Selain Jaket, Ini Manfaat Lain Bahan Kain Taslan

Selain Jaket, Ini Manfaat Lain Bahan Kain Taslan
Selain Jaket, Ini Manfaat Lain Bahan Kain Taslan

Sahabat Laysander pasti sudah tidak asing lagi dengan jaket bomber kekinian yang kini booming di masyarakat? Selain bisa menunjang penampilan Sahabat Laysander menjadi lebih modis, beberapa jenis jaket ini juga didesain tahan air dan anti angin, loh. Namun, tahukah Sahabat Laysander jika kain yang banyak digunakan untuk membuat jaket bomber adalah kain taslan? Jika belum, yuk kita kenali bersama!

Kain taslan adalah kain modern yang diproduksi dengan menggunakan nano-teknologi. Kain ini terbentuk dari benang sintesis bertekstur yang memiliki kerapatan tinggi sehingga akan terasa lembut saat dikenakan. Meskipun begitu, kain taslan memiliki daya tahan yang baik, loh, Sahabat Laysander.

Salah satu contoh kain taslan
Salah satu contoh kain taslan

Baca juga: Kain dan Kaos Bisa Dicetak Ekslusif, Caranya?

Selain itu, adapula kain taslan yang terbentuk dari serat polyester yang diberi lapisan coating tambahan. Material yang sering digunakan untuk lapisan coatingnya antara lain polyurethane, silicon, lilin, akrilat tau PTFE. Lapisan inilah yang menambah daya tahan kain taslan terhadap gesekan, sinar matahari, air, jamur, api, dan kemungkinan warna yang cepat luntur.

Kain taslan pertama kali dibuat pada 19 Oktober 1954 di Jerman. Awalnya, kata taslan diambil dari salah satu metode bulking dan pembuatan benang yang memanfaatkan tekanan udara. Proses pembuatan benang yang menyusun kain ini pun terbilang sederhana yakni memasukkan untaian benang filament yang panjang ke dalam nozzle jet kecil dengan berbagai macam jumlah slack. Kemudian benang filament tersebut diubah menyerupai benang pintal dengan menggunakantekanan udara diatas 100 psi. Nah, metode inilah yang kemudian dikenal dengan istilah taslanising dan merupakan awal nama taslan digunakan.

Selain sering digunakan untuk membuat jaket bomber atau jaket olahraga yang anti air, kelebihan lainnya yang dimiliki oleh kain taslan adalah anti jamur dan anti noda karena sangat mudah dibersihkan. Kemampuan cepat kering dan tidak mudah lecek juga menjadi point plus dari kain taslan ini. Terakhir, tekstur kain taslan yang tebal, memungkinkan penggunanya merasa hangat saat menggunakannya di musim hujan.

Banyaknya kelebihan yang dimiliki kain taslan, membuat kain ini kerap digunakan untuk berbagai kebutuhan. Berikut beberapa kebutuhan yang dibuat dengan bahan baku kain taslan :

Bahan taslan bisa dijadikan produksi jaket keren
Bahan taslan bisa dijadikan produksi jaket keren

Baca juga: Apa Kebutuhan Mulai Bisnis Digital Printing?

Selain jaket bomber, saat ini banyak jenis jaket yang dibuat dengan menggunakan kain taslan. Salah satunya adalah jaket windbreaker yang dirancang untuk mengantisipasi angin atau hujan ringan. Selain itu, kain taslan juga kerap digunakan untuk membuat jaket parka, jaket organisasi, bahkan jaket olahraga karena sifatnya yang ringan namun anti air.

Celana

Produk lainnya yang kini banyak menggunakan bahan taslan adalah celana. Biasanya kain taslan digunakan untuk membuat celana outdoor. Hal ini dikarenakan sifat kain taslan yang mudah menyerap keringat namun juga cepat mengering sehingga celana tersebut dapat digunakan sepanjang hari dengan nyaman.

Tas

Sahabat Laysander pasti sudah tidak asing lagi dengan tas ransel model serut yang kini banyak digunakan sebagai goodie bag. Sebenarnya bahan baku dari tas ransel serut tersebut ialah kain taslan. Tekstur kain taslan yang kuat dan tebal memungkinkan tas ransel serut ini membawa banyak barang di dalamnya. Meskipun teksturnya tebal, namun kain taslan tetap ringan sehingga mudah dilipat saat tas ingin disimpan.

Beanbag

Kain taslan bisa Anda produksi menjadi beanbag cantik
Kain taslan bisa Anda produksi menjadi beanbag cantik

Siapa sangka, sofa bantal yang kekinian ini juga menggunakan kain taslan sebagai bahan bakunya, loh. Supaya beanbag terasa empuk, maka Sahabat Laysander hanya perlu mengisi kain taslan dengan butiran styrofoam yang banyak. Jangan lupa untuk menjahit bagian luarnya agar butiran styrofoam tidak keluar. Sifat kain taslan yang ringan menyebabkan beanbag menjadi ringan sehingga mudah untuk dipindahkan.

Jas Hujan

Baca juga: Lawan COVID-19, Tolong Dengan Printing Kain!

Sifat tahan air pada kain taslan, tentunya dimanfaatkan pula pada pembuatan jas hujan. Biasanya jenis kain taslan yang digunakan untuk membuat jas hujan ini ialah taslan latex dan taslan balon. Untuk daya tahan, kain taslan balon lebih direkomendasikan untuk membuat jas hujan dibandingkan dengan kain taslan latex yang masih bisa menyerap air.

Tenda

Dalam kegiatan perkemahan, tentu tenda menjadi barang yang penting sebagai tempat singgah sementara. Untuk itu, penggunaan kain taslan sebagai bahan baku tenda sangat direkomendasikan karena dapat melindungi dari sinar matahari dan air hujan. Sama seperti jas hujan, biasanya jenis kain taslan yang sering digunakan untuk membuat tenda ialah kain taslan balon.

Cover Mobil dan Motor

Produksi cover mobil dengan kain taslan
Produksi cover mobil dengan kain taslan

Cover mobil dan motor, seringkali digunakan untuk melindungi dari debu, sinar matahari, serta hujan yang dapat merusak cat serta mesin mobil atau motor. Untuk itu, cover mobil dan motor juga sering dibuat dengan kain taslan balon, loh.

Begitu banyak pemanfaatan kain taslan saat ini untuk berbagai kebutuhan. Agar semakin unik dan menarik, penambahan berbagai motif pada kain taslan pun bisa Sahabat Laysander coba, loh. Sahabat Laysander dapat menggunakan mesin printing kain sublim Laysander untuk membuat beragam motif sesuai yang kalian inginkan.

Namun, bila Sahabat Laysander masih ingin mencari inspirasi pembuatan produk hasil printing kain lainnya, silahkan kunjungi news.laysander.com atau langsung hubungi kami ya!

Baca juga: Apakah Bisa Cetak Langsung di Bahan Polyester?

Reply

× Apa yang bisa dibantu?