Ini Dia Tinta Sublim Terbaik untuk Mencetak Aneka Bahan Kain!

Ini Dia Tinta Sublim Terbaik untuk Mencetak Aneka Bahan Kain!

Tinta Hongsam Sublim

Pilihan mesin digital printing yang tepat, tentu sangat penting ya untuk menghasilkan hasil cetak kain yang baik. Tapi bahan lainnya yang tidak kalah penting adalah pemilihan tipe bahan kain yang sesuai dengan mesin printer serta tinta kain yang digunakan, loh, terlebih untuk kebutuhan tinta sublim. Karena jika tidak, tentu hasil tinta pun tidak akan menempel sempurna sehingga hasil cetaknya juga menjadi kurang maksimal. Ada banyak tinta yang pernah kita bahan sebelumnya dari mulai tinta reaktif sampai dengan tinta sublim.

TS 1

Menariknya, saat ini tinta sublim lah yang paling banyak digunakan oleh para pelaku bisnis digital printing kain. Bukan hanya jenis tintanya yang mudah ditemukan di pasaran, namun juga dinilai lebih ekonomis dan efisien dalam produksi besar karena hasilnya yang lebih tajam dan cerah. Kembali ke pembahasan awal, kelebihan tinta ini akan bekerja secara maksimal jika pemilihan bahan kain yang digunakan juga tepat. Untuk itu, yuk kita lihat bahan-bahan apa saja yang cocok dicetak dengan tinta jenis sublim ini!

Baca Juga: 5 Bahan Baju Olahraga Favorit Paling Laris di Pasaran

Jenis Bahan Kain yang Cocok dengan Tinta Sublim

Sesuai dengan nama tintanya, tinta sublim tentu dicetak dengan metode sublimasi ya. Metode sublimasi adalah teknik mencetak pada kain yang menggunakan bantuan transfer paper dan mesin heat press untuk menguncinya. Tinta jenis ini pada umumnya bisa dibagi menjadi dua jenis yaitu low and high energy. Namun, keduanya sama-sama memiliki sifat sensitif terhadap suhu sehingga saat dipanaskan tinta akan menempel secara permanen di media cetak kain yang digunakan.

TS 2

Apakah tinta sublimasi bisa digunakan untuk semua bahan? Jawabannya, tidak ya Sahabat Laysander. Tinta sublim hanya bisa bekerja secara maksimal pada bahan kain yang memiliki kandungan polyester. Bahkan, semakin banyak kandungan polyester di dalam kain tersebut, maka semakin bagus pula tinta ini akan bekerja. Alasannya, karena bahan polyester sebenarnya memiliki ketahanan panas yang lebih baik dibandingkan jenis kain lainnya yaitu katun.

Contoh Bahan Kain

Meskipun katun tidak termasuk dalam jajaran bahan kain yang bisa digunakan untuk mencetak dengan tinta sublimasi, namun beberapa pilihan kain ini masih bisa kok kalian gunakan untuk mencetak. Apa saja?

Baca Juga: Cetak Kain Polyester hingga Jeans, Gunakan 4 Printer Tekstil Andalan Ini!

Voal

Bahan voal dibuat dari serat kapas 100% sehingga memiliki permukaan yang halus dan mudah dibentuk. Jenis kain ini sangat cocok bila digunakan dengan tinta sublimasi. Biasanya jenis kain ini bisa dibuat menjadi scarf, kerudung, atau bahkan gamis.

TS 3

BSY

Bi Shrinkage Yarn atau yang sering di kenal BSY dibuat dari 100% kain polyster dengan finish menggunakan dua jenis filamen polyester. Karena itulah bahan kain ini sangat halus, lembut, dan tidak panas. Bahan ini cocok dicetak dengan tinta sublimasi dan biasanya hasil jadinya berupa mukena, seragam batik, sarung bantal, taplak meja, dan lainnya.

Jersey

Kain jersey biasanya terbentuk dari jenis tekstil rajutan yang terdiri dari 100% kapas atau juga dicampur dengan bahan lain yang masih mengandung serat sintesis. Jenis kain ini adalah kain favorit yang dicetak dengan menggunakan tinta sublimasi, loh. Hasil cetaknya biasanya berupa perlengkapan olahraga seperti baju bola, celana, dan lainnya.

TS 4

Satin Maxmara

Memiliki tekstur yang lebih lembut dan dingin saat digunakan. Satin Maxmara sering kali dibuat menjadi hijab, gamis, atau scarf. Kain ini juga sangat cocok bila dicetak menggunakan tinta sublim karena terbuat dari serat kain polyester.

Rekomendasi Tinta Sublim

Tinta Hongsam n

Setelah mengetahui jenis bahan yang cocok dengan tinta sublim, kali ini Laysander juga akan memberikan rekomendasi tinta sublim berkualiatas juara yang bisa kalian gunakan untuk usaha kalian nih yaitu Tinta Hongsam.

Tinta Hongsam adalah tinta sublim yang pastinya bisa digunakan di semua bahan yang sudah disebutkan sebelumnya dengan kualitas cetak yang juara. Tinta ini juga stabil dan bisa meminimalisir clogging pada printhead, loh. Gak cuma itu, Tinta Hongsam juga menghasilkan warna dengan light fastness yang tinggi dan sudah terbukti ramah lingkungan karena memiliki sertifikat dari Oeko-Tex. Wah, menarik banget ya? Apalagi kamu bisa langsung order Tinta Hongsam langsung dari Marketplace kami, seperti Tokopedia. Banyak promonya!

Jika Sahabat Laysander tertarik berdiskusi lebih lanjut mengenai Tinta Hongsam atau hal-hal mengenai percetakan sublimasi kain, jangan ragu untuk hubungi tim Laysander lewat WhatsApp, gratis!

Baca Juga: 5 Jenis Tinta Printing Kain, Sudah Kenal Semuanya?

Jenis-Jenis Tinta Kain Printer, Mana yang Sesuai dengan Kebutuhanmu?

Jenis-Jenis Tinta Kain Printer, Mana yang Sesuai dengan Kebutuhanmu?

tinta sublimacion epson sc f500 140ml

Penggunaan tinta dalam industri digital printing tentu sangat penting ya. Selain menentukan kualitas hasil dari percetakan itu sendiri, penggunaan tinta yang berkualitas juga tentu akan mengundang kepuasan bagi pelanggan. Berhubung printer seringkali digunakan untuk mencetak tulisan dan gambar pada berbagai media cetak termasuk pada kain, maka kali ini kita akan membahas jenis-jenis tinta kain ya, Sahabat Laysander.

Baca Juga: Mudah, Coba Ini dan Atasi Warna Tinta Tidak Pekat!

JJT 1 3

Harapannya, setelah kalian mengetahui jenis-jenis tinta kain ini, kalian bisa menentukan mana tinta yang sesuai dengan kebutuhan bisnis digital printing yang kalian miliki. Jadi, yuk kita cari tau apa saja sih jenis-jenis tinta kain itu?

Jenis-Jenis Tinta Mesin Printing Kain

Tinta Kain Jenis Dye-Sublimation

Dalam bahasa Indonesia, kita bisa menyebut dan mengenal tinta jenis ini sebagai tinta kain sublimasi. Bisanya tinta jenis ini akan lebih maksimal kalau kita mengaplikasikannya ke bahan polyester nih, Sahabat Laysander. Karena nama jenis kain ini sublimasi, maka proses pencetakannya pun tidak terlepas dari penggunaan transfer paper ya.

JJT 2

Lebih lengkapnya, setelah kita menyiapkan jenis gambar atau tulisan yang ingin kita cetak, maka langkah selanjutnya kita perlu mencetaknya ke transfer paper sebagai media perantaranya ya. Pada saat proses inilah tinta sublimasi digunakan. Kemudian, proses pencetakan dilanjutkan dengan proses heat press pada kain.  Proses inilah yang nantinya membuat tinta menyublim dari transfer paper kemudian menempel pada kain. 

Baca Juga: Mengenal Transfer Paper Untuk Printing Kain

Tinta Kain Jenis Disperse

Berbeda dengan tinta lainnya, tinta kain disperse dikenal dengan keunikannya karena tinta ini tidak bisa larut di dalam air. Tinta ini juga memiliki molekul yang lebih kecil loh dibandingkan dengan tinta lainnya. Karena itu bahan yang cocok dengan tinta ini adalah bahan polyester.

disperse

Bukan dengan teknik sublimasi, tinta kain disperse biasanya menggunakan teknik direct printing yang bisa mencetak langsung di bahan. Tapi disarankan, sebelum memulai proses mencetak, bahan sebaiknya di-coating terlebih dahulu ya, supaya tinta bisa terkunci pada media kain yang akan dicetak.

Tinta Kain Jenis Reaktif

Tinta Reactive

Bukan bahan polyester, tinta kain reaktif biasanya digunakan untuk mecetak di bahan katun bahkan wol, loh Sahabat Laysander. Untuk penggunaannya, biasanya media kain yang akan dicetak melalui proses coating terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan direct printing atau mencetak langsung di bahan kain. Setelah itu, proses pencetakan dilanjutkan dengan proses pemanasan melalui cara steam untuk mengunci tinta reaktif yang ada di bahan kain.

JJT 3

Tinta Kain Jenis Pigment

Utamanya bahan yang sangat cocok menggunakan tinta kain pigment adalah bahan katun. Tapi, bahan-bahan lainnya juga bisa loh dicetak dengan menggunakan tinta kain ini. Sama seperti tinta lainnya, tinta kain pigment juga membutuhkan panas dari oven atau mesin heat press supaya tintanya dapat menempel dengan sempurna. Salah satu yang menjadikan tinta ini favorit bagi kalangan pemain digital printing adalah karena harganya yang ekonomis. Untuk kualitas hasil cetak, tinta ini juga tidak kalah bagus loh dengan tinta lainnya meskipun harganya lebih murah.

VMS Professional Pigment Refill Ink

Tinta Kain Jenis Acid

Tinta acid sangat berbeda dengan tinta lainnya karena tinta ini khusus untuk mencetak di atas bahan kain yang banyak mengandung fiber baik sintesis seperti nylon maupun natural seperti kain sutera. Satu hal yang “spesial” karena peruntukannya berbeda dari keempat tinta sebelumnya. Penggunaannya untuk bahan dengan kandungan fiber tersebut, membuat tinta acid selalu punya peminat sendiri.

tinta acid

Nah, sekarang Sahabat Laysander sudah tau belum nih tinta apa yang cocok kalian gunakan untuk usaha digital printing kalian? Pastikan kalian memilih sesuai kebutuhan ya. Jika belum tau harus menggunakan tinta apa, jangan ragu untuk menghubungi dan berdiskusi dengan tim Laysander ya! Kami menyediakan layanan konsultasi gratis melalui WhatsApp. Tidak lupa juga kami akan memberikan referensi tinta printer kain terbaik seperti Tinta Sublim dari Hongsam dan tinta ASIA INK lainnya untuk berbagai kebutuhan mesin printer udah digital printing kalian.

Baca Juga: Tinta Asia Ink Ragam Jenis yang Hasilkan Warna Cerah dan Tajam

Ini Alasan Tinta UV Penting untuk Masa Depan Digital Printing

Ini Alasan Tinta UV Penting untuk Masa Depan Digital Printing

Hasil Cetak Tinta UV 3

Perubahan dalam sebuah bisnis dan teknologi adalah hal yang normal terjadi. Artinya banyak perubahan yang harus diikuti termasuk dalam bisnis digital printing. Saat ini sudah banyak yang memproyeksian printer UV berserta dengan tintanya untuk menjadi masa depan dari digital printing. Lantas apa sebenarnya penyebab Printer dan Tinta UV yang digadang-gadang akan jadi masa depan?

Mengenal Tinta UV dan Printer

Seiring berjalannya waktu semakin banyak penyedia layanan cetak mengubah layanan dari konvensional ke digital printing. Tentunya semua ikut berubah termasuk dalam hal teknologi printer dan tintanya. Perubahan dari analog ke digital turut membawa kemajuan teknologi. Printer dan Tinta UV semakin banyak dikembangkan oleh banyak produsen. Sebut saja Fujifilm Ricoh hingga Kyocera yang menciptakan printhead berkualitas tinggi.

Baca Juga: Hasilkan Ragam Souvenir dengan UV Flatbed Mini

Selain karena perkembangan digital printing dan kebutuhan konsumen akan hasil yang lebih baik, ada banyak kelebihan yang ditawarkan. Salah satunya adalah resolusi tinggi. Hal ini cocok digunakan untuk beragam media, bahkan Printer UV menciptakan cetakan dengan banyak layer sehingga karakteristiknya lebih unik.

Hasil Cetak Tinta UV 4

Apa Kelebihan Tinta UV?

Setelah melihat pentingnya UV dalam perubahan digital printing, saatnya kamu memahami beberapa keunggulan Tinta UV. Dengan demikian, akan semakin yakin untuk menggunakan tinta ini untuk kebutuhan digital printing.

1. Hasil Cetak Lebih Kuat

Hasil cetak yang lebih kuat dalam hal ini berarti lebih tahan dari segi warna serta tidak mudah tergores. Tinta UV memiliki kelebihan dari segi ketahanan warna bila dibandingkkan dengan tinta eco solvent serta solvent meskipun tidak melalui proses laminasi.

Cetak UV

Ada banyak kebutuhan yang sangat cocok menggunakan UV, misalnya stiker banner yang di pasang untuk bangunan atau pemakaian stiker dalam jangka waktu lama. Tentunya kamu membutuhkan cetakan yang lebih tahan di segala situasi. Maka cetakan dengan tinta UV adalah pilihan yang tepat.

2. Cocok untuk Media Uncoated

Media uncoated merupakan media yang tidak dicoating secara khusus agar bisa dicetak di mesin digital. Nah, jika memilih media yang tidak melewati proses coating maka sebaiknya kamu menggunakan UV. Karena salah satu karakteristiknya adalah bisa menempel di permukaan bahan. Beberapa media yang bisa dicetak dengan UV antara lain kayu, akrilik, kain hingga kaca.

Baca Juga: Tinta Asia Ink Ragam Jenis yang Hasilkan Warna Cerah dan Tajam

3. Memiliki Kerapatan Tinta yang Tinggi

Saat memproses cetak eco solvent biasanya membutuhkan banyak sapuan. Hal ini dilakukan demi hasil cetakan yang tajam. Tentunya saat melakukan beberapa kali proses sapuan berarti membutuhkan banyak tinta serta waktu yang cukup lama. Dengan memakai tinta UV, masalah ini dengan mudah teratasi, sebab tinta ini memiliki tingkat kerapatan tinggi bila dibandingan dengan tinta jenis lain.

Hasil Cetak Tinta UV

4. Cocok untuk Memberikan Tekstur

Proses cetak juga sering kali membutuhkan tekstur atau disebut juga efek cetakan, contohnya efek embos atau glossy. Tahap finishing ini memberikan keindahan tersendiri bagi hasil cetakan. Pemakaian UV sangat cocok jika kamu memang mencari hasil cetakan yang berhubungan dengan tekstur.

5. Ramah Lingkungan atau Go Green

UV Tinta Volga edited

Di banyak negara maju yang mempedulikan konsep ramah lingkungan, semua hasil cetakan di tempat umum seperti stasiun dan perkantoran mewajibkan memakai cetakan UV. Di Indonesia sendiri hanya beberapa tempat saja yang sudah menggunakan konsep ramah lingkungan ini.

Kenapa Banyak Orang Memilih Tinta UV?

Hal mendasar yang membuat orang banyak memilih tinta UV adalah dari segi teknologi yang lebih mutakhir. Apalagi tinta UV bisa digunakan di banyak media. Semakin banyak kreatifitas yang tentunya dimiliki orang untuk menggunakan digital printing.

Tinta Asia Ink Valco

Selain itu kualitas tinta yang lebih baik juga menjadi salah satu pertimbangan. Apalagi tinta UV tidak membutuhkan beberapa kali cetak untuk mendapatkan hasil terbaik. Kelebihan dan kemajuan fitur inilah yang membuat banyak orang berpaling ke tinta UV. Printer dan Tinta UV memang punya keunggulan tersendiri, walau jika dihitung dari harga masih terbilang mahal, namun semua kembali lagi pada kualitas yang dihasilkan.

Seiring berjalannya waktu, penggunaan Printer dan Tinta UV dalam digital printing akan terus berkembang. Kami pun menyediakan Printer dan Tinta UV yang berkualitas, Anda bisa melihatnya di website www.laysander.com untuk pilihan printer uv dan asia.ink untuk tinta uv.

Baca Juga: 3 Variasi Printer UV Berbagai Kebutuhan

Alamat

Jalan Pahlawan Seribu
Ruko Golden Boulevard R 21
BSD City - Tangerang
Indonesia

Service Center:

- Bandung   - Lombok   - Surabaya   - Yogyakarta   - Medan   - Jambi

Hubungi Kami

TELP: 021 5316 1450
Whatsapp: 0813 9944 8891

Sosial Media