Mesin Digital Printing untuk Hasilkan Souvenir Ramah Lingkungan

Souvenir Ramah Lingkungan

Mengutip kajian peneliti dari Universitas Leeds yang disusun oleh Dr Costas Velis yang dipublikasikan oleh BBC Indonesia, diperkirakan sampah plastik sebesar 1,3 miliar ton akan mencemari daratan dan lautan dunia pada tahun 2040. Meskipun ada “aksi yang dilakukan”, Dr Velis masih memperkirakan ada 710 juta ton sampah plastik yang bisa mencemari lingkungan dalam 19 tahun mendatang. Duh, angka ini jelas tak patut dibanggakan, apalagi jika mengingat plastik adalah sampah yang sulit terurai.

Plastik sendiri sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari yang rasanya sulit dipisahkan. Misalnya saja kantong plastik yang digunakan saat belanja atau botol plastik yang digunakan saat membeli minuman kemasan. Meskipun sulit, namun masih ada cara yang bisa kita lakukan untuk mengurangi sampah plastik lho, Sahabat Laysander! Sebagai pelaku usaha digital printing, kita bisa mulai menawarkan produk souvenir ramah lingkungan kepada para klien untuk turut menanamkan kesadaran akan pentingnya produk yang bisa didaur ulang atau dipakai berulang sebagai pengganti plastik.

Pilihan mesin apa yang dapat digunakan untuk memproduksi souvenir ramah lingkungan? Mari kita simak ulasannya berikut ini!

Mesin Flatbed Cube Versa Hasilkan Souvenir Ramah Lingkungan

Sesuai dengan namanya, mesin satu ini bisa digunakan untuk mencetak berbagai produk dengan permukaan datar. Eits, tapi bukan cuma itu! Selain area flatbed, mesin satu ini juga dilengkapi area rotary loh. Untuk menghasilkan cetakan pada permukaan rata, Flatbed Cube Versa memiliki kecepatan cetak antara 3 - 5 m²/ jam. Sedangkan untuk media silindris, mesin ini memiliki kecepatan cetak antara 5-20 pcs/ jam.

Baca juga: Packaging Cantik, Kunci Sukses Bisnis #dirumahaja

Bahan apa saja yang bisa dicetak menggunakan Flatbed Cube Versa? Tak perlu khawatir kehabisan ide, karena Anda bisa menghasilkan kreasi souvenir ramah lingkungan berbahan keramik, kayu, hingga kulit dengan mesin satu ini.

 kreasi souvenir

Berikut beberapa inspirasi souvenir ramah lingkungan yang bisa Anda buat dengan Flatbed Cube Versa:

  • Pajangan keramik: Keramik yang polos dapat dicetak menggunakan mesin ini agar menjadi pajangan rumah yang cantik dan elegan. Selain pajangan keramik dengan permukaan rata, Anda juga bisa membuat guci dan vas bunga keramik yang memiliki bentuk silindris menjadi lebih cantik dengan Flatbed Cube Versa
  • Tas: Tas berbahan kulit maupun kulit sintetis dapat Anda tambahkan hiasan gambar serta motif dengan proses yang cepat dan simpel
  • Pajangan kayu: Selain keramik, pajangan serta aksesoris berbahan kayu juga bisa dengan mudah dicetak dengan mesin ini. Apa saja contohnya? Bisa berupa gantungan kunci, hiasan dinding, atau bahkan foto yang dicetak pada papan kayu!

Printer Sublimasi Epson SC-F530 & 531 untuk Hasilkan Souvenir Ramah Lingkungan

Alternatif lain yang bisa diandalkan untuk menciptakan kreasi ramah lingkungan pengganti plastik yaitu mesin Epson SC-F530 & 531. Kedua pilihan mesin ini merupakan mesin yang bisa dibilang lebih ekonomis dan praktis, karena memiliki ukuran yang kecil dan “tidak makan tempat” dengan panjang yang hanya 61 cm. Perbedaan SC-F530 dan 531 terletak pada tinta yang digunakan. Seri SC-F530 dilengkapi tinta black, cyan, magenta, dan yellow. Sedangkan seri 531 tinta black, cyan, serta fluorescent pink dan kuning asli Epson untuk hasilkan warna yang cemerlang.

Baca juga: Epson SureColor SC-F530: Mulai Bisnis Digital Printing dengan Modal Terbatas!

Keduanya sama-sama cocok untuk mencetak berbagai produk yang sangat cocok untuk dijadikan souvenir, seperti botol minum, mug, kaos, sarung bantal, pulpen, lanyard, hingga casing handphone! Dengan mesin di bawah Rp 50 juta ini, Anda dijamin tidak akan kehabisan ide produk baru untuk ditawarkan kepada klien.

epson sublimasi souvenir ramah lingkungan

Berikut beberapa inspirasi souvenir ramah lingkungan yang bisa Anda buat dengan Epson SC-F530 & 531:

  • Custom mug: Mug merupakan pilihan souvenir populer yang digunakan oleh banyak orang, seperti souvenir seminar hingga souvenir pernikahan
  • Botol minum/ tumblr: Banyak perusahaan yang bergerak di industri makanan dan minuman sudah mengurangi penggunaan gelas plastik dengan menawarkan merchandise berupa botol minum yang dapat digunakan. Nah, Anda bisa mencetak botol minum untuk keperluan merchandise ataupun souvenir dengan printer ini!
  • Kaos, lanyard, sarung bantal: Produksi souvenir berbahan dasar kain juga mudah dilakukan dengan Epson SC-F530 & 531
  • Casing handphone: Anda dapat menjadi partner percetakan untuk banyak penjual casing handphone custom, tanpa perlu khawatir dengan kualitas hasil cetak dari mesin bermerek Jepang satu ini

Berbagai produk yang dihasilkan oleh usaha digital printing ternyata bisa menjadi solusi untuk mengurangi limbah plastik yang semakin banyak. Yuk, dimulai dari Anda, mari kita sama-sama menjadi solusi bagi lingkungan! Untuk informasi lebih lanjut, hubungi kami ya, Sahabat Laysander.

Baca juga: Usaha Digital Printing Sukses, Laysander Jadi Pilihan Partner Terpercaya