Kalibrasi mesin digital printing

Halo sahabat Laysander pada pembahasan kali ini kita akan mengulas tentang kalibrasi, mungkin dari para sahabat sudah pernah mendengar atau bahkan sering mencobanya tapi Sebelum kita lebih lanjut untuk proses cara kalibrasi kita akan mengulas sedikit mengenai warna tampilan mesin dan PC agar para sahabat tidak salah persepsi.

Warna tampilan pada hasil cetakan printer merupakan warna gabungan dasar dari CMYK (Cyan, Magenta, Yellow serta Black), penempatan head yang berbeda sehingga membutuhkan titik fokus pnegeluaran tinta untuk membentuk gambar jadi agar mendapatkan hasil cetakan yang bagus dan sesuai tentu saja salah satu faktor nya ialah kalibrasi yang bagus.

Kalibrasi merupakan sebuah kegiatan konvensional untuk menentukan nilai kebenaran. Lalu untuk di mesin printer kalibrasi berfungsi untuk memaksimalkan hasil gambar yang dicetak oleh Printer agar sesuai dengan gambar yang ditampilkan pada layar komputer,.

Selanjutnya mari kita coba melakukan kalibrasi, sebagai contoh kita menggunakan mesin printer Liyu yang menggunakan Lyprint sebagai software bawaan mesin. Terdapat 3 jenis kalibrasi yang harus kita lakukan agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Buka aplikasi Lyprint

kalibrasi

Lalu Double Klik Icon Lyprint tersebut, Akan keluar tampilan seperti dibawah lalu pilih calibration seperti gambar dibawah

Lyprint

Terdapat pilihan jenis kalibrasi yang akan kita lakukan, kita akan mulai dengan yang pertama yaitu

Horizontal Calibration

Horizontal kalibrasi memungkinkan kita untuk mendapatkan hasil cetakan yang sempurna dengan cara cetak dua arah (Bidi), dimana saat cetak kearah kanan dan kirinya dapat tepat dalam satu garis lurus. Horizontal kalibrasi ini dapat diartikan menyamakan koordinat atau garis semprotan tinta dari warna yang satu (hitam) dengan warna yang lain (cyan, magenta, dan yellow), sehingga dengan semua warna (CMYK) tepat jatuh pada satu titik (koordinat). Lakukan kalibrasi ini pada setiap Resolution dan Speed mya.

kalibrasi 2

kalibrasi 3

  • Pilih Setup X- DPI (Pilih resolusi dari yang rendah hingga yang tinggi)
  • Pilih Print Speed (Pilih speed dari yang rendah hingga yang tinggi)
  • Klik “Check”
  • Tentukan nilai pada hasil print horizontal kalibrasi, dimana kita memilih nilai pada gambar yang berupa garis lurus dari setiap warna terhadap warna hitam. Untuk nilai positive adjustment dapat kita lihat pada posisi garis sebelah atas (spt dlm gbr), sedangkan untuk reverse adjustment adalah garis sebelah bawah. Isikan (ditambahkan atau dikurangkan) nilai yang didapat pada kotak kalibrasi. Dapat juga dengan klik tombol anak panah keatas atau kebawah sesuai dengan nilai (negative atau positif) hasil kalibrasi.

kalibrasi 4

  • Klik “print” untuk print nilai perubahan yang lebih dekat
  • Klik “Adjust” untuk cetak horizontal Adjust Image, apabila dari hasil cetak warna ini hasilnya belum segaris dengan warna garis hitam, lakukan kalibrasi ulang hingga didapat hasil cetak “Horizontal Adjust”

Vertical Calibration

Kalibrasi vertikal adalah cara kalibrasi head untuk mendapatkan garis lurus untuk setiap warnanya. Kalibasi ini dilakukan pada setiap resolusi dan tiap warna.

kalibrasi 5

kalibrasi 6

Pilih nilai pada hasil cetak test print vertical calibration yang berupa garis lurus untuk setiap warnanya terhadap warna hitam. Isikan nilainya pada kotak vertical calibration.

Step Calibration

Step kalibrasi dapat dilakukan saat printer berjalan mencetak suatu gambar. Hal ini lebih efektif dari pada kita lihat dari hasil step print kalibrasinya, dimana saat cetak sudah mengikutsertakan efek blur (feather) yg diberikan.

kalibrasi 7

kalibrasi 8

kalibrasi 9

Input nilai pada adjust, jika terlalu numpuk lakukan pengurangan dan jika terlalu renggang lakukan sebaliknya.

Demikian pembahasan dari kita mengenai Kalibrasi, untuk sahabat Laysander yang hendak mencoba bisa di lihat pada video dibawah atau menghubungi kami jika ada yang ingin dipertanyakan

Terima kasih

Alamat

Jalan Pahlawan Seribu
Ruko Golden Boulevard R 21
BSD City - Tangerang
Indonesia

Service Center:

- Bandung   - Lombok   - Surabaya   - Yogyakarta   - Medan   - Jambi

Hubungi Kami

TELP: 021 5316 1450
Whatsapp: 0812 9757 5570

Sosial Media