Tips Menentukan Media Promosi yang Tepat untuk Bisnis Anda

Tips Menentukan Media Promosi
Tips Menentukan Media Promosi

Ada banyak sekali jenis media promosi cetak yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis Anda, namun dari sekian banyak pilihan yang ada, bagaimana cara menentukan media promosi yang tepat? Apakah hasil dari menentukan media promosi saat ini sudah sesuai dengan ekspektasi?

Apabila Anda tidak mendapatkan hasil yang memuaskan, mungkin ini saatnya Anda pikirkan ulang strategi pemasaran Anda, salah satunya dengan menentukan media promosi yang tepat. Tak perlu bingung bagaimana caranya, yuk kita bahas secara detail di artikel ini!

Tentukan Tujuan Promosi Anda

Tentukan Tujuan Promosi Anda
Menentukan tujuan berperan penting dalam memilih media promosi

Hal satu ini rasanya sudah menjadi kewajiban dalam memulai apa pun, yaitu mengetahui tujuan dan apa yang ingin dicapai melalui promosi Anda. Apakah Anda ingin meningkatkan penjualan, memperkenalkan produk baru, memperkenalkan acara, mengumumkan penghargaan yang baru bisnis Anda raih, atau ada tujuan spesifik lain yang ingin Anda capai? Pastikan Anda sudah mengetahui dengan jelas arah dari promosi yang akan dibuat, karena nantinya media yang Anda pilih akan memengaruhi hasil dari promosi Anda.

Baca juga: 4 Tips Mudah Membuat Usaha Digital Printing Lebih Efisien

Tentukan Target Audience dan Pahami Perilaku Mereka

Tentukan Target Audience dan Pahami Perilaku Mereka untuk Menentukan Media Promosi
Tentukan target audience dan pahami perilaku mereka untuk menentukan media promosi

Menentukan target audience sepintas terlihat mudah, namun jangan sampai Anda lupa untuk memahami bagaimana perilaku dari target audience Anda. Di zaman sekarang, banyak anak mudah sudah mulai fokus dengan media sosial mereka. Jika target audience Anda terdiri dari demografis kalangan yang lebih muda, bisa jadi media online merupakan pilihan tepat untuk mendukung promosi Anda.

Media sosial pun ada banyak jenisnya dan memang sebaiknya Anda mendalami beragam jenis dan cara kerjanya agar lebih paham mengenai keuntungan dan kelebihan dari tiap platform. Di luar itu, cocokkan juga demografi target audience Anda dengan poin pertama, yaitu tujuan promosi Anda. Ada kemungkinan, media offline seperti baliho, poster, atau banner ternyata lebih cocok digunakan untuk tujuan Anda.

Menentukan Media Promosi Offline: Lokasi Penempatan Iklan

Percetakan Bukan Hanya Iklan
Lokasi juga jadi faktor penting dalam menentukan media promosi

Baca juga: USAHA DIGITAL PRINTING – MEDIA PROMOSI

Mengetahui lokasi untuk pemasangan iklan offline akan sangat membantu Anda dalam melakukan produksi yang sesuai dengan spesifikasi khusus. Contohnya apabila Anda memutuskan untuk memasang spanduk atau banner di luar ruangan (outdoor), Anda bisa mencetak dengan menggunakan mesin printing outdoor yang menggunakan tinta minyak dan lebih awet terhadap dampak cuaca. Sedangkan untuk media di dalam ruangan, Anda bisa mengacuhkan faktor cuaca dan memilih dari beragam varian bahan.

Pertimbangkan Anggaran yang Anda Miliki

Pertimbangkan Anggaran yang Anda Miliki dalam Menentukan Media Promosi
Pertimbangkan anggaran yang Anda miliki dalam menentukan media promosi

Dalam setiap keputusan bisnis, anggaran merupakan salah satu hal yang wajib dipertimbangkan dengan baik. Salah-salah mengatur anggaran, yang ada nantinya bisnis Anda malah merugi dan tidak mendatangkan hasil.

Anggaran untuk promosi pun perlu Anda siapkan. Salah satu tips penting untuk mengatur anggaran promosi adalah jangan menghabiskan seluruh anggaran untuk satu media promosi saja. Melainkan, coba untuk membagi anggaran ke beberapa jenis promosi untuk menyebar risiko. Risiko di sini artinya apabila promosi Anda tidak berjalan sesuai dengan harapan, setidaknya Anda masih memiliki media lain dan tidak banyak merugi. Hal ini berlaku terutama jika ini pertama kalinya Anda mencoba promosi, dan tidak tahu mana yang akan bekerja. Karena, ini akan membantu pertimbangan dalam menentukan media promosi yang paling efektif.

Baca juga: Profit dan Cash Flow, Mana Lebih Penting?

Berikut beberapa tips yang bisa Anda coba untuk membagi anggaran marketing:

  • Bagi anggaran untuk 2 hingga 3 media promosi yang akan Anda buat untuk mencegah kerugian apabila salah satu media yang Anda gunakan tidak efektif, sehingga Anda bisa mengatur risiko dengan lebih baik lagi
  • Buat promosi secara berkala daripada sekaligus. Misalnya, coba lakukan promosi selama 2 minggu, kemudian evaluasi hasilnya, baru lanjutkan di minggu berikutnya. Ini juga mempermudah Anda melakukan evaluasi dari hasil promosinya.
  • Manfaatkan skill tim Anda untuk menyiapkan materi promosi. Misalnya tim Graphic Designer untuk mendesain banner atau tim marketing yang menyiapkan strategi pemasaran. Dengan begini, Anda bisa menghemat anggaran untuk merekrut orang tambahan atau perusahaan konsultan eksternal

Baik media online maupun offline, semuanya kembali lagi pada kebutuhan dan tujuan dari promosi Anda. Namun agar tidak salah memilih, sebaiknya pelajari kembali jenis-jenis media yang tersedia karena secara online dan offline, ada banyak sekali variasi media promosi yang bisa dipilih.
Khusus media offline sendiri, medianya beragam mulai dari brosur yang bisa dibagikan ke individu, banner berukuran sedang, umbul-umbul, hingga banner baliho untuk target pasar yang lebih luas. Karena itu, jangan terpaku pada satu hal saat akan menentukan media promosi.

Apa pun pilihannya, hampir semua media promosi cetak non kertas dapat di-print menggunakan mesin digital printing. Mau tahu mesin apa yang cocok untuk memproduksi media promosi cetak milik Anda? Tanyakan langsung pada tim Laysander sekarang!

Baca juga: Tips Promosi Usaha yang Efektif Agar Penjualanmu Meningkat!

Reply

mens enhancement pills|most effective over the counter appetite suppressant|cbd gummies for kids
× Apa yang bisa dibantu?