Ini Alasan Tinta UV Penting untuk Masa Depan Digital Printing

Hasil Cetak Tinta UV 3

Perubahan dalam sebuah bisnis dan teknologi adalah hal yang normal terjadi. Artinya banyak perubahan yang harus diikuti termasuk dalam bisnis digital printing. Saat ini sudah banyak yang memproyeksian printer UV berserta dengan tintanya untuk menjadi masa depan dari digital printing. Lantas apa sebenarnya penyebab Printer dan Tinta UV yang digadang-gadang akan jadi masa depan?

Mengenal Tinta UV dan Printer

Seiring berjalannya waktu semakin banyak penyedia layanan cetak mengubah layanan dari konvensional ke digital printing. Tentunya semua ikut berubah termasuk dalam hal teknologi printer dan tintanya. Perubahan dari analog ke digital turut membawa kemajuan teknologi. Printer dan Tinta UV semakin banyak dikembangkan oleh banyak produsen. Sebut saja Fujifilm Ricoh hingga Kyocera yang menciptakan printhead berkualitas tinggi.

Baca Juga: Hasilkan Ragam Souvenir dengan UV Flatbed Mini

Selain karena perkembangan digital printing dan kebutuhan konsumen akan hasil yang lebih baik, ada banyak kelebihan yang ditawarkan. Salah satunya adalah resolusi tinggi. Hal ini cocok digunakan untuk beragam media, bahkan Printer UV menciptakan cetakan dengan banyak layer sehingga karakteristiknya lebih unik.

Hasil Cetak Tinta UV 4

Apa Kelebihan Tinta UV?

Setelah melihat pentingnya UV dalam perubahan digital printing, saatnya kamu memahami beberapa keunggulan Tinta UV. Dengan demikian, akan semakin yakin untuk menggunakan tinta ini untuk kebutuhan digital printing.

1. Hasil Cetak Lebih Kuat

Hasil cetak yang lebih kuat dalam hal ini berarti lebih tahan dari segi warna serta tidak mudah tergores. Tinta UV memiliki kelebihan dari segi ketahanan warna bila dibandingkkan dengan tinta eco solvent serta solvent meskipun tidak melalui proses laminasi.

Cetak UV

Ada banyak kebutuhan yang sangat cocok menggunakan UV, misalnya stiker banner yang di pasang untuk bangunan atau pemakaian stiker dalam jangka waktu lama. Tentunya kamu membutuhkan cetakan yang lebih tahan di segala situasi. Maka cetakan dengan tinta UV adalah pilihan yang tepat.

2. Cocok untuk Media Uncoated

Media uncoated merupakan media yang tidak dicoating secara khusus agar bisa dicetak di mesin digital. Nah, jika memilih media yang tidak melewati proses coating maka sebaiknya kamu menggunakan UV. Karena salah satu karakteristiknya adalah bisa menempel di permukaan bahan. Beberapa media yang bisa dicetak dengan UV antara lain kayu, akrilik, kain hingga kaca.

Baca Juga: Tinta Asia Ink Ragam Jenis yang Hasilkan Warna Cerah dan Tajam

3. Memiliki Kerapatan Tinta yang Tinggi

Saat memproses cetak eco solvent biasanya membutuhkan banyak sapuan. Hal ini dilakukan demi hasil cetakan yang tajam. Tentunya saat melakukan beberapa kali proses sapuan berarti membutuhkan banyak tinta serta waktu yang cukup lama. Dengan memakai tinta UV, masalah ini dengan mudah teratasi, sebab tinta ini memiliki tingkat kerapatan tinggi bila dibandingan dengan tinta jenis lain.

Hasil Cetak Tinta UV

4. Cocok untuk Memberikan Tekstur

Proses cetak juga sering kali membutuhkan tekstur atau disebut juga efek cetakan, contohnya efek embos atau glossy. Tahap finishing ini memberikan keindahan tersendiri bagi hasil cetakan. Pemakaian UV sangat cocok jika kamu memang mencari hasil cetakan yang berhubungan dengan tekstur.

5. Ramah Lingkungan atau Go Green

UV Tinta Volga edited

Di banyak negara maju yang mempedulikan konsep ramah lingkungan, semua hasil cetakan di tempat umum seperti stasiun dan perkantoran mewajibkan memakai cetakan UV. Di Indonesia sendiri hanya beberapa tempat saja yang sudah menggunakan konsep ramah lingkungan ini.

Kenapa Banyak Orang Memilih Tinta UV?

Hal mendasar yang membuat orang banyak memilih tinta UV adalah dari segi teknologi yang lebih mutakhir. Apalagi tinta UV bisa digunakan di banyak media. Semakin banyak kreatifitas yang tentunya dimiliki orang untuk menggunakan digital printing.

Tinta Asia Ink Valco

Selain itu kualitas tinta yang lebih baik juga menjadi salah satu pertimbangan. Apalagi tinta UV tidak membutuhkan beberapa kali cetak untuk mendapatkan hasil terbaik. Kelebihan dan kemajuan fitur inilah yang membuat banyak orang berpaling ke tinta UV. Printer dan Tinta UV memang punya keunggulan tersendiri, walau jika dihitung dari harga masih terbilang mahal, namun semua kembali lagi pada kualitas yang dihasilkan.

Seiring berjalannya waktu, penggunaan Printer dan Tinta UV dalam digital printing akan terus berkembang. Kami pun menyediakan Printer dan Tinta UV yang berkualitas, Anda bisa melihatnya di website www.laysander.com untuk pilihan printer uv dan asia.ink untuk tinta uv.

Baca Juga: 3 Variasi Printer UV Berbagai Kebutuhan