Cetakan Sepi Saat Pandemi? Ini 3 Cara Mengatasinya!

Cetakan Sepi Saat Pandemi
Cetakan usaha Anda sepi saat pandemi? Tenang, yuk simak 3 solusi yang bisa Anda coba ini!

Halo, Sahabat Laysander! Wah, tidak terasa sudah memasuki pertengahan Februari, ya. Sebentar lagi COVID-19 akan berulang tahun di Indonesia. Bagaimana nih kabarnya setelah hampir satu tahun kita hidup berdampingan dengan pandemi ini?

Tidak terasa berbagai macam peraturan dan protokol terus menerus diupayakan oleh pemerintah dalam mencegah penyebaran virus semakin luas. Tidak dapat dipungkiri bahwa setelah satu tahun, pandemi ini membawa dampak yang signifikan bagi semuanya, termasuk juga usaha digital printing.

Usaha digital printing yang paling terkena dampak dari pandemi ini salah satunya usaha percetakan iklan yang menghasilkan produk fisik, seperti spanduk dan baliho. Meskipun beberapa perusahaan masih menggunakan metode iklan secara fisik ini, banyak pula perusahaan yang mulai beralih ke penggunaan iklan-iklan online dan digital LED. Hal ini terutama untuk menjangkau orang-orang yang tetap di rumah.

Tapi ini bukan berarti industri percetakan berada di jalan buntu, kok. Laysander akan bagikan beberapa solusi usaha cetakan sepi saat pandemi. Ini bisa Anda jadikan bahan pertimbangan, tentunya dengan memanfaatkan peralatan dan mesin yang sudah ada.

Baca juga: 4 Ide Kreasi Unik dengan Mesin Printing Outdoor

Solusi 1 Cetakan Sepi Saat Pandemi: Ingat, Percetakan Bukan Hanya Iklan!

Percetakan Bukan Hanya Iklan
Percetakan bukan hanya iklan, Sahabat Laysander. Terus cari inspirasi ya!

Stay at home membuat beberapa orang memiliki waktu lebih banyak di rumah. Banyaknya waktu di rumah ini sering kali dimanfaatkan orang untuk mencari hobi baru, membersihkan dan mendekorasi rumah, hingga berjualan kecil-kecilan.

Perlu Sahabat Laysander ingat, percetakan memiliki cakupan yang lebih luas dan tidak terbatas hanya pada produk iklan saja loh! Kita bisa manfaatkan kebiasaan baru masyarakat Indonesia yang muncul karena pandemi untuk menjadi prospek usaha baru kita, dengan menggunakan mesin percetakan yang sudah ada.

Misalnya, Anda punya printer eco solvent untuk menjalankan usaha ini. Memang, cetakan seperti X-Banner lebih sedikit sekarang, karena tidak banyak event offline. Tapi jangan berhenti di sana dan coba pikirkan ide produk lainnya! Anda bisa mengembangkan produk percetakan baru yang bisa dijual seperti stiker, mulai dari stiker wallpaper, wall sticker, atau stiker label brand untuk usaha kecil menengah.

Dengan memberikan opsi custom sesuai pesanan, kita bisa menargetkan segmentasi business to business, bahkan business to customer! Selain itu, stripping motor dan mobil juga masih jadi ide yang bagus untuk customer Anda. Entah itu sekadar mempercantik, atau pun branding.

Baca juga: 4 Produk Interior Design Cantik dengan Printing

Solusi 2 Cetakan Sepi Saat Pandemi: Beralih ke Cetakan Kain

Beralih ke Cetakan Kain, Solusi Cetakan Sepi Saat Pandemi
Beralih ke cetakan kain bisa jadi opsi yang baik untuk usahamu saat ini loh!

Cetakan advertising sudah sejak lama jadi primadona di industri percetakan. Tapi, kini percetakan kain justru yang sedang “naik daun” karena kemungkinan kreasinya yang tak terbatas. Karena ini, mungkin sudah saatnya sahabat Laysander mulai mempertimbangkan untuk beralih ke percetakan kain sebagai cabang usaha baru Anda.

Ada beberapa alasan yang membuat percetakan kain menjadi bisnis yang menarik. Pertama, adanya protokol kesehatan yang mengharuskan masyarakat untuk menggunakan masker, kita bisa saja menambah jajaran produk baru seperti cetak motif masker kain. Kedua, variasi produk cetakan kain yang begitu beraneka ragam, mulai dari masker, kerudung, gamis, scarf, sampai boneka dan juga bantal.

“Tapi yang saya miliki bukan printer kain!”

Nah, bagi Sahabat Laysander yang sudah memiliki printer eco solvent, ini bisa jadi peluang yang baik! Karena, kalian bisa beralih ke cetakan kain tanpa harus membeli printer baru. Cukup mengganti print head, board, dan beberapa bagian mesin, sudah jadi printer sublim! Ditambah mesin heater, sahabat Laysander sudah siap melakukan produksi untuk percetakan kain. Usaha cetakan sepi saat pandemi kini tak lagi jadi masalah!

Baca juga: Usaha Printing Jersey: Jual 30 Per Hari, Untung 70 Juta Per Bulan!

Solusi 3 Cetakan Sepi Saat Pandemi: Manfaatkan Momen Online!

Cetakan Sepi Saat Pandemi, Beralih ke Online Solusinya
Jangan hanya fokus pada jualan offline, yuk mulai beralih ke online untuk atasi cetakan sepi saat pandemi!

Memang, dengan adanya pandemi, kita semakin sulit melakukan kumpul bersama keluarga dan teman-teman. Tapi, meskipun perayaan hari raya sekarang serba online bukan berarti update di media sosial menurun, loh. Justru di saat orang-orang tidak dapat bertatap muka, mereka menunjukkan kemeriahan hari raya melalui posting foto di Facebook, Instagram, dan platform sosial media lainnya dari rumah.

Nah, memanfaatkan semarak acara-acara tersebut, sahabat Laysander bisa menambah promosi kepada keluarga atau komunitas yang merayakan hari raya ataupun kegiatan tertentu, baik melalui media sosial ataupun aplikasi belanja online. Misalnya, promosi cetak baju dengan design custom untuk Lebaran online bersama keluarga. Acara online pun tetap harus kompak, kan?

Pemilihan target pasar juga memiliki peran penting dalam memanfaatkan hari raya online ini. Usahakan agar sahabat Laysander mendekati kelompok-kelompok besar seperti keluarga, karyawan perkantoran, organisasi, dan komunitas-komunitas lainnya, ya. Dengan demikian pesanan bisa diberikan dalam jumlah yang cukup banyak. Ucapkan selamat tinggal pada usaha cetakan sepi saat pandemi.

Baca juga: Tips Promosi Usaha Agar Penjualan Meningkat

Jangan Lupa, Pastikan Pabrik dan Produk Tetap Higienis

Jaga usaha tetap higienis
Ingat, masih pandemi! Tetap terapkan protokol kesehatan dengan ketat yaa

Sahabat Laysander tetap ingat ya, Anda bisa menjadi pemutus rantai persebaran virus Corona selama pandemi ini, loh! Dengan mengaplikasikan protokol kesehatan di tempat usaha selama produksi hingga pengiriman, Sahabat Laysander sudah berkontribusi dalam memberikan keamanan untuk lingkungan kerja.

Lingkungan kerja bersih memberikan keamanan dan kenyamanan bagi rekan kerja. Hasil produksi yang higienis juga memberikan keamanan dan kenyamanan bagi customer yang akan mengambil produknya. Keduanya akan meningkatkan kepercayaan bagi usaha Anda di masa pandemi ini.

Protokol kesehatan yang bisa diterapkan antara lain menjaga jarak, menggunakan masker, dan mencuci tangan. Jangan lupa untuk terus menjaga daya tahan tubuh untuk mencegah virus menginfeksi kita, ya.

Usaha cetakan sepi saat pandemi bisa jadi buat kita putus asa, tapi ini bukan berarti kita tidak bisa bertahan! Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengakali usaha percetakan selama pandemi ini. Misalnya dengan menambah produk baru, menargetkan komunitas dan hari raya, serta memanfaatkan peralatan yang sudah ada. Mesin tetap panas, usaha tetap jalan, dan ekosistem industri ini bisa pulih secara bertahap.

Nah, apabila sahabat Laysander mau tahu lebih banyak soal percetakan kain katun untuk prospek usaha baru Anda, jangan ragu untuk hubungi kami, ya!

Baca juga: Ide Bisnis New Normal: Perlengkapan Bersepeda

Reply

Tadalafil 25|safest diet pill on the market|Minnesota Mom 2 Years In Prison Cannabis Oil
× Apa yang bisa dibantu?