Tips Ideal Menata Ruang Usaha Printing Agar Mesin Tetap Awet

Tips Ideal Menata Ruang Usaha Printing
Tips Ideal Menata Ruang Usaha Printing

Membeli peralatan dan mesin saat hendak membuka usaha digital printing memang penting. Tapi, perhatikan juga tata ruang dari tempat usaha printing Anda. Menata ruang usaha printing tidak boleh sembarangan, karena berkaitan langsung dengan, mesin, bahan baku seperti tinta dan peralatan lainnya. Selain karena alasan efisiensi alur kerja, tata letak yang tidak sesuai bisa mengakibatkan peralatan dan mesin printing yang kita punya tidak awet bahkan sampai rusak.

Jangan sampai setiap tahunnya kita perlu menyisihkan uang untuk biaya perbaikan hanya karena tata letak yang tidak ideal. Untuk mencegah hal itu terjadi, Laysander punya tips untuk menciptakan ruangan usaha printing yang ideal, agar mesin tetap awet serta memberikan kenyamanan bagi pemilik dan pelanggannya.

Perhatikan dan Sesuaikan Ukuran Ruangan Usaha Printing

Baca Juga: Estimasi Modal dan Untung Bisnis Digital Printing

Hal pertama yang perlu kalian perhatikan saat membuka tempat usaha printing ialah ruangan. Selain karena pertimbangan ukuran mesin printing yang terbilang besar, kalian juga perlu mempertimbangkan jarak antar mesin ke mesin dan akses jalan untuk para pegawai yang mudah supaya efisiensi kerja bisa tercapai. Ruangan usaha printing idealnya memiliki ukuran minimal 7 x 4 meter atau minimal terdapat jarak 1 meter lebih lebar dari semua sisi printer.

Tips Menata Ruangan Ideal Untuk Usaha Printing Supaya Mesin Awet
Tips Menata Ruangan Ideal Untuk Usaha Printing Supaya Mesin Awet

Serta disarankan untuk ruangan dalam kondisi tertutup atau bisa menambahkan sekat untuk melindungi ruangan supaya tetap bersih dari debu serta suhu ruangan dapat terus terjaga, sehingga performa mesin pun dapat berjalan baik dan awet.

Tata Letak AC Yang Tepat Untuk Usaha Printing

Tips selanjutnya adalah perlu memperhatikan tata letak dari AC. Dalam hal ini, penggunaan AC sangat penting untuk mengatur dengan baik sirkulasi udara di dalam ruangan. Jika tidak, salah satu hal yang mungkin terjadi adalah tumbuhnya jamur yang pasti membahayakan mesin printer serta bahan baku yang akan kalian gunakan. Jadi, pastikan ruangan usaha printing kalian berada di ruangan yang dilengkapi dengan AC.

Tips Ideal Menata Ruang Usaha Printing
Tips Ideal Menata Ruang Usaha Printing

Baca Juga: Bau Tinta Digital Printing, Berbahaya Nggak?

Tips tambahan dalam penggunaan AC agar memaksimalkan kinerja dan melindungi mesin printer dari hal-hal yang tidak diinginkan, adalah dengan pengaturan tata letak AC seperti berikut ini:

  1. Jangan meletakkan AC di dekat pintu karena bisa membuat ruangan menjadi tidak dingin sesuai dengan kebutuhan mesin. Ingat, bila suhu ruang tidak stabil maka bisa menyebabkan mesin cepat berjamur.
  2. Jangan memposisikan AC di belakang mesin printer, karena hal ini dikhawatirkan akan menimbulkan tetesan bulir-bulir AC pada media cetak.
  3. AC tidak boleh ditempatkan di depan area cetak mesin, karena hembusan angin yang keluar dari AC dapat mengganggu kualitas hasil cetak.

Pastikan Daya Listrik Sesuai Kebutuhan Mesin dan Tambah Stabilizer

Pada umumnya untuk mengoperasikan mesin printer, dibutuhkan daya listrik minimal : 220V ±10%, >20A, 50/60Hz atau 5500watt dalam satu fase pemakaian. Bila kurang dari itu, maka mesin printer tentu tidak dapat beroperasi. Tambahkan juga stabilizer dengan daya 3 sampai dengan 5 KVA (3000 s/d 5000 VA) supaya voltase listrik yang digunakan tetap stabil atau normal.

Gunakan Besi Grounding Untuk Keselamatan Bekerja

Salah satu fungsi penting dari besi grounding adalah untuk keselamatan bekerja. Besi Grounding nantinya akan menjadi penghantar arus listrik yang akan langsung menuju ke tanah ketika kebocoran atau korsleting listrik terjadi. Untuk panjang kabel grounding sebaiknya diukur dari titik pemasangan grounding ke tanah hingga posisi mesin berada.

Baca Juga: 4 Tips Mudah Membuat Usaha Digital Printing Lebih Efisien

Terakhir, Pastikan Ruangan Usaha Printing Selalu Dalam Keadaan Bersih

Tips Menata Ruangan Ideal Untuk Usaha Printing Supaya Mesin Awet
Tips Menata Ruangan Ideal Untuk Usaha Printing Supaya Mesin Awet

Bersihkan ruangan minimal dua kali sehari, pagi dan malam setelah pekerjaan selesai. Bila perlu, setelah mendapat banyak order saat siang hari, tidak ada salahnya juga untuk membersihkan sisa-sisa cetakannya. Hindari juga makan di dalam ruangan atau di dekat printer. Karena jika sisa makanan sampai menempel dan berada di dekat mesin, tentu akan mengundang datangnya semut atau tikus yang bisa menggigit kabel printer. Jadi, selalu pastikan ruangan usaha printing kamu dalam keadaan bersih demi menjaga mesin printer tetap awet.

Itulah beberapa tips menata ruangan yang ideal untuk usaha printingmu. Lakukan satu per satu dan perhatikan detailnya, maka peralatan dan mesin printer pun bisa awet serta efektivitas kerja bisa tercapai.

Menjaga dan merawat ruang usaha printing bukan cuma buat mesin printing tetap awet, tapi juga membuat ruang usaha printing tampil bersih dan nyaman sehingga pelanggan kamu tetap awet dan bertambah banyak. Untuk tahu lebih banyak lagi tentang apa saja yang diperlukan sebelum memulai usaha digital printing, hubungi kami di 021-53161450.

Baca Juga: Strategi Jalankan Usaha Digital Printing Saat New Normal

Reply

× Apa yang bisa dibantu?