Rencana Bisnis 2021 Usaha Anda Sudah Siap?

Rencana Bisnis 2021, Sudahkah Anda Membuatnya?
Rencana bisnis 2021, sudahkah Anda membuatnya?

Sehabat Laysander, tinggal tiga hari lagi dan kita akan memasuki tahun baru, 2021. Tahun ini tentunya jadi tahun yang menantang buat kita semua ya. Terlebih dengan pengetatan dan PSBB di sana sini, membuat banyak usaha digital printing terdampak. Meskipun begitu, tak sedikit pula yang justru menemukan banyak peluang dan kesempatan dan masa pandemi ini, betul kan?

Bagi sebagian, tahun ini terasa cepat sekali, tapi bagi yang lain tahun ini terasa sangat lama dan cukup membuat “berdarah-darah”. Meskipun begitu, kita bersyukur bisa melewati satu tahun lagi ya, Sahabat Laysander.

Nah, di akhir tahun ini, apa Anda sudah melakukan evaluasi bisnis di tahun ini, plus membuat rencana bisnis 2021? Belum? Tenang, masih ada kesempatan beberapa hari lagi sebelum tahun ini benar-benar berakhir.

Apa Saja yang Harus Dievaluasi?

Lakukan evaluasi sebelum membuat rencana bisnis 2021
Lakukan evaluasi sebelum membuat rencana bisnis 2021

Ada banyak hal yang bisa Anda evaluasi terkait usaha digital printing milik Anda. Misalnya saja, bagaimana pemasukan dan pengeluaran di tahun ini. Selain omset, perhatikan juga bagaimana cashflow selama satu tahun ini, baik atau buruk? Dengan evaluasi dan pemaparan akan aspek ekonomi usaha, tentunya kita bisa melihat dengan lebih baik. Ya, kita bisa melihat apa yang masih kurang dan perlu diperbaiki. Juga, bisa melihat apa yang sudah berjalan dengan baik dan bisa kita lanjutkan di tahun depan.

Baca juga: Profit dan Cash Flow, Mana Lebih Penting?

Selain itu, Anda juga bisa melihat bagaimana perkembangan produk-produk yang Anda tawarkan di tahun ini. Produk mana yang memiliki lebih banyak peminat dan penjualannya baik di tahun ini? Kalau masih belum sesuai hasil yang diharapkan, coba cek sekeliling Anda. Cek kompetitor yang ada, apa yang berhasil mereka tawarkan, dan mana yang penjualannya berjalan bagus?

Selain itu, cek juga permintaan pasar selama tahun 2020 ini. Ke mana arah kebutuhan konsumen Anda di tahun ini? Juga, apakah cara pemasaran yang Anda lakukan saat ini sudah tepat sasaran? Jangan sampai Anda mengeluarkan uang ekstra untuk promosi di tahun ini, tapi justru tidak mendapatkan hasilnya.

Sudah Nih, Sekarang Harus Apa?

Setelah evaluasi, buat rencana bisnis 2021 Anda
Setelah evaluasi, buat rencana bisnis 2021 Anda

Kalau sudah selesai melakukan evaluasi dan menjabarkan bagaimana keadaan setahun ini, Anda bisa masuk ke tahap selanjutnya. Ya, membuat rencana bisnis 2021 yang menjelang ini. Hati-hati, jangan terbiasa “berjalan mengikuti arus” ya, Sahabat Laysander. Ibaratnya nih, air akan terus mengalir ke tempat yang lebih rendah loh. Jadi, kalau kamu hanya mengikut arus, bisa-bisa terseret terus ke bawah, bahaya!

Baca juga: Tips Promosi Usaha yang Efektif Agar Penjualanmu Meningkat!

Karena itu, selalu miliki perencanaan yang baik sebelum memulai langkah. Memang, seperti 2020 yang tidak bisa ditebak dan banyak hal “mengejutkan” terjadi, keadaan 2021 pun tidak ada yang tahu. Tapi ingat, perencanaan yang baik sudah mengantarkan kamu ke setengah perjalanan yang berhasil! Karena itu, jelas penting untuk membuat rencana bisnis 2021.

Anda bisa merencanakan berbagai hal, misalnya saja dari segi keuangan. Pastikan untuk terus memiliki cashflow dan dana cadangan untuk usaha Anda ya! Dengan begitu, setiap bulan tidak perlu terus kepikiran, jika seandainya sampai ada pembayaran yang macet.

Selain itu, sesuai bahan evaluasi, kembangkan dan ciptakan inovasi atas produk yang Anda jual. Tentunya, dengan memperhitungkan customer dan target market Anda ya. Kembangkan pula jangkauan Anda terhadap si target market, alias cara promosi Anda.

Kalau selama ini hanya dari mulut ke mulut, atau hanya dengan spanduk yang dipajang di depan toko, dalam rencana bisnis 2021 Anda bisa mulai coba hal lain loh. Misalnya kembangkan performa Anda di media sosial seperti Instagram dan Facebook, maupun di marketplace. Jika belum ramai pengunjung, Anda bisa beriklan ke target yang sesuai agar bisa lebih banyak yang melihat.

Saatnya Mengembangkan Usaha Anda untuk Rencana Bisnis 2021!

Nah, kalau selama 2020 ini usaha Anda berkembang pesat, tak ada salahnya untuk mulai merancanakan ekspansi dalam rencana bisnis 2021. Betul iklim ekonomi sedang tidak bagus, tapi kalau usaha Anda menemukan banyak peluang dan kesempatan di tahun ini, kenapa tidak? Toh cashflow dan dana cadangan masih banyak, melengkapi usaha Anda dengan mesin digital printing yang baru bisa jadi opsi yang baik.

Dengan mesin digital printing yang melengkapi, Anda bisa hasilkan lebih banyak produk, dan menyasar lebih banyak customer. Jika sebelumnya hanya bermain di bidang advertising, Anda tentu menyadari pasar textile printing pun sedang berkembang pesat. Karena itu, tambahan printer sublimasi bisa jadi opsi yang baik!

Mau membuat rencana 2021 dan mengembangkan usaha Anda lebih lagi, tapi masih bingung? Tenang, tim konsultan kami siap membantu, hubungi kami sekarang juga!

Reply

truth about penis enlargement|Navy Weight Loss Supplement Policy|How To Mkae Edibles With Thc Oil