Grounding

Halo Sahabat Laysander kali ini kita akan membahas mengenai Grounding, mungkin dari sahabat sudah tidak asing mengenai alat ini. Dan untuk sahabat yang belum mengetahui ikuti penjelasannya dibawah ini ya

Apa itu Grounding?

Grounding merupakan sebuah alat penghilang beda potensial dari bagian logam suatu peralatan yang di beri arus listrik dimana arus tersebut akan disalurkan ke dalam tanah, 

Grounding

Apa Manfaatnya ?

  • Terhindar dari sengatan listrik, Maksudnya jika sahabat Laysander pernah tersengat arus listrik pada saat menyentuh peralatan seperti elektronik, komputer dan sebagainya itu merupakan beda potensial dari suatu tegangan listrik.
  • Perlindungan pada alat elektronik, jika besarnya beda potensial sangat tinggi di sekitar alat elektronik ini akan menghasilkan arus listrik statik yang dapat mengganggu kinerja alat elektronik tersebut

Cara Mengatasinya ?

Pertama

Sahabat Laysander harus menyiapkan alat - alat yang dibutuhkan seperti :

  • Batang Tembaga murni dengan tebal 10mm dan panjang 1.5 m
  • Kabel Tembaga (secukupnya)

KEDUA

Agar mendapatkan nilai grounding yang bagus sahabat Laysander harus mencari lokasi penanaman tersebut di tanah yang lembab, kemudian lakukan penggalian dengan panjang 1 m x lebar 1m serta kedalaman 1,5 meter.

KETIGA

Benamkan Batang tembaga murni tersebut kedalam lubang yang telah di buat lalu bagian atas batang tersebut disambungkan dengan kabel tembaga, dan ujung kabel yang satunya bisa dihubungkan ke mesin. Selanjutnya sahabat Laysander tinggal melakukan pengukuran nilainya apakah sudah bagus atau tidak.

KEEMPAT

Pada saat pengukuran nilai grounding kita akan menggunakan sebuah alat berupa Multimeter dimana terdapat 2 buat pin tester di alat tersebut, salah satu pin tester akan kita hubungkan pada MCB mesin di posisi netral (No) dan yang lain akan kita hubungkan pada terminal ground dibawah dengan sebelumnya diset dengan satuan Volt AC.

pin multi

pin tester

Setelah selesai maka akan tampil nilai pada multimeter tersebut, Jika nilai ground sahabat lebih dari 2 VoltA dsarankan mencari tempat penanaman yang lebih baik lagi.

Terima kasih

Jika ada pertanyaan sahabat Laysander bisa hubungi team support kami

Alamat

Jalan Pahlawan Seribu
Ruko Golden Boulevard R 21
BSD City - Tangerang
Indonesia

Service Center:

- Bandung   - Lombok   - Surabaya   - Yogyakarta   - Medan   - Jambi

Hubungi Kami

TELP: 021 5316 1450
Whatsapp: 0812 9757 5570

Sosial Media