Tips Merawat Mesin Rekondisi, Ternyata Gak Sesulit Yang Dibayangin!

Merawat Mesin Rekondisi

Sahabat Laysander memiliki mesin digital printing rekondisi di rumah? Jika ya, apakah milik kalian masih dapat berfungsi dengan baik? Pada dasarnya semua mesin printer sama ya. Apabila dirawat dengan baik, tentu kualitas mesinnya pun akan terjaga dengan baik. Bahkan, bila kita merawatnya secara rutin, maka bukan tidak mungkin ya mesin rekondisi bisa bertahan jauh lebih lama daripada mesin-mesin yang baru.

Lalu, sebenarnya bagaimana sih cara merawat mesin printer rekondisi dan hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan ketika merawatnya. Berikut Laysander akan memberikan tips jitunya untuk kalian!

Baca Juga: Ingin Membeli Mesin Rekondisi? Yuk, Cek 5 Hal Ini Dulu!

Ketahui Bagian yang Paling Sering Rusak dari Mesin Rekondisi

Sebelum kita memasuki tipsnya, kita perlu mengetahui terlebih dahulu nih bagian apa saja yang paling sering rusak dari mesin rekondisi. Kenapa? Supaya kita menghindari penyebab-penyebabnya dan memaksimalkan perawatan mesinnya. Lalu, apa saja yang sering rusak dari mesin rekondisi?

1. Kerusakan Print Head

2. Capping Melar atau Sobek

3. Dumper Mudah Longgar

4. Sirkulasi Tinta Tidak Lancar

5. Konsleting Listrik

Tips Merawat Mesin Rekondisi

Setelah kita mengetahui bagian-bagian apa saja yang mudah rusak, pastinya kita lebih aware lagi ya dalam merawat mesin rekondisi yang kita miliki. Berikut beberapa hal yang bisa kalian lakukan untuk menjaganya dari kerusakan-kerusakan di atas:

Hindari Tempat Berdebu dan Jaga Suhu

Membersihkan Mesin Rekondisi

Hal pertama yang perlu dilakukan dalam merawat mesin printer rekondisi kalian adalah menjaga kebersihannya dengan menempatkannya di tempat yang tepat. Pilihlah tempat yang bebas dari debu serta memimiliki kelembapan suhu yang pas sekitar 18-24°C. Karena jika tidak, hal itu akan berpengaruh pada hasil cetak kita nanti yang akan bergaris. 

Untuk suhu, bila kita tempatkan mesin rekondisi di temperatur yang terlalu tinggi, maka hal tersebut bisa menyebabkan tinta menjadi terlalu kering dan menyumbat alirannya. Sedangkan bila terlalu rendah, maka tinta akan sulit kering, lengket dan masalah lainnya. Jadi, supaya printhead dan ornamen lainnya tidak cepat rusak, tetap jaga kebersihannya ya.

Cek Mesin Rekondisi

Memasang Stabilizer dan UPS

Selain dari penempatannya, kamu juga perlu memastikan tegangan listrik yang digunakan mesin printer rekondisi selalu stabil nih Sahabat Laysander, yaitu sekitar 215 hingga 225 V. Kenapa kita perlu memperhatikannya? Bila kita menggunakan tegangan listrik yang terlalu tinggi, maka hal itu bisa membuat listrik mudah koslet, sedangkan bila terlalu rendah, maka akan membuat mesin menggunakan arus listrik yang besar. Nah, untuk menyiasatinya, kalian bisa menggunakan bantuan stabilizer sebagai pembantu tegangan tetap stabil dan UPS untuk mencegah mesin berhenti saat mati lampu.

Baca Juga: Rekomendasi Mesin Lama Laysander Untuk Memulai Usaha

Membersihkan Printer Rekondisi Secara Rutin

Bukan hanya bagian luarnya aja, tapi pastikan kalian juga membersihkan area dalam printer secara rutin ya. Untuk bagian luar mesin, yang perlu rutin kalian bersihkan adalah bagian permukaan datar di mesin, hingga kaki mesin printing. Sedangkan untuk bagian dalamnya, kalian bisa memberi mesin pelumas tinta supaya berjalan lancar dan membersihkan kipas vacum atau pengering supaya tidak ada kotoran yang menyumbat. Selain itu, lakukan juga pengencekan nozzle ya sebelum mulai proses mencetak dilakukan.

Menggunakan Printer Rekondisi Secara Rutin

Pemakaian Mesin Rekondisi

Taukah kalian, jika kita tidak menggunakan mesin printer rekondisi secara rutin maka bisa menyebabkan tinta kering? Untuk itu, kalian harus rutin menggunakan mesin ini ya ada atau tidak ada orderan yang masuk. Kalian bisa menghidupkan mesin dan test printing 3 kali dalam seminggu untuk mencegah tinta mesinnya tersumbat. Namun, jangan terlalu berlebihan juga menggunakan mesin printer hanya karena ingin membuatnya terus bekerja ya Sahabat Laysander. Karena tentu jika berlebihan, maka hasil cetaknya pun jadi tidak maksimal dan berisiko merusak bagian lainnya dari printer.

Mengecek Masa Komponen dan Service Berkala

Merawat Mesin Rekondisi

Jika mesin-mesin baru saja memerlukan perlindungan ekstra, apalagi mesin rekondisi yang sudah cukup berumur, pasti membutuhkan service yang dilakukan secara berkala untuk mencegahnya dari kerusakan, serta menjaga kualitasnya tetap baik. Nah, buat kalian yang punya mesin rekondisi bisa menghubungi teknisi kami untuk membantu mengecek kondisi mesin printer kalian secara berkala. Oh ya, jangan lupa juga untuk mengecek masa pakai setiap komponen printer rekondisi kalian ya Sahabat Laysander. Jika kalian menemukan beberapa spare part yang perlu diganti, maka kami pun menjualnya di Tokopedia Laysander sehingga kalian lebih mudah mengaksesnya.

Itulah beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk merawat mesin printer rekondisi kalian. Jadi meskipun mesin rekondisi, tapi asalkan kalian merawatnya dengan tepat pasti bisa bertahan lama dan bisa digunakan dengan baik. Begitu juga mesin rekondisi yang ada di Laysander, kami menjaganya dengan sangat baik sehingga masih berfungsi dan masih bisa menghasilkan cuan. Penasaran dengan mesin rekondisi yang kami punya, cek di sini yaa.

Baca Juga: Beli Mesin Lama Tapi Bisa Jadi Untung, Ini Alasannya

Reply

male enhancement supplements reviews|Best Diet To Lose Weight Fast For Women|Best Cbd Hemp Oil On The Market
× Bisa kami bantu? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday