Mulai Bisnis Printing Sublim dengan Perlengkapan Ini

Laysander Mulai Bisnis Printing Sublim Dengan Perlengkapan Ini wooterapparel.com

Salah satu bisnis yang masih populer dan cukup menantang adalah bisnis printing sublim. Perlu pengetahuan terlebih dahulu apa saja yang harus disiapkan dan apa saja yang harus dipelajari. Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan dibahas dalam artikel ini.

Mengenal Printing Sublim

Proses printing sublim adalah proses mencetak desain pada kertas transfer khusus kemudian memindahkan desain tersebut ke media lain dengan bantuan panas. Printing sublim ini dapat dilakukan pada media kain, mug, mouse pad dan barang-barang lain yang ingin dibuat menggunakan desain sendiri.

Baca Juga: Kreasi Kaos Printing Band Idola Yang Selalu Jadi Favorit

Secara garis besar berikut ini adalah gambaran langkah-langkah secara umum apa saja yang harus dilakukan:

  • Menentukan apa yang ingin dibuat (sebagai contoh membuat kaos/jersey olahraga dengan desain sendiri)
  • Kirim desain ke printer sublimasi
  • Masukan kertas sublimasi ke dalam printer dan cetak desainnya
  • Ambil desain yang sudah dicetak tadi dan media yang ingin diaplikasikan (sesuai dengan contoh yaitu kaos) dan bawa ke mesin press panas
  • Pastikan mesin press panas diatur ke suhu dan waktu yang tepat menyesuaikan dengan media mentransfer desain.
  • Tempatkan cetakan desain dan media cetak, lalu tekan waktu dan temperatur suhu yang sudah diset sebelumnya. (biasanya sekitar 400 fahrenheit selama 1 menit)
  • Lepaskan media dari mesin press panas lalu lepaskan kertas transfer
  • Barang atau media sudah selesai. 

Laysander Mulai Bisnis Printing Sublim Dengan Perlengkapan Ini wooterapparel.com transfer paper

Hal yang Dibutuhkan untuk Memulai Bisnis Printing Sublim

Sebelum memutuskan untuk membeli perlengkapan peralatan dan persediaan bahan, perlu untuk mengetahui vendor yang kita percayakan apakah dapat diandalkan dalam menunjang setiap perlengkapan dan ilmu bisnis yang akan dibangun. Dalam pelaksanaannya akan menemukan beberapa pertanyaan dan permasalahan yang pastinya sangat membutuhkan bantuan. Vendor yang kita pilih seharusnya dapat membantu permasalahan yang dijumpai. Untuk meyakinkan bahwa vendor yang akan diajak kerja sama adalah vendor yang tepat, berikut adalah beberapa hal yang dapat ditanyakan :

  • Sudah berapa lama bisnis mereka berjalan?
  • Apakah mereka dapat dihubungi melalui telepon, e-mail atau layanan live chat?
  • Jenis pelatihan dan dukungan apa yang ditawarkan?
  • Apakah mereka memiliki ahli dibidang sublimasi?
  • Apa solusi percetakan lain yang mereka tawarkan jika sublimasi tidak tepat untuk bisnis kita?
  • Apakah mereka benar-benar peduli terhadap pelanggan?
  • Bagaimana kualitas konten yang mereka tawarkan?
  • Apa saja proses yang didapat dari pelatihan dan bantuan dari mereka?

Pertanyaan tersebut akan sangat membantu dalam memutuskan siapa yang harus dan dapat menjadi mitra terpercaya dalam bisnis yang akan dibangun. 

Perlengkapan dan Peralatan dalam Bisnis Printing Sublim

Setelah mendapatkan vendor yang sesuai dengan kebutuhan bisnis yang akan dibangun, saatnya untuk mengetahui barang-barang apa saja untuk memenuhi kebutuhan perlengkapan dan peralatan yang menunjang bisnis printing sublim. 

Printer Sublim: Homer 1800R Pro

Sebenarnya ada banyak jenis printer sublim, kamu bisa dengan mudah mencarinya di website Laysander, atau jika mencari yang berukuran kecil bisa memanfaatkan Epson seri F530 yang juga kami jual di Tokopedia Laysander. Dalam artikel ini sebagai contoh, kami jelaskan salah satu printer sublim kami, yaitu Homer 1800R Pro. Pada dasarnya printer yang dipergunakan untuk mencetak desain pada kertas transfer adalah printer sublim, tidak menggunakan printer yang biasa digunakan untuk keperluan kantoran. Hal ini karena printer sublim memiliki kualitas cetak yang lebih cerah dan kuat. Masalah pada printer sublim yang ditemukan dapat dikonsultasikan dengan vendor, tidak seperti ketika menggunakan printer biasa untuk kebutuhan printing sublim. 

Homer 1800R Pro

Printer Sublim Homer 1800R Pro merupakan seri terbaru dari printer sublimasi industrial. Homer 1800R Pro dilengkapi dengan printhead Kyocera dengan opsi satu atau dua channel dan pemilihan hingga 8 warna dengan opsi yang bisa disesuaikan. Printer ini mampu melakukan pencetakan dengan kecepatan sampai 445m/jam, transfer paper 31 gram/m2 dan roll sampai 10.000 meter sehingga kapasitas jauh lebih maksimal. Printer ini memiliki sistem pengeringan otomatis yang memastikan suhu terjaga konstan dan juga hemat energi.

Baca Juga: Ini Dia Tinta Sublim Terbaik untuk Mencetak Aneka Bahan Kain!

Tinta Sublim

Salah satu perlengkapan penting yang menunjang printer sublim yang digunakan adalah tinta sublim. Tinta sublim yang dapat menjadi andalan adalah Tinta Hongsam. Hasil cetak dari penggunaan tinta ini sangat cerah dan sesuai dengan desain yang digunakan. Tinta Hongsam juga dinilai cocok untuk digunakan pada beberapa merek printer sublim, salah satunya printer Epson. Tinta Hongsam juga lebih ramah lingkungan berdasarkan penilaian yang diberikan oleh Oeko-Tex.

Tinta Hongsam cyan

Texco Transfer Paper

Jika melakukan print sublim, pertama harus mencetak desainnya pada transfer paper. Salah satu yang dapat dijadikan pilihan adalah Texco Transfer Paper. Setelah desain dicetak pada transfer paper, transfer paper disusun bersama dengan bahan kain yang diinginkan lalu dipanaskan menggunakan heater sehingga desain dari transfer paper akan berpindah pada media kain tersebut. Texco transfer paper memiliki kualitas baik sehingga tinta tidak banyak terserap dan dapat dipindahkan ke media kain dengan lebih maksimal dan tidak pudar. 

Ilustrasi Artikel WP transfer paper polyester

Heater Press: GS-SH810-2

Mesin heater press digunakan untuk memindahkan desain pada transfer paper ke media utama. Salah satu rekomendasi heater press adalah GS-SH810-2. GS-SH810-2 memiliki area press yang luas dan panas yang merata sehingga dapat menghasilkan produk lebih banyak dan maksimal. 

Heater Press GS SH810 2

Bisnis printing sublim semakin hari semakin ramai dan terus berkembang. Banyak orang mencari tahu bagaimana cara memulai bisnis yang menghasilkan keuntungan seperti printing sublim ini. Bagi yang semakin penasaran dan terus mengikuti perkembangan informasi tentang printing sublim, sekarang waktu yang tepat lebih memperdalam dan memulai bisnis printing sublim ini.

Informasi terkait dunia printing digital dan printing sublim dapat dilihat pada halaman website Laysander dan untuk konsultasi lebih mendalam terkait kebutuhan printing dapat menghubungi langsung lewat chat di nomor Whatsapp ini.

Baca Juga: Mengenal Bisnis Cetak Payung yang Semakin Populer

Alamat

Jalan Pahlawan Seribu
Ruko Golden Boulevard R 21
BSD City - Tangerang
Indonesia

Service Center:

- Bandung   - Lombok   - Surabaya   - Yogyakarta   - Medan   - Jambi

Hubungi Kami

TELP: 021 5316 1450
Whatsapp: 0812 9757 5570

Sosial Media