Cara Cegah Print Head UV Menabrak Media

Ilustrasi-Artikel-WP-head-nabrak
Cara Cegah Print Head UV Menabrak Media

Seiring dengan teknologi yang terus berkembang, dunia digital printing pun semakin maju dan menjawab semua kebutuhan yang ada. Kita ambil contoh saja, berawal dari mencetak dengan sablon, lalu hadir mesin solvent, ecosolvent, dan yang sekarang juga ramai digunakan yaitu mesin UV. Seperti yang pernah kami bahas di artikel lainnya, printer UV akan mencetak design yang Anda inginkan, dan kemudian akan dikeringkan dengan lampu UV (ultraviolet). Hal ini memungkinkan cetakan lebih awet dan tahan lama, serta lebih banyak variasi bahan yang bisa digunakan.

Dibalik keunggulannya, ada juga kendala yang membuat bingung para pemilik printer UV ini nih. Salah satunya terkait printer UV roll yang mengalami dilema, kalau printhead sedikit dinaikkan maka hasil gambarnya tidak tajam. Tapi, kalau print head terlalu dekat dengan bahan pasti akan menabrak. Tentunya sebagai pemilik usaha percetakan, kita mengharapkan hasil terbaik, dan sedapat mungkin memperpanjang umur partner kita alias si mesin printer UV.

Kok bisa-bisanya nabrak?

Baca juga: Lampu UV Printer Mana yang Terbaik dan Awet?

Pasti ini jadi pertanyaanya ya, bagaimana bisa print head menabrak media, dan bagaimana cara pencegahannya agar tidak terjadi demikian. Ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya nih, yaitu:

  1. Media yang tidak rata. Penempatan media yang tidak rata di awal akan menyebabkan media tersebut semakin lama semakin miring. Miringnya media akan membuatnya terbentur dengan bagian printer dan menekannya, sehingga media tersebut bergelombang, dan akhirnya menabrak print head mesin printer UV milik Anda
  2. Vacuum menghisap terlalu kuat. Beberapa printer memiliki vacuum di bagian bed printer, yang tujuannya untuk membuat media tetap pada posisinya. Tapi, vacuum yang terlalu kuat justru akan membuat media tidak bisa bergerak, dan media yang terus bergerak akan juga menghasilkan gelombang, jadi bagian tingginya akan menabrak print head.
  3. Permukaan media tidak rata. Misalnya pada saat di simpan, media tidak sengaja terpapar panas dan memberikan tanda atau membuatnya bergelombang. Jika demikian, selurus apa pun penempatan media, print head tetap berpotensi menabraknya karena ada “kecacatan” pada media tersebut.

Nah, ketiga hal tersebut biasanya yang menjadi penyebab mengapa print head printer UV Anda bisa menabrak bahan. Kalau begitu, apa solusinya?

  1. Pertama, pastikan pemasangan bahan lurus, dan berikan tekanan pada bahan tersebut agar tetap lurus sampai akhir. Tekanan ini bisa diberikan dengan menggunakan take-up motor, atau dengan tangan. Tapi seringkali, memberikan tekanan/ menarik dengan tangan jauh lebih fleksibel dan efektif untuk meluruskan bahan
  2. Kedua, jika penyebab gelombang dan menabrak print head karena vacum yang terlalu kuat hisapannya, Anda bisa mengatur kekuatan vacum tersebut. Pada printer semacam ini, akan ada tombol untuk memutar, jadi bisa mengecilkan atau membesarkan kekuatan hisapannya. Dengan menyesuaikan ini, bahan bisa tetap di tempatnya, sekaligus tetap bisa berjalan dengan lancar.
  3. Solusi ketiga, Anda bisa menaikkan print head-nya, agar tidak terlalu dekat dengan bahan dan menyebabkan potensi menabrak. Memang, gambar akan tidak presisi karena akan ada faktor seperti angin maupun gravitasi yang bisa mengubah arah semprotan tinta. Tapi jika cetakan Anda merupakan design yang tidak masalah dengan cetakan semacam itu, ini bisa jadi solusi yang baik dan lebih praktis

Baca juga: Bagaimana Buat Neon Box dengan Printer UV?

Kalau Anda masih mengalami masalah lainnya terkait printer UV, print head, atau cara buat print head awet, silahkan hubungi kami. Kami dengan senang hati siap membantu Anda!

Reply

× Apa yang bisa dibantu?