Yuk Kenalan dengan Jenis Bahan dan Proses Cetak Wallpaper!

Yuk kenali jenis dan proses cetak wallpaper
Yuk kenali jenis dan proses cetak wallpaper

Saat ini, tentu wallpaper menjadi salah satu alternatif untuk mendekorasi ruangan agar terlihat lebih indah, ya, Sahabat Laysander. Selain praktis, harga wallpaper yang juga relatif terjangkau menjadi daya tarik sendiri bagi para penggunanya. Pilihan berbagai macam warna dan motif wallpaper yang beragam juga dapat disesuaikan dengan perabot yang kalian miliki, loh.

Tidak hanya untuk dekorasi rumah, pasar untuk wallpaper pun seakan tidak pernah sepi. Dekorasi kantor, ballroom, bahan hotel, juga identik dengan penggunaan wallpaper dinding yang cantik.

Baca juga: 4 Produk Interior Design Cantik dengan Printing

Jenis-Jenis Wallpaper

Jika dahulu wallpaper hanya ditemukan dengan bahan kertas, namun seiring dengan perkembangan teknologi, kini banyak bahan yang dapat digunakan untuk membuat wallpaper, loh. Apa saja ya kira-kira?

Kertas

Bila menengok sejarah wallpaper, maka kertas adalah bahan pertama yang digunakan untuk membuat wallpaper. Selain memiliki beragam motif dan warna yang ditawarkan, wallpaper kertas ini juga memiliki harga yang cukup terjangkau dibandingkan dengan bahan lainnya. Namun sayanganya, bahan ini memiliki sedikit kekurangan, yakni mudah robek dan kotor terkena noda. Untuk itu, jika Sahabat Laysander ingin menggunakan wallpaper berbahan kertas ini, maka usahakan untuk memasangnya pada area yang jarang terkena gesekan barang, ya

Vinyl

Memiliki kualitas yang lebih baik dari kertas, tentu bahan vinyl ini juga banyak diminati oleh pasar sampai saat ini. Keunggulan utama yang dimiliki oleh bahan ini adalah mampu bertahan dalam kondisi ruang yang lembab sekalipun. Selain itu bahannya tidak mudah sobek atau kotor seperti kertas.

Kain

Tidak hanya untuk industri fashion, namun bahan kain juga kini banyak digunakan untuk keperluan interior seperti wallpaper. Beragam corak serta warna pun dapat dihadirkan oleh wallpaper berbahan kain ini. Namun sayangnya, kelemahan dari bahan kain ini adalah mudah kusut. Untuk itu, tips saat memasang wallpaper ini adalah menaruh alas kertas terlebih dahulu seelum memasang wallpaper kain ini agar kerapihan serta kelembutan kain dapat terjaga.

Baca juga: Packaging Cantik, Kunci Sukses Bisnis #dirumahaja

Beludru

Biasanya, bahan beludru ini terbuat dari serat wol yang berpadu dengan bahan lain seperti kertau atau kain. Karena proses perpaduan inilah maka akn timbul perubahan dari warna-warna yang ada. Maka dari itu, wallpapr dengan bahan ini akan sangat cocok melengkapi interior klasik atau retro milik Anda.

Foil

Berbeda dari bahn beludru, foil adalah bahan yang terbuat dari kertas timah yang kemudian dipasang di permukaan wallpaper. Nantinya wallpapr dengan bahan foil ini akan terlihat lebih mengkilap. Meskipun begitu, sama seperti kertas, bahan foil ini juga mudah robek. Jadi hanya bisa digunakan pada dinding yang halus saja, ya, sahabat laysander.

Proses Cetak Wallpaper

Untuk membuat wallpaper, tentu hal pertama yang kita perlukan adalah desain dari wallpaper itu sendiri. Jika sudah, maka dilanjutkan dengan proses print menggunakan mesin khusus. Beberapa hal berikut perlu Sahabat Laysander lakukan saat melakukan proses cetak wallpaper :

  • Setelah melakukan proses cetak wallpaper, maka sebaiknya bahan diangin-anginkan terlebih dahulu selama minimal 24 jam atau lebih baik lagi dua hari, alias 48 jam. Hal ini bertujuan untuk membuat solvent dari tinta menjadi menguap. Indikasi paling mudah yang bisa Anda cekĀ adalah dari bau yang sudah berkurang.
  • Bila tempat memungkinkan, maka cara terbaik untuk mengangin-anginkan wallpaper adalah dengan cara digelar. Namun bila tidak bisa, kalian dapat menggulungnya dengan loggar. Ini tentunya untuk membuat cetakan wallpaper sempurna, juga mengurangi bau yang mungkin ditimbulkan.
  • Selain itu, sangat tidak dianjurkan bila wallpaper langsung dipasang setelah diprint. Mengapa? Karena, kebanyakan wallpaper digunakan sebagai dekorasi sebuah ruangan, bila langsung dipasang maka dikhawatirkan bau solvent yang kuat bisa sangat mengganggu.

Baca juga: Head Investasi Rendah, Resolusi Ok, Bergaransi!

Rekomendasi Printer Ecojet Prime Untuk Proses Cetak Wallpaper

Rasanya kurang lengkap bila membahas mengenai proses cetak wallpaper tanpa merekomendasikan mesin printer yang bisa digunakan, ya, Sahabat Laysander! Untuk itu, kami merekomendasikan Printer Ecojet Prime untuk memproduksi beragam wallpaper cantik untuk usaha Anda.

Printer untuk proses cetak wallpaper
Ecojet Prime, partner bisnis Anda untuk proses cetak wallpaper

Printer Ecojet Prime menggunakan print head XP600 yang terjangkau, loh, Sahabat Laysander! Printer ini memiliki body yang kokoh serta dapat menghasilkan cetakan yang berkualitas tinggi. Dengan lebar cetak media maksimal 1,8 m, printer ini juga dilengkapi dengan sistem pemanas untuk mengeringkan tinta sebelum digulung. Pastinya, printer ini sangat cocok untuk membuat wallpaper terbaik bagi usaha kalian, deh!

Sahabat Laysander mau tau lebih banyak soal produksi atau cetak wallpaper? Yuk, langsung hubungi kami segera, ya!

Baca juga: Head Baru XP600, Apa Bedanya dengan DX5?

2 Comments

  1. zahra
    • Irene Gianov

Reply

New Ed|meal suppressant|Best Vap Pen For Cbd
× Apa yang bisa dibantu?