Tips Promosi Usaha yang Efektif Agar Penjualanmu Meningkat!

Yuk simak tips promosi usaha ini biar usahamu digital printingmu makin berkembang!
Yuk simak tips promosi usaha ini biar usahamu digital printingmu makin berkembang!

Memiliki kualitas produk yang baik, tentu menjadi hal yang penting dalam bisnis kita. Namun, kegiatan promosi untuk menarik para customer membeli produk kita, juga tidak kalah pentingnya, loh Sahabat Laysander! Melalui kegiatan promosi, kita membangun brand awareness sekaligus memperkenalkan keunggulan dari produk yang kita miliki kepada customer.

Persaingan industri bisnis yang kian ketat saat ini, membuat kita para pelaku usaha perlu memberikan fokus khusus pada kegiatan promosi. Kita bukan hanya dituntut untuk membuat kegiatan promosi yang baik, namun kegiatan promosi tersebut harus juga efektif. Lalu, bagaimana sebenarnya melakukan kegiatan promosi yang efektif? Berikut Laysander akan memberikan tips promosi usaha yang efektif supaya angka penjualan usaha digital printingmu meningkat, simak yuk!

Baca juga: 4 Cara Meningkatkan Omzet Usaha Digital Printing

Kegiatan promosi dapat dikategorikan menjadi dua, yaitu secara online dan offline. Sebaiknya, kedua kategori kegiatan promosi ini dilakukan agar jangkauan promosi produk lebih luas. Namun, dikarenakan kondisi PSBB saat ini yang masih berlangsung, tentu kita hanya dapat memaksimalkan promosi secara online. Ada tiga hal di dalam promosi online yang perlu kita perhatikan sebagai pelaku bisnis. Apa sajakah itu?

Tips Promosi Usaha: Secara Online

Maksimalkan Performa Marketplace

((Image: Marketplace))

Saat ini sudah banyak marketplace yang dapat menjadi wadah bagi kita mempromosikan produk, ya Sahabat Laysander. Banyaknya marketplace yang tersedia tentu setara juga dengan banyaknya para pelaku bisnis yang bersaing. Nah, berikut beberapa tips yang bisa Sahabat Laysander terapkan pada bisnis kalian :

  • Mulailah memperbaiki tampilan pada halaman penjualan kalian. Buat dan samakan identitas warna, tulisan, dan gambar produk yang kalian tawarkan agar terlihat lebih menarik.
  • Perjelas deskripsi atau keterangan yang terlampir pada produk. Buat kata-kata semenarik mungkin yang sesuai dengan kebutuhan customer.
  • Aktifkan fitur yang bisa meningkatkan kepercayaan visitor. Misalnya saja fitur power merchant yang ada pada aplikasi Tokopedia
  • Memasang iklan dengan kata kunci serta modal yang sesuai dengan produk yang kalian tawarkan.
Maksimalkan Performa Website Usahamu

Baca juga: 7 Kunci Tingkatkan Produktivitas Tim Saat Pandemi

Selain marketplace, jika Sahabat Laysander sudah memiliki website penjualan sendiri untuk produk kalian, tentu perlu dioptimalkan penggunaannya, ya. Selain desain website yang menarik dan kemudahan interface website ketika digunakan, hal yang tidak kalah penting adalah memperhatikan konten yang tersedia di dalamnya. Berikut tips membuat konten yang menarik untuk website penjualan kalian:

  • Buat materi konten yang bermanfaat, seperti tips, langkah penggunaan manfat dari kandungan produk dan sebagainya.
  • Jangan lupa untuk selalu gunakan kata kunci yang sesuai supaya produk kalian lebih mudah ditemukan, ya.
Gunakan Aplikasi Khusus

((Gambar orang liat aplikasi di HP))

Nah, jika bisnis Sahabat Laysander sudah berkembang dan memiliki lebih banyak peminat, tentunya akan lebih efektif jika menggunakan bantuan aplikasi dalam pengoperasiannya. Kalian bisa memanfaatkan sejumlah aplikasi yang tersedia saat ini untuk menerima orderan atau bahkan mempromosikan produk dan jasa yang kita miliki agar lebih dikenal lagi oleh customer.

Tips Promosi Usaha : Secara Offline

Nah, kalau tadi kita sudah berbicara mengenai tips promosi usaha secara online, lalu bagaimanakah dengan kegiatan promosi offline? Meskipun selama PSBB ini, kegiatan promosi secara offline belum dapat kita laksanakan, namun beberapa tips mengenai promosi offline berikut mungkin bisa menjadi referensi promosi offline ketika pandemi sudah berakhir nanti, ya Sahabat Laysander. Yuk, simak!

Baca juga: Strategi Jalankan Usaha Digital Printing Saat New Normal

  • Buatlah papan nama atau keterangan promosi di depan toko mengenai penawaran jasa yang kalian tawarkan. Usahakan keterangan ini memiliki tulisan yang jelas dan mudah terbaca oleh customer, ya.
  • Pastikan kalian memiliki orang khusus di bidang marketing yang berfungsi untuk approach ke corporate atau pemerintah. Semakin banyak mitra kerjasama yang dibangun oleh marketing, maka semakin besar juga peluang peningkatan penjualan kalian.
  • Melakukan kunjungan ke pelanggan corporate. Biasanya, setelah tim marketing sudah membangun kerjasama dengan corporate, maka kita akan diperkenankan untuk melakukan kunjungan dalam rangka mempromosikan produk atau jasa yang kita miliki, loh.

((Image: Muslim Festival))

  • Mengikuti kegiatan pameran yang bersesuaian dengan produk dan jasa yang kita tawarkan. Misalnya seperti menjual pakaian ketika ada event Muslim Festival yang berlangsung selama satu minggu.
  • Carilah broker yakni seseorang yang menerima order namun belum memiliki mesin, serta referensi reseller yang dapat meneruskan produk yang ingin kita tawarkan kepada customer.
  • Terakhir, kita bisa melakukan kegiatan promosi di lingkungan kecil seperti sekolah. Sebagai contoh pada SMK desain, kita bisa mencetak kebutuhan baju panitia di toko yang kita miliki.

Itulah beberapa tips kegiatan promosi baik secara online maupun offline untuk meningkatkan penjualan produkmu. Jika ingin konsultasi lebih lanjut soal cara promosi dan pengembangan usaha digital printing kalian, jangan ragu untuk hubungi kami, ya Sahabat Laysander!

Baca juga: Packaging Cantik, Kunci Sukses Bisnis #dirumahaja

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Apa yang bisa dibantu?