply