Ini Dia Tinta Sublim Terbaik untuk Mencetak Aneka Bahan Kain!

Tinta Hongsam Sublim

Pilihan mesin digital printing yang tepat, tentu sangat penting ya untuk menghasilkan hasil cetak kain yang baik. Tapi bahan lainnya yang tidak kalah penting adalah pemilihan tipe bahan kain yang sesuai dengan mesin printer serta tinta kain yang digunakan, loh, terlebih untuk kebutuhan tinta sublim. Karena jika tidak, tentu hasil tinta pun tidak akan menempel sempurna sehingga hasil cetaknya juga menjadi kurang maksimal. Ada banyak tinta yang pernah kita bahan sebelumnya dari mulai tinta reaktif sampai dengan tinta sublim.

TS 1

Menariknya, saat ini tinta sublim lah yang paling banyak digunakan oleh para pelaku bisnis digital printing kain. Bukan hanya jenis tintanya yang mudah ditemukan di pasaran, namun juga dinilai lebih ekonomis dan efisien dalam produksi besar karena hasilnya yang lebih tajam dan cerah. Kembali ke pembahasan awal, kelebihan tinta ini akan bekerja secara maksimal jika pemilihan bahan kain yang digunakan juga tepat. Untuk itu, yuk kita lihat bahan-bahan apa saja yang cocok dicetak dengan tinta jenis sublim ini!

Baca Juga: 5 Bahan Baju Olahraga Favorit Paling Laris di Pasaran

Jenis Bahan Kain yang Cocok dengan Tinta Sublim

Sesuai dengan nama tintanya, tinta sublim tentu dicetak dengan metode sublimasi ya. Metode sublimasi adalah teknik mencetak pada kain yang menggunakan bantuan transfer paper dan mesin heat press untuk menguncinya. Tinta jenis ini pada umumnya bisa dibagi menjadi dua jenis yaitu low and high energy. Namun, keduanya sama-sama memiliki sifat sensitif terhadap suhu sehingga saat dipanaskan tinta akan menempel secara permanen di media cetak kain yang digunakan.

TS 2

Apakah tinta sublimasi bisa digunakan untuk semua bahan? Jawabannya, tidak ya Sahabat Laysander. Tinta sublim hanya bisa bekerja secara maksimal pada bahan kain yang memiliki kandungan polyester. Bahkan, semakin banyak kandungan polyester di dalam kain tersebut, maka semakin bagus pula tinta ini akan bekerja. Alasannya, karena bahan polyester sebenarnya memiliki ketahanan panas yang lebih baik dibandingkan jenis kain lainnya yaitu katun.

Contoh Bahan Kain

Meskipun katun tidak termasuk dalam jajaran bahan kain yang bisa digunakan untuk mencetak dengan tinta sublimasi, namun beberapa pilihan kain ini masih bisa kok kalian gunakan untuk mencetak. Apa saja?

Baca Juga: Cetak Kain Polyester hingga Jeans, Gunakan 4 Printer Tekstil Andalan Ini!

Voal

Bahan voal dibuat dari serat kapas 100% sehingga memiliki permukaan yang halus dan mudah dibentuk. Jenis kain ini sangat cocok bila digunakan dengan tinta sublimasi. Biasanya jenis kain ini bisa dibuat menjadi scarf, kerudung, atau bahkan gamis.

TS 3

BSY

Bi Shrinkage Yarn atau yang sering di kenal BSY dibuat dari 100% kain polyster dengan finish menggunakan dua jenis filamen polyester. Karena itulah bahan kain ini sangat halus, lembut, dan tidak panas. Bahan ini cocok dicetak dengan tinta sublimasi dan biasanya hasil jadinya berupa mukena, seragam batik, sarung bantal, taplak meja, dan lainnya.

Jersey

Kain jersey biasanya terbentuk dari jenis tekstil rajutan yang terdiri dari 100% kapas atau juga dicampur dengan bahan lain yang masih mengandung serat sintesis. Jenis kain ini adalah kain favorit yang dicetak dengan menggunakan tinta sublimasi, loh. Hasil cetaknya biasanya berupa perlengkapan olahraga seperti baju bola, celana, dan lainnya.

TS 4

Satin Maxmara

Memiliki tekstur yang lebih lembut dan dingin saat digunakan. Satin Maxmara sering kali dibuat menjadi hijab, gamis, atau scarf. Kain ini juga sangat cocok bila dicetak menggunakan tinta sublim karena terbuat dari serat kain polyester.

Rekomendasi Tinta Sublim

Tinta Hongsam n

Setelah mengetahui jenis bahan yang cocok dengan tinta sublim, kali ini Laysander juga akan memberikan rekomendasi tinta sublim berkualiatas juara yang bisa kalian gunakan untuk usaha kalian nih yaitu Tinta Hongsam.

Tinta Hongsam adalah tinta sublim yang pastinya bisa digunakan di semua bahan yang sudah disebutkan sebelumnya dengan kualitas cetak yang juara. Tinta ini juga stabil dan bisa meminimalisir clogging pada printhead, loh. Gak cuma itu, Tinta Hongsam juga menghasilkan warna dengan light fastness yang tinggi dan sudah terbukti ramah lingkungan karena memiliki sertifikat dari Oeko-Tex. Wah, menarik banget ya? Apalagi kamu bisa langsung order Tinta Hongsam langsung dari Marketplace kami, seperti Tokopedia. Banyak promonya!

Jika Sahabat Laysander tertarik berdiskusi lebih lanjut mengenai Tinta Hongsam atau hal-hal mengenai percetakan sublimasi kain, jangan ragu untuk hubungi tim Laysander lewat WhatsApp, gratis!

Baca Juga: 5 Jenis Tinta Printing Kain, Sudah Kenal Semuanya?

Alamat

Jalan Pahlawan Seribu
Ruko Golden Boulevard R 21
BSD City - Tangerang
Indonesia

Service Center:

- Bandung   - Lombok   - Surabaya   - Yogyakarta   - Medan   - Jambi

Hubungi Kami

TELP: 021 5316 1450
Whatsapp: 0812 9757 5570

Sosial Media