Mesin Digital Printing Baru vs Lama, Manakah Yang Harus Anda Pilih?

New and old Machine

Layaknya sebuah kendaraan, kita membutuhkan mesin yang baik untuk berjalan. Begitu pula dengan bisnis digital printing kita yang membutuhkan mesin untuk menjalankan produksinya. Tidak boleh sembarangan dalam memilih kita pun harus benar-benar menseleksi mesin digital printing yang akan kita gunakan baik itu Mesin Baru ataupun Lama.

Sebenarnya, penggunaan Mesin Lama di dalam menjalankan bisnis digital printing pun sah-sah saja ya. Begitu pula dengan Mesin Baru yang terus hadir dengan berbagai fitur berbeda yang bisa kalian pilih. Nah, kali ini Laysander akan memberikan beberapa pertimbangan untuk kalian memilih Mesin Digital Printing Lama atau Baru yang cocok untuk dijadikan penggerak bisnis digital printing kalian. Yuk, simak!

Baca Juga: Ingin Membeli Mesin Rekondisi? Yuk, Cek 5 Hal Ini Dulu!

Kelebihan Mesin Digital Printing Lama vs Mesin Digital Printing Baru

Sebenarnya setiap mesin memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri bila dibandingkan mesin lainnya. Jadi bukan berarti yang Lama itu selalu buruk, sedangkan yang Baru itu selalu menjadi pilihan yang tepat, ya Sahabat Laysander. Selama mesin-mesin tersebut dirawat dengan baik tentunya masing-masing mesin memiliki keunggulan yang patut dipertimbangkan. Namun, untuk lebih memperdalam pertimbanganmu dalam menentukan mesin printer yang harus digunakan, yuk simak kelebihan dan kekurangan mesin berikut ini!

offset printing macine

Mesin Lama

Hal yang selalu menjadi perhatian dan pertimbangan orang-orang dalam memilih mesin printer lama, tentu karena harganya yang lebih terjangkau ya dibandingkan dengan yang Baru. Namun, bukan hanya itu, sebenarnya Mesin Digital Printing Lama juga bisa menjadi investasi yang menjanjikan loh karena mungkin secara desain unik atau di masa yang mendatang mesin ini kembali digunakan karena ada fitur yang tidak bisa tergantikan.

Dibandingkan mesin-mesin baru, Mesin Digital Printing Lama cenderung lebih mudah di rawat karena semua masih dikerjakan manual bukan hanya mengandalkan mesin yang otomatis. Jadi, bila ada yang rusak, kita pun bisa langsung menggantinya tanpa perlu mengkhawatirkan bagian lainnya akan rusak. Sehingga perawatannya pun dapat kita simpulkan lebih sederhana ya dibandingkan dengan Mesin Digital Printing Baru.

Baca Juga: Beli Mesin Lama Tapi Bisa Jadi Untung, Ini Alasannya

Mesin Baru

Setiap tahunnya, para perusahaan teknologi ternama selalu memproduksi mesin-mesin baru yang bisa kita coba. Tapi, tidak dengan model yang sama, biasanya Mesin Digital Printing Baru selalu dilengkapi dengan fitur baru yang terus menyesuaikan dengan kebutuhan yang ada saat ini. Itulah tentu yang paling membedakannya dengan Mesin Lama.

Selain itu, namanya Mesin Baru tentu jika ada kerusakan, sangat mudah untuk menemukan spare part gantinya karena masih terus diproduksi secara massal. Secara produksi, mesin baru pun seringkali dinilai sudah lebih efisien karena kini banyak mesin yang menggunakan teknologi ramah lingkungan. Sehingga bukan hanya produksi yang tetap bisa berjalan, namun juga lingkungan sekitar yang tetap terjaga.

Kekurangan Mesin Digital Printing Lama vs Mesin Digital Printing Baru

plotter

Mesin Digital Printing Lama

Karena Mesin Lama mungkin sudah jarang yang diproduksi, maka biaya perawatannya pun sedikit lebih mahal karena sulitnya menemukan spare part yang tepat. Selain itu, printer lama juga belum didukung oleh fitur-fitur baru yang dibutuhkan saat ini. Sehingga kalian perlu menyesuaikan atau memaksimalkan saja fitur yang ada di dalam Mesin Digital Printing Lama tersebut. Berbeda dengan Mesin Baru yang memperhatikan lingkungan sekitar, untuk Mesin Digital Printing Lama sepertinya memang masih terfokus pada proses produksi yang cepat dan tepat. Namun, meskipun begitu, ada pula beberapa mesin yang sudah dibuat untuk memperhatikan lingkungan meskipun jumlahnya belum sebanyak sekarang.

Mesin Digital Printing Baru

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa Mesin Baru selalu didukung oleh fitur-fitur terbaru, hal inilah yang menyebabkan Mesin Digital Printing Baru seringkali dibanderol dengan harga yang tinggi. Selain itu, karena Mesin yang baru sudah banyak dilengkapi oleh system otomatis mulai dari perawatannya hingga pembersihannya, maka jika Mesin Digital Printing Baru ini rusak tentu akan mengganggu system yang lainnya. Sehingga Mesin ini seringkali memang dikenal butuh maintenance yang rutin, namun dengan teknologi yang ada tentu hal tersebut bukan masalah yang besar.

Namun, terlepas dari pertimbangan kekurangan dan kelebihan Mesin Lama dan Baru di atas, kami menyarankan Sahabat Laysander untuk menyesuaikan mesin yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan dan budget yang tersedia ya. Untuk mendiskusikan Mesin Digital Printing Lama atau Baru yang tepat untuk usaha kalian, jangan ragu untuk menghubungi kami, lewat chat WhatsApp di sini yaa!

Baca Juga: Tips Merawat Mesin Rekondisi, Ternyata Gak Sesulit Yang Dibayangin!

Alamat

Jalan Pahlawan Seribu
Ruko Golden Boulevard R 21
BSD City - Tangerang
Indonesia

Service Center:

- Bandung   - Lombok   - Surabaya   - Yogyakarta   - Medan   - Jambi

Hubungi Kami

TELP: 021 5316 1450
Whatsapp: 0813 9944 8891

Sosial Media