Trend Dus Makanan yang Aman dan Wajib Diikuti

Dus Makanan Cepat Saji

Bisnis kuliner di masa pandemi ini semakin berkembang, apalagi dengan bantuan media sosial. Salah satu hal yang menjadi trend dan membuat bisnis kuliner ini menarik adalah dus atau kemasannya. Dus yang baik akan menambah nilai jual dari produk atau makanan yang ditawarkan.

Laysander Trend Dus Makanan yang Aman freepik.com

Trend Dus Makanan di Bisnis Makanan Online 

Trend kemasan sedang diminati oleh masyarakat untuk menambah nilai jual produk. Dus makanan sebagai identitas produk dapat menjadi media untuk menunjukan visi dan misi usaha yang dibangun bagi konsumen. Pada trend ini, dus makanan menjadi salah satu penentu kepuasan konsumen ketika melihat suatu produk. Sebanyak 49% konsumen mengunduh aplikasi belanja untuk pertama kalinya, hal ini menunjukan antusiasme dan pertumbuhan masyarakat Indonesia untuk berbelanja secara online, termasuk berbelanja makanan.

Baca Juga: Tingkatkan Penjualan dengan Packaging Unik nan Cantik

Menjadi sebuah kesempatan emas bagi pelaku usaha makanan untuk mengikuti trend packaging ini bagi produk yang ingin ditawarkan. Hal ini juga tentunya adalah cara yang baik bagi para pelaku usaha makanan untuk menyesuaikan produk makanan dengan perkembangan zaman saat ini. Pertimbangan utama dalam menentukan kemasan adalah kebutuhan masyarakat dan keamanan produk makanan di dalamnya.

Pentingnya Dus Makanan

Ketika membeli sebuah produk makanan, umumnya dilengkapi dengan kemasan. Berikut ini adalah alasan-alasan mengapa kemasan atau dus makanan penting.

Laysander Trend Dus Makanan yang Aman

Dus Makanan Sebagai Pelindung Produk

Dus makanan yang baik harus berfungsi sebagai pelindung produk atau makanan yang ada di dalamnya. Selain menjaga produk tetap dalam tampilan yang sempurna, kemasan harus bisa menjaga makanan dari debu dan kotoran dari luar. Dengan menjaga makanan tetap steril, dus juga menjaga kualitas dari makanan yang berada di dalamnya.

Baca Juga: Mengenal Jenis-Jenis Sticker Produk dan Fungsinya

Desain Dus Makanan Sebagai Identitas

Hal yang menarik pada dus makanan adalah desain atau tampilannya. Dus makanan dapat dicetak dengan berbagai warna dan juga gambar agar produk menjadi lebih menarik. Packaging dapat menjadi identitas suatu brand atau merek dengan menggunakan warna identitas dan juga logo produk. Hal ini juga tentunya menjadi pembeda antara produk makanan untuk jenis yang sama.

Dus Makanan Hamburger

Dus Makanan Memberikan Kesan

Dus makanan yang menarik memberikan kesan tersendiri bagi konsumennya. Keinginan untuk mengabadikan dan membagikannya di media sosial menjadi nilai tersendiri bagi kemasan yang baik. Dus makanan yang mempunyai karakter, secara tidak langsung memilih target pasar yang dituju. Pemilihan warna secara tidak langsung juga memberikan kesan bagi tersendiri, seperti warna cerah yang memberikan kesan kalau makanan di dalamnya memberikan keceriaan dan kebahagiaan.

Syarat dan Ketentuan Dus Makanan Food Grade

Selain desain yang menarik, salah satu hal penting yang perlu diperhatikan dari dus untuk sebuah makanan adalah food grade atau layak dan aman untuk makanan serta tentunya ramah lingkungan. Konsumen saat ini sudah lebih pintar dalam memilih produk makanan yang dibeli. Selain menjaga makanan tetap baik dan higienis, tingkat food grade dapat meningkatkan kelas dan kualitas bisnis makanan. Dus dengan food grade yang bersifat primer tidak boleh dibuat dari bahan-bahan tertentu.

Berdasarkan Peraturan Kepala Badan POM No. HK00.05.55.6497, kemasan yang membungkus makanan atau minuman, baik itu bersentuhan secara langsung maupun tidak, tidak boleh mengandung bahan plastik, kertas, selofan, karet, elastomer, gelas, keramik, logam atau paduan logam, dan karton.

Dus Makanan dari Kertas

Kemasan food grade sudah memiliki regulasi sendiri di berbagai belahan dunia sebagai contoh di negara Eropa memiliki regulasi EC 1935/2004 yang mengatur jenis senyawa kimia, tingkat kandungan, identifikasi asal dari senyawa, dan juga ambang batas pencemaran dari bahan kemasan tersebut.

Standar regulasi di Amerika Serikat diberlakukan oleh Food and Drug Administration (FDA) yang mewajibkan setiap produsen kemasan untuk menjabarkan seluruh bahan utama dari pembuatan kemasan yang mereka produksi. Secara garis besar pada setiap regulasi memperhatikan bagaimana setiap komponen bahan dasar kemasan memenuhi standar food grade dilihat dari jenis senyawa kimia, proses penguraian, level kemurnian, dan ketentuan batasan penggunaan.

Mesin Cutting Packaging

Mesin Cutting Packaging iECHO

Trend dus makanan semakin meningkat seiring dengan berkembangnya bisnis kuliner atau F&B berbasis digital yang bisa dipesan secara online dimana saja dan kapan saja. Variasi packaging semakin beraneka ragam sebagai promosi untuk menarik minat konsumen pada produk yang ditawarkan. Sebagai pengusaha pada industri percetakan, inilah sebuah kesempatan emas untuk ikut terjun dengan cara memberikan pelayanan cetak dus makanan yang cepat dan berkualitas.

Laysander selalu meningkatkan kebutuhan mesin cetak yang cocok dengan pembuatan dus makanan yang baik. Bagi Sahabat Laysander yang membutuhkan perlengkapan untuk memproduksi kemasan seperti printer dan mesin cutting packaging, dapat menghubungi Laysander di nomor berikut ini.

Baca Juga: Estimasi Modal dan Untung Bisnis Digital Printing

Alamat

Jalan Pahlawan Seribu
Ruko Golden Boulevard R 21
BSD City - Tangerang
Indonesia

Service Center:

- Bandung   - Lombok   - Surabaya   - Yogyakarta   - Medan   - Jambi

Hubungi Kami

TELP: 021 5316 1450
Whatsapp: 0813 9944 8891

Sosial Media